Persepsi Guru TK Se-Kota Bandung Terhadap Karakteristik Gambar Anak Usia 4-6 Tahun

Poppy Dwi Puspa, Erhamwilda Erhamwilda, Ira Rengganis

Abstract


Abstract. Every child has a different perspective on an object and also has their own way of drawing it. But sometimes the teachers equates the way of looking at childrens drawing with an adults drawing. The implementation of drawing activities based on characteristics of children’s drawing becomes important, because drawing is a process for children to express their idea and feelings. For this reason, this study aims to find out the perception of kindergarten’s teachers in Bandung, because the higher teacher’s perception of characteristics of children’s drawing, the more able the teacher is to provide an appropriate assessment in drawing activities. This research uses quantitative descriptive methods with data collection techniques through questionnaires using Google Form. The subject in this study were kindergarten teachers in Bandung. The result showed that most teachers had sufficient perceptions of the types of children’s drawings, most teachers had high perceptions of  developmental stages of childrens drawing, and most teacher had high perceptions of the criteria used in assessing children’s drawing. It can be conluded that the majority of teachers have a high perception of the characteristics of children’s drawings, so that the teacher is able to provide appropriate assessments in drawing activities for childrens.

Keyword: Perception, children’s drawing, characteristic of children’s drawing



Abstrak. Setiap anak adalah unik, memiliki cara pandang berbeda terhadap suatu objek dan memiliki cara tersendiri dalam menggambarkannya. Namun terkadang guru menyamakan cara pandang terhadap gambar anak dengan gambar orang dewasa, misalnya dalam hal proporsi objek, kesesuaian warna dengan objek aslinya, dan memberikan contoh gambar yang stereotip pada anak. Pelaksanaan kegiatan menggambar dengan cara yang sesuai dengan karakteristik gambar anak menjadi penting, karena menggambar adalah proses bagi anak dalam mengungkapkan gagasan dan juga perasaannya. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru TK sekota Bandung, karena semakin tinggi persepsi guru terhadap karakteristik gambar anak, maka semakin mampu guru tersebut memberikan asesmen yang tepat dalam kegiatan menggambar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner menggunakan bantuan Google Form. Subjek dalam penelitian ini adalah guru TK di kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru memiliki persepsi yang cukup terhadap tipe gambar anak, kebanyakan guru memiliki persepsi yang tinggi terhadap periodisasi perkembangan anak, dan sebagian besar guru memiliki persepsi yang tinggi terhadap kriteria yang digunakan dalam menilai gambar anak. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar guru memiliki persepsi yang tinggi terhadap karakteristik gambar anak, sehingga guru mampu memberikan asesmen yang tepat dalam kegiatan menggambar pada anak.

Kata kunci: Persepsi, Gambar anak, karakteristik gambar anak


Keywords


Persepsi, Gambar anak, karakteristik gambar anak

Full Text:

PDF

References


De Jager, M. (2012). What Children’s Drawing Tell Us About Their Brain Development. Johannesburg : Mind Moves Institute

Erhamwilda. (2018). Psikologi Belajar Islami; Dilengkapi dengan Pendidikan Seks bagi Anak-anak Usia Dini. Yogyakarta : Psikosain

Pamadhi, Hajar. (2014). Ruang Lingkup Seni Rupa Anak. Sebuah modul pembelajaran Universitas Terbuka

Pandanwangi, A dan Belinda Sukapura Dewi. (2014). Eksperimen Kreatif dan Bahasa Rupa dalam Meningkatkan Apresiasi Gambar Anak di Tingkat Pendidikan Dasar. Bandung : Prosiding SnaPP2014 Sosial, Ekonomi, dan Humaniora : ISSN 2089-3590 | EISSN 2303-2472

Permana, G.R.D. (2016). Seni Lukis Karya Anak Masa Pra-Bagan (4-7 tahun) Pada Lembaga Pendidikan Formal ( Studi pada TK Aisyiah Bustanul Athfal dan SD Muhammadiyah 01 Surakarta). Surakarta : Skripsi pada Fakultas Seni Rupa dan Design, Institut Seni Indonesia.

Permendikbud. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia : dalam Permendikbud No 137 th 2014

Rengganis, I. (2017). Analisis Gambar Karya Anak Sekolah Dasar (Karakteristik Gambar Anak Usia 7-9 Tahun). Universitas Pendidikan Indonesia : PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan vol 15

Retnowati, T.H dan Bambang Prihadi. (2010). Pembelajaran Seni Rupa. Kementrian Pendidikan Nasional Universitas Negeri Yogyakarta : modul pembelajaran pada Prodi Pendidikan Seni Rupa.

Roland,C. (2006). Young in Art : A Developmental Look at Child Art. Florida : www.artjunction.org : sebuah artikel

Utami. (2017). Analisis Karakteristik Lukisan Anak di TK Al-Muttaqin Gamping Yogyakarta Kelompok B2 Berdasarkan Periodisasi Perkembangan Lukisan Anak Viktor Lowenfeld. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18796

Flag Counter      Â