Program Pembinaan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Rohani Islam ( Studi Kasus : SMP Negeri 40 Bandung )

Giantomi Muhammad, A. Mujahid Rasyid, Asep Dudi Suhardini

Abstract


Abstract.The moral character of Indonesian nowadays is somewhat apprehensive. This condition is mainly caused by largest of the young generation who start behaving improperly. Therefore, certain coaching is needed to build particular expected character. Schools become an effective place in instilling good character to students, one of the ways is extracurricular activities. Within extracurricular activities, the effort to build good character for the youth is becoming feasible. Islamic Spiritual Mentoring of Islam is an extracurricular activity whose the implementation system is rich with Islamic values; therefore, it is in line with the effort in building charitable characters. In this case, it takes a study to reveal how the content of character building activities in learners is. A research using study case studies and qualitative approach was conducted to apprehend the implementation of character building process. There are four programs that are executed on the Islamic spiritual activities i.e. spiritual guidance, mentoring, peer tutor with BTAQ, as well as organizational training for remaja mesjid (the pious youngster). There are three stages in the implementation of the programme on the moral character building i.e. moral understanding, moral feeling, and moral action. Those three stages are revealed to be effective measures in an attempt to instill Islamic character of learners through Islamic Spiritual Mentoring. The results achieved is a change of the behavior of students who has followed Islamic Spiritual Mentoring through conditioning. Conditioning is an effective method that is still recognized in process of the character building.

Keywords: Character building, extracurricular activities, Islamic, programs.

 

Abstrak.Karakter bangsa sekarang ini sungguh amat memprihatinkan umumnya disebabkan oleh sebagian besar generasi muda yang mulai bertingkah laku tidak sewajarnya.Oleh karena itu, haruslah ada suatu pembinaan yang dilakukan dengan baik agar dapat menumbuhkan karakter yang diharapkan. Sekolah menjadi tempat yang efektif dalam menanamkan karakter yang baik kepada siswa, salah satunya dengan kegiatan ekstrakurikuler. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler adalah upaya dalam menanamkan karakter yang baik kepada genarasi muda bangsa. Kegiatan Rohani Islam merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang sistem pelaksanaanya kaya dengan nilai-nilai Islami, sehingga sangatlah sesuai dengan upaya dalam menanamkan karakter yang baik. Dalam hal ini maka dibutuhkan suatu penelitian untuk mengungkap bagaimana isi dari kegiatan pembinaan karakter pada peserta didik. Penelitian lanjutan dengan metode studi kasus dan dengan pendekatan kualitatif sebagai langkah dalam penelitan ini, untuk secara umum mengunggkap bagaimana proses pelaksanaanya. Terdapat empat program yang dilaksanakan pada kegiatan rohani Islam yaitu bimbingan rohani, mentoring BTAQ dengan tutor sebaya, nasyid dan latihan keorganisasian remaja masjid. Ada juga tiga tahapan dalam pelaksanaan pada program pembinaan karakter yaitu moral knowing, moral feeling, dan moral action. Tiga tahapan tersebut sebagai langkah efektif dalam upaya menanamkan karakter Islami peserta didik melalui kegiatan Rohani Islam. Hasil yang dicapai adalah adanya perubahan dari perilaku peserta didik yang mengikuti kegiatan Rohani Islam karena adanya pembiasaan. Pembiasaan adalah suatu metode efektif yang masih diakui kebenarannya dalam proses pembentukan karakter.

Kata Kunci : Pembinaan Karakter, Aktivitas Ekstrakulikuler, Islam, Program.


Keywords


Pembinaan Karakter, Aktivitas Ekstrakulikuler, Islam, Program.

Full Text:

PDF

References


Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya.

Bandung: ALFABETA.

Lickona, Thomas. 2015. Educating For Character. Jakarta: Bumi Aksara.

Maksudin. 2013. Pendidikan Kakarter Non-Dikotomik. Yogjakara:

Pustaka Pealajar.

Najib, dkk. 2015. Manajemen Masjid Sekolah Sebagai Laboratorium Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Yogjakarta: Gava Media.

Sallis, Edward. 2006. Total Quality Management in Education. Jogjakarta: IRCiSoD.

Siauw, Felix. 2014. How To Master Your Habits. Jakarta; Al Fatih Press

Suherman, Eman. 2012. Manajemen Masjid. Bandung: Alfabeta.

Tanjung, Wasril. 2015. Aku Anak Rohis We Are Agent Of Change. Jambi: Salim

Media Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9796