Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak melalui Bermain Peran pada Kelompok B TK Insan Kamil Tambakan Kecamatan Baleendah

Fifit Shiva, Erhamwilda Erhamwilda, Dewi Mulyani

Abstract


Abstrak. The problem in this study is that there is still a lack of children's social emotional ability which is indicated by the lack of social attitudes of children, fighting over toys, being alone, and there are children who have not been patiently waiting for their turn when playing activities that use rules. This study aims to improve emotional social skills in children aged 5-6 years through role playing methods. Whether the application of role playing methods can improve emotional social abilities in children. The research subjects were 15 children in group B aged 5-6 years in Insan Kamil Kindergarten Tambakan Baleendah sub-district. The research titled Improving Emotional Social Ability Through Playing the Role of Group B of Insan Kamil Kindergarten using the Classroom Action Research approach which was carried out in 3 cycles with each cycle there were 4 stages: Planning, Action, Observation and Reflection. The results of observations made after 3 cycles of class action showed an increase in emotional social abilities. In the initial condition the percentage of children's social emotional abilities is 20%. After the steps are carried out in stages starting from cycle 1, 2 and 3 it has increased every cycle. After the action in cycle 1 increased to 13, 4%, after cycle 2 action increased to 60%, and after cycle 3 action increased again to 86.6%. The learning results prove that the role playing method can improve emotional social skills in children aged 5-6 years in Insan Kamil kindergarten.

Keywords: Role Playing, Social Emotional Development.

 

Abstrak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kemampuan sosial emosional anak yang ditunjukakan oleh kurangnya sikap sosial anak, berebut mainan, menyendiri, serta ada anak yang belum sabar menunggu giliran pada waktu kegiatan bermain yang memakai aturan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain peran. Apakah penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak. Subjek penelitian adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun sebanyak 15 anak di TK Insan Kamil Tambakan kecamatan Baleendah. Penelitian  ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 3 siklus dengan masing-masing siklus terdapat 4 tahapan yaitu: Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Hasil observasi yang dilakukan setelah dilakukan tindakan kelas sebanyak 3 siklus menunjukan adanya peningkatan kemampuan sosial emosional. Pada kondisi awal persentase kemampuan sosial emosional anak sebesar 20%. Setelah dilakukan tindakan secara bertahap mulai siklus 1, 2dan 3 mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus 1 meningkat menjadi 46%, setelah tindakan siklus 2 meningkat menjadi 60%, dan setelah tindakan siklus 3 meningkat lagi menjadi 86,6%. Hasil belajar tersebut membuktikan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak usia 5-6 tahun di TK Insan Kamil.

Kata Kunci: Bermain Peran, Perkembangan Sosial Emosional.

Keywords


Bermain Peran, Perkembangan Sosial Emosional

Full Text:

PDF

References


Diana Mutiah, (2012) Psikologi Bermain Anaka Usia Dini.

Dhieni, Nurbiana, dick. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Hurlock, Elizabeth. B (1998). Jilid 1. Perkembangan Anak. Edisi keenam (Med. Meitasari Tjandrasa. Terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga.

(1998). Jilid 2. Perkembangan Anak. Edisi keenam (Med. Meitasari Tjandrasa. Terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga.

John w Santrock, Life Span Davelopment. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga, 2002, hlm 272

Suyadi, Psikologi Belajar PAUD, (Yogyakarta:Bintang Pustaka Abadi, 2010: 109).

Suyadi, M. Pd, Maulidya Ulfa, M.Pdi, Konsep dasar Paud. 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12704

Flag Counter