Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Raudatul Athfal melalui Teknik Kolase (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Anak Usia 4-5 Tahun di Ya Ibna Cimahi)

Siti Raihanah, Ayi Sobarna, Asep Dudi Suhardini

Abstract


Abstract: This study aims to improve the fine motor ability of children aged 4-5 years in one of the early childhood education institutions. The learning method used has not varied so that the fine motor of the child has not developed optimally. The use of collage techniques can be used as learning to improve the fine motor skills of children. The subjects of this study were 16 group A children aged 4-5 years. The results of the actions performed indicate that there is an increase in the motor's fine motor skills through collage techniques. At the condition of Prasiklus Criteria of Growing Very Good (BSB) does not exist, cycle I also does not exist, cycle II counted 6 people and cycle III counted 15 people. The conclusion of this research is that collage technique can be used in improving the fine motor ability of the child.

Keywords: collage technique, fine motor skills.

Abstrak: Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun pada salah satu lembaga pendidikan anak usia dini. Metode pembelajaran yang digunakan pada lembaga ini belum bervariasi sehingga motorik halus anak belum berkembang secara optimal. Penggunaan teknik kolase dapat digunakan sebagai pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A usia 4-5 tahun sebanyak 16 orang. Hasil tindakan yang dilakukan menunjukkann bahwa adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui teknik kolase. Pada kondisi prasiklus kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) tidak ada, siklus I juga tidak ada, siklus II sebanyak 6 orang dan siklus III sebanyak 15 orang. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa teknik kolase dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak.

Kata Kunci: Teknik kolase, Kemampuan motorik halus.


Keywords


Teknik kolase, Kemampuan motorik halus

Full Text:

PDF

References


Hurlock, Elisabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mayesky, Mary. 2011. Aktivitas-aktivitas Seni kreatif. Jakarta: PT Indeks

Simatupang, Dorlince 2015 “pengaruh kegiatan kolase terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun di RA masjid agung medan (Online) dalam 75795-ID-none.pdf ( di akses 10 November 2017).

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.

Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan NasionalDirektorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.

Suyanto, 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini : Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Syakir Muharrar. Sri Verayanti. (2013). Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Jakarta. Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12354

Flag Counter      Â