Implementasi Program Parenting di Paud Inklusif Terpadu Kasih Bunda Bandung

Syamira Silvana Putri, Masnipal Marhun, Nurul Afrianti

Abstract


Abstract: This research aims to provide an overview of the implementasion of the parenting program in integrated inclusion in PAUD Kasih Bunda Bandung which includes planning, implementing and evaluating of parenting program. Implementation of Parenting Program in Integrated Inclusion in PAUD Kasih Bunda Bandung develop an implementation guide using references from the Ministry of National Education in 2012.

This research uses descriptive methods to describe the actual and available implementation of parenting program in Integrated Inclusion in PAUD Kasih Bunda Bandung. So, the research to be studied will be described clearly as the results of the researchers’ observations in the field as they are. Research subjects in this study were principals, teachers and parents. Data collection techniques in this study are observation, interviews and documentation studies.

The results of the study illustrate that the implementation of the planning, implementation and evaluation of the parenting program in integrated inclusion in PAUD Kasih Bunda Bandung referring to the guidelines for organizing a family-based education program from the Ministry of National Education in 2012 and refers to the foundation Mitra Bunda Learning Centre.  Parenting program planning that is implemented in integrated inclusion in PAUD Kasih Bunda Bandung involves all school parties starting from the principal and teachers. The implementation of the parenting program is implemented in integrated inclusion in PAUD Kasih Bunda Bandung which is often done usually uses the lecture or discussion method. The evaluation of the parenting program that is implemented in integrated inclusion in PAUD Kasih Bunda Bandung is carried out periodically, weekly and incidental, that is after completing the parenting program.

 

Keywords: Early Childhood Education, Inclusion, Family

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terhadap implementasi program parenting di PAUD Inklusif Terpadu Kasih Bunda Bandung yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada program parenting. Implementasi Program Parenting di PAUD Inklusif Terpadu Kasih Bunda Bandung mengembangkan panduan penyelenggaraan menggunakan acuan dari Kementrian Pendidikan Nasional Tahun 2012.

Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif untuk menggambarkan tentang implementasi program parenting secara aktual dan apa adanya di PAUD Inklusif Terpadu Kasih Bunda Bandung. Sehingga, penelitian yang akan diteliti akan di deskripsikan dengan jelas sebagaimana hasil dari pengamatan peneliti di lapangan secara apa adanya. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan orang tua. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi.

Hasil penelitian menggambarkan bahwa implementasi terkait perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program parenting di PAUD Inklusif Terpadu Kasih Bunda Bandung mengacu pada panduan penyelenggaraan program pendidikan berbasis keluarga dari Kemendiknas Tahun 2012 serta mengacu pada Yayasan Mitra Bunda Learning Centre. Perencanaan  program parenting yang di implementasikan di PAUD Inklusif Terpadu Kasih Bunda Bandung melibatkan seluruh pihak sekolah dari mulai kepala sekolah serta guru kelas. Pelaksanaan program parenting yang di implementasikan di PAUD Inklusi Terpadu Kasih Bunda Bandung yang sering dilakukan biasanya menggunakan metode ceramah ataupun diskusi. Evaluasi program parenting yang di implementasikan di PAUD Inklusif Terpadu Kasih Bunda Bandung dilakukan secara berkala yaitu mingguan dan insidental yaitu setiap selesai melaksanakan program.

 

Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Inklusif, Keluarga

Keywords


Pendidikan Anak Usia Dini, Inklusif, Keluarga

Full Text:

PDF

References


Ilahi. (2013). Pendidikan Inklusif : Konsep dan Aplikasi. Jakarta. Ar-Ruzz Media

Kemendikbud. 2016. Evaluasi Pembelajaran Inklusif. Jakarta

Kemendiknas. 2012. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Keluarga.

Masnipal. (2014). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. UNISBA. Bandung.

Sekjen MPR RI. (2011). Panduan Pemasyarakatan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (edisi revisi). Jakarta.

Sulistyorini. (2009). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta. Teras.

Wiyani. (2015). Manajemen PAUD Bermutu. Yogyakarta. Gava Media




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12489

Flag Counter      Â