Peningkatan Kemampuan Membilang Angka Arab melalui Permainan Bunga Angka pada Anak Kelompok A TK Islam Lathifiyah
Abstract
Abstract. This research is motivated by the students of group A TK Islam Lathifiyah who experience problems in their specificity that is children do not know the symbol of Arabic numbers, not able to mention the symbols of numbers in Arabic 1-10, have not been able to sort symbol of Arabic number 1-10, This study aims to improve the ability of Arabic numerals in group A TK Islam Lathifiyah through media interest games. The research method used is a classroom action research method. This research was conducted in 5 cycles. The research subjects were students of group A TK Islam Lathifiyah with a total of 7 children. Data collection techniques using the method of observation. The result of the study stated that after using the flower game the numbers showed an increase in indicators regarding Arabic symbols 1-10 by 85.7%, mention numbers in Arabic 1-10 by 85,7%, numerate objects using Arabic 1-10 by 85.7%, sort Arabic numbers and symbols 1-10 by 85.7%.
Keywords: Counting Ability, Number Flower Games.
Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa-siswa kelompok A TK Islam Lathifiyah yang mengalami masalah dalam kekhususan mereka yaitu anak-anak yang tidak mengenal lambang bilangan Arab, belum dapat menyebutkan lambang-lambang bilangan dalam bahasa Arab 1-10, belum mampu semacam simbol angka Arab 1-10, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan angka Arab dalam kelompok A TK Islam Lathifiyah melalui media permainan minat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 5 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelompok A TK Islam Lathifiyah dengan total 7 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa setelah menggunakan permainan bunga angka-angka menunjukkan peningkatan indikator mengenai simbol-simbol Arab 1-10 sebesar 85,7%, menyebutkan angka-angka dalam bahasa Arab 1-10 sebesar 85,7%, menghitung objek menggunakan bahasa Arab 1-10 oleh 85,7%, urutkan angka Arab dan simbol 1-10 dengan 85,7%.
Kata Kunci: Kemampuan Membilang. Permainan Bunga Angka
Â
Keywords
References
Sutarno, Pia. 2017. Pengenalan Angka Arab Timur Tulisan Tangan Menggunakan Zone Centroid Zone (ZCZ) dan Backpropagation. Prosiding Annual Research Seminar. Vol 3 No.1.
Fatmawati. ( 2018). Meningkatkan Membilang pada anak usia 5-6 Tahun Melalui permainan Congklak modifikasi. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Bandung.
Masnipal, (2015). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.panduan bagi mahasiswa calon Guru dan Pengelola paud professional. Bandung.
Masnipal, (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia .(2014). Nomor 137 Standar Tentang Tingkat Pencapaian Anak.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20952
   Â