Efektivitas Penggunaan Media Sortir Box Hijaiyyah dalam Kegiatan Pengenalan Huruf Hijaiiyah Kelompok TK A Galenia
Abstract
Abstract: The use of learning media in early childhood learning activities is one way for children not to feel bored with conventional learning without tools / media that interest children. Even in letter recognition activities, the use of various media can be done with various activities that make children more enthusiastic to participate in activities. This study aims to determine the effectiveness of media sorting box hijaiyyah to the ability to recognize the letter hijaiyyah in A2 Galenia Kindergarten Group. The results obtained are the result of before using the media sorting box with after using the media sorting box hijaiyyah and then searched the level of comparison. This study uses quasi experimental research method using single group design pre-test and pascatest or also called pre-test and post-test design. Data analysis technique used is Wilcoxon signed ranks test. The Wilcoxon test is used to analyze paired observations from two data whether they are different or not. The population of this study was the Galenia kindergarten group with a sample of the A2 Galenia Kindergarten Group. The results showed that there were significant differences between hijaiyyah letter recognition ability of A2 Galenia Kindergarten Group before using hijaiyyah media sorting boxes of 44.09% with after using hijaiyyah box sorting media of 76.38%, with an increase of 32.29%.
Â
Key word: Effectiveness, Box Sorting Media, Introduction of Hijaiyah Type.
Abstrak: Penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini merupakan salah satu cara agar anak tidak merasa jenuh dengan pembelajaran yang konvensional tanpa alat bantu/media yang menarik minat anak. Pun dalam kegiatan pengenalan huruf, penggunaan media yang bervariasi bisa dilakukan dengan bermacam kegiatan yang membuat anak lebih antusias untuk mengikuti kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media sortir box hijaiyyah terhadap kemampuan pengenalan huruf hijaiyyah Kelompok TK A2 Galenia. Hasil yang didapat merupakan hasil dari sebelum menggunakan media sortir box dengan setelah menggunakan media sortir box hijaiyyah dan kemudian dicari tingkat perbandingannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain kelompok tunggal pre-test dan pascatest atau disebut juga pre-test and post-test design. Teknik analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon signed ranks test. Uji Wilcoxon digunakan untuk menganalisis hasil-hasil pengamatan yang berpasangan dari dua data apakah berbeda atau tidak. Populasi penelitian ini adalah kelompok TK Galenia dengan sampel Kelompok TK A2 Galenia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan pengenalan huruf hijaiyyah Kelompok TK A2 Galenia sebelum menggunakan media sortir box hijaiyyah sebesar 44,09% dengan setelah menggunakan media sortir box hijaiyyah sebesar 76,38%, dengan peningkatan sebesar 32,29%.
Â
Kata kunci: Efektifitas, Media Sortir Box, Pengenalan Huruf Hijaiyah.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Edisi 1. Cet. 6. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Inten, Dinar N. 2017. “Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini Pada Anakâ€. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1,(1), 23-31. Universitas Islam Bandung.
Kartono, Kartini. 1995. Psikologi Anak. Bandung: Mandar Maju
Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo
Morrison, G. S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Edisi Kelima. Jakarta:Indeks.
Seefeldt, C. dan Barbara A. Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Indeks
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Cet Ke-I4. Bandung: Alfabeta.
Suharjo, Bambang, Dr., M.Si. 2013. Statistika Terapan; Disertai Contoh Aplikasi SPSS. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11747
   Â