Pendidikan Karakter Disiplin melalui Bercerita Menggunakan Media Pop Up Book untuk Usia 5-6 Tahun di Kober Ash Shoddiq

Syahidah Nur Rohmah, Dedih Surana, Asep Dudi Suhardini

Abstract


Abstract. This research is motivated by a problem found in Kober Ash Shoddiq group B namely the development of discipline which is still low. To improve the ability of discipline researchers used pop up book media through storytelling learning, one method that can be used as a method that can increase discipline in children. Subjects  in this study were group student in Kober Ash Shoddiq aged 5-6 years totaling 17 students. The data collected is the result of observation and documentation. The results of the study show that before being given action only 2 children who were in the very well developed category 7 chldren were in the develoving 5 children were in the development category according to expectations 3 children were in the undeveloped category. After being given an action using pop up book media, the results in cycle are 10 students starting to develop, 5 students who develop according to expectations, 2 students who develop very well.at the end cycle II, 4 students who developed according to expectations, and 3 students who developed very well. At the end of the third cycle which is starting to develop no longer found, 5 students who developed according to expectations, 12 students who developed very well. These improvements can be aimed at using pop up book media to help teachers n learning. PAUD teacher’s suggestion is to be able to use this method as one of the learning methods to improve discipline through storytelling using pop up book media.

Keywords: Character Education, Discipline, Pop Up Book Media

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di Kober Ash Shoddiq Kelompok B yaitu perkembangan disiplin yang masih rendah. Untuk meningkatkan kemampuan disiplin, maka peneliti menggunakan  media pop up book melalui pembelajaran bercerita, salah satu metode yang dapat digunakan sebagai  metode yang dapat meningkatkan disiplin  pada anak. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelompok B di Kober Ash Shoddiq yang usia 5-6 tahun berjumlah 17 siswa. Data yang terkumpul merupakan data hasil observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa sebelum diberikan tindakan hanya ada 2 anak yang berada pada kategori berkembang sangat baik ((BSB) , 7 orang anak berada pada kategori mulai berkembang (MB), 5 orang anak berada pada kategori berkembang seuai harapan (BSH), 3 orang anak berada pada kategori belum berkembang. Setelah diberikan tindakan menggunakan media pop up book maka hasil pada siklus I yaitu 10 orang siswa mulai berkembang , 5 orang siswa yang berkembang sesuai harapan, 2 orang siswa yang berkembang sangat baik. pada hasil akhir Siklus II,  4 siswa yang mulai berkembang, 10 siswa berkembamg sesuai harapan, dan 3 siswa yang berkembang sangat baik , pada akhir siklus III yaitu mulai berkembang sudah tidak ditemukan lagi, 5 orang siswa yang berkembang sesuai harapan , 12 orang siswa yang berkembang sangat baik. Peningkatan tersebut dapat ditujukan untuk kemampuan penggunaan media pop up book dapat membantu guru dalam pembelajaran. Saran bagi guru PAUD adalah agar dapat menggunakan metode ini sebagai salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan disiplin melalui bercerita menggunakan media pop up book.

 

Kata kunci : Pendidikan Karakter, Disiplin, Media Pop Up Book.      


Keywords


Pendidikan Karakter, Disiplin, Media Pop Up Book.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Dkk. 2015. Penelitian tindakan kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Aqib, dkk. 2017. Penelitian tindakan kelas (PTK) TK/RA, SLB, SDLB. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Mursid, 2015. Pembelajaran Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soleh, Muwafik. 2012. Membangun karakter Dengan Hati Nurani. Erlangga.

Syaiful. B.D dan Aswan Z. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Purnama, dkk. 2017. Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Metode pembiasaan Di Tk Anapara Kencana Tahun Ajaran 2016/2017. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan.

Yanti, T. Y. Meningkatkan Disiplin anak Melalui Bercerita Pada Kelompok A Di Tk Islam Mutiara Surabaya.

Yusrin, Ajeng. 2012. Kiat-kiat Menjadi Guru Paud Yang Di Sukai Anak. Yogjakarta: Diva Press

Wardhani, I.G.A.K, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wibowo. 2012. Pendidikan Karakter “Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadabanâ€. Yogjakarta: Pustaka Pelajar

Rahmawati, Sriyanto, & Hafidah. (2015). “ Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Melalui Media Pop Up Book Pada Kelompok B TK Al Islam 4 Surabaya†http://dowload.portalgaruda.org. (31 Juli 2019)

Masnipal, (2015). Bahan Ajar Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Panduan Bagi Mahasiswa Calon Guru dan Pengelola PAUD Profesional

Paizaluddin & Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom ActioN Researsh). Panduan Teoritis Dan Praktis, Bandung: ALPABET.

Masnipal, (2015). Bahan Ajar Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Panduan Bagi Mahasiswa Calon Guru dan Pengelola PAUD Profesional

Susanto, Ahmad, 2018. Pendidikan Anak Usia Dini ( Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.

Marzuki, 2015. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.

Purnama Adinda, Safitri Revina, & Tarigan Ester Emerarita. (2017). “Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di TK Bina Anaparasa Kencana Tahun Ajaran 2016/2017â€. (17 Juli 2019)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20458

Flag Counter      Â