Upaya Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Media Barang Bekas Usia 4-5 Tahun Kober Al-Istiqomah

Nur Syifa Alamiah, Huriah Rachmah, Dewi Mulyani

Abstract


Abstract. This study is to develop the ability of creativity through the use of used goods media in children 4-5 years in Kober Al-Istiqomah, Arjasari District, Bandung Regency. This research is a class act. The 3 cycles of 6 actions carried out refer to the Good and Travers model. The subjects of this study were 10 children in Kober Al-Istiqomah Arjasari Subdistrict, Bandung Regency which consisted of 6 boys and 4 girls. Data collection method used in this study is the method of observation. The data analysis technique used in this study is qualitative descriptive. The indicator of success in this study is 70% of all children who reach the criteria of developing as expected.

The results showed that the ability of children's creativity can be increased through the used goods media. The initial condition pre-cycle reached BB category 60% MB 30% BSH 10% after the first cycle action was implemented there was an increase in BB category reaching 27.5% MB 22.5% BSH 50% cycle II action increased BB category reaching 10% MB 27.5 % BSH 67.5% and in the third cycle increased BB category reached 0% MB 25% BSH 75% steps for implementing actions to develop children's creativity ability namely 1) preparing used goods media 2) doing activities divided into two groups 3) choosing used items according to theme 4) giving children motivation to imagine 5) giving children riwed.

Keywords: Development of Creativity, Second Hand Media, Play Group 

Abstrak. Penelitian ini untuk mengembangkan kemampuan kreativitas melalui pemanfaatan media barang bekas pada anak 4-5 tahun di Kober Al-Istiqomah Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Penelitian ini adalah tindakan kelas. Yang dilaksanakan 3 siklus 6 tindakan mengacu pada model Good dan Travers. Subjek penelitian ini adalah 10 anak di Kober Al-Istiqomah Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung yang terdiri dari 6 anak laki-laki 4 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskristif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 70% dari seluruh anak yang mencapai kriteria berkembang sesuai harapan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas anak dapat meningkat melalui media barang bekas. Kondisi awal pra siklus mencapai  kategori BB 60% MB 30% BSH 10% setelah dilaksanakan tindakan siklus I ada peningkatan  kategori BB mencapai 27,5% MB 22,5% BSH 50% tindakan siklus II meningkat kategori BB mencapai 10% MB 27,5% BSH 67,5%  dan pada siklus ke III mengalami peningkatan kategori BB mencapai 0% MB 25% BSH 75%  langkah-langkah pelaksanaan tindakan untuk mengembangkan kemampuan kreativitas anak yaitu 1) menyiapkan media barang bekas 2) melakukan kegiatan di bagi menjadi dua kelompok 3) memilih barang bekas sesuai tema 4) memberikan anak motivasi untuk berimajinasi 5) memberi riwed kepada anak.

Kata kunci: Pengembangan Kreativitas, Media Barang Bekas Kelompok Bermain

 


Keywords


Pengembangan Kreativitas, Media Barang Bekas Kelompok Bermain

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. PT.Bumi Aksara.

Aromawati, I. N. (n.d.). Membentuk Media Botol Berkas.

Azhar, A. (2009). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafinda Persada.

Dani, A. R. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Bahan Bekas Pada Siswa Kelompok B Di RA Miftahul Huda.

Depdiknas. (2005). UU Sisdiknas No 14.

Depdiknas. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.58.

Dewi, R. (2018). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif.

Fatah, R. (1989). Pentingnya Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Article Text.

Fauziah, H. (2017). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Thun Melalui Bermain Balok Di RA Nurul Hasanah.

Febriana. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek. Dira Candela Al-Madani.

Guslinda. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini.

Hasnida. (2014). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini.

Hasnida. (2019). Media Pembelajaran Kreativ.

Jurnal Tinjauan Tentang Media Pembelajaran. (n.d.).

Karyati, D. (n.d.). Jurnal Analisis Model Dan Media Pembelajaran Yang Digunakan Disekolah.

Kusumastuti, R. D. (Juli 2019). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Mariah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini.

Masnipal. (2015). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Bandung.

Masnipal. (2018). Menjadi Guru Paud Profesional. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.

Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta.

Rachmawati, Y. (2010). Strategi Perkembangan Kreativitas Pada Anak.

Santrock, J. W. (11 April 2007). Perkembangan Anak. Penerbit Erlangga.

Soedjana, N. (2007). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Wiriaatmadja, P. (2014). Metode Penelitian Kelas. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22612

Flag Counter      Â