Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola Abcd- Abcd Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Tutup Botol Bergambar Di Tk Kenanga

Siti Wulan Maryati, Masnipal Marhun, Nurul Afrianti

Abstract


Abstract. This study aims to improve the ability to recognize ABCD patterns of children aged 5-6 years through the pictorial bottle cap media in Kenanga Kindergarten. Recognizing ABCD patterns is one indicator that must be achieved by children aged 5-6. Included in the cognitive aspects, logical thinking. Recognition of repetitive patterns in children is intended so that children are able to predict events, events, and other important things in their lives well. For example: children can estimate time patterns in one day. The method used in this research is classroom action research with quantitative descriptive analysis. Data collection tool using observation sheets. The assessment criteria are BB (not yet developed), MB (starting to develop), and BSH (developing as expected). The research subjects are students aged 5-6 years in Kenanga Kindergarten. The number of students is 16 children, 6 boys and 10 girls. The results of research before the action, the ability to recognize patterns of ABCD children who develop according to expectations is still very little. The implementation of the corrective actions taken, the steps are as follows: 1) Children take turns going forward to imitate and compile ABCD patterns that have been compiled by the teacher on the table using a picture bottle cap, 2) Children estimate the next sequence of ABCD patterns that have been made teacher, 3) Children make their own ABCD patterns. The results showed that the ability of children in developing ABCD patterns increased after being applied using pictorial bottle cap media.

Keywords: Recognizing the ABCD Pattern, Media, Early Childhood

Abstract. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD anak usia 5-6 tahun melalui media tutup botol bergambar di TK Kenanga. Mengenal pola ABCD merupakan salah satu indikator yang harus dicapai anak usia 5-6. Termasuk dalam aspek kognitif, berpikir logis. Pengenalan pola berulang pada anak dimaksudkan agar anak mampu memperkirakan kejadian, peristiwa, maupun hal-hal pentingnya lain di kehidupannya dengan baik. Contohnya: anak dapat memperkirakan pola waktu dalam satu hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan analisis deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi. Adapun kriteria penilaian berupa BB (Belum Berkembang), MB (Mulai Berkembang), dan BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Adapun subjek penelitiannya adalah siswa usia 5-6 tahun di TK Kenanga. Jumlah siswa 16 anak, 6 anak laki-laki, dan 10 anak perempuan. Hasil penelitian sebelum tindakan, dalam kemampuan mengenal pola ABCD anak yang berkembang sesuai harapan masih sangat sedikit. Adapun  pelaksanaan tindakan perbaikan yang dilakukan, langkahlangkahnya adalah sebagai berikut: 1) Anak bergiliran ke depan untuk meniru dan menyusun pola ABCD yang telah disusun guru di atas meja menggunakan tutup botol bergambar, 2) Anak memperkirakan urutan selanjutnya dari pola ABCD yang sudah dibuat guru, 3) Anak membuat pola ABCD sendiri. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kemampuan anak dalam menyusun pola ABCD meningkat setelah diterapkan menggunakan media tutup botol bergambar. 

Kata Kunci: Mengenal Pola ABCD, Media, Anak Usia Dini.


Keywords


Mengenal Pola ABCD, Media, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Akib, Z, Dkk. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Afrimawati. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Tradisional di TK An-Nur Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Lampung

Anwar, A. (2018). Analisis Terhadap Implementasi Pendidikan Inklusif di PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung. Skripsi. PGPAUD Unisba.

Depdiknas, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Tenaga Kependidikan. 2004. Media Pembelajaran.

Depdiknas, Direktorat Pendidikan TK dan SD. 2006. Pedoman Pembelajaran TK.

Depdiknas, Dirjen Peningkatan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Media Pembelajaran.

Depdiknas. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pendidikan Anak Usia Dini

e-Journal, Zaiyannal. I. Upaya Guru Dalam Meningkatkatkan Kognitif Melalui APE Kartu Angka Bergambar di TK Bungong Seulanga Lanteuba Dro Kabupaten Aceh Besar. DI Aceh: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1): 123-130 Agustus 2016.

Hartati, S. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Hartanto, B. 2019. Mengapa Gambar Berwarna Menarik Bagi Anak? [online]. Tersedia: http://m.detik.com/health/berita.

Idawati, R. 2014. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok A TK Widya Bhakti Asembrowo. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Masnipal. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mutiara, S. 2011. Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Reys, dkk. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2011). Pendidikan Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Smaldino, dkk.(2011). Introductional Tecnology And Media For Learning, Teknologi Pembelajaran Dan Media Untuk Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suardiman, Siti Partini. (2013). Metode Pengembangan Daya Pikir Dan Daya Cipta Untuk Anak TK. Yogyakarta: FIP UNY.

Sujiono, Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Susanto, A. (2011) Pengembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Suyadi. (2010). Panduan Penelitrian Tindakan. Yogyakarta: DIVA Press.

Wikanti. 2018. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola

Pendidikan Guru Paud

ABCD-ABCD Melalui Metode Bermain Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Bangoan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Kediri: Univerrsitas Nusantara PGRI.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.22224

Flag Counter      Â