Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Pesta Laut Nadran (Studi Deskriptif-Analitis Nilai-nilai Karakter pada Tradisi Pesta Laut Nadran di Dusun Kradenan Desa Gebang Ilir Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon)

Rika Sri Majreha, Dedih Surana, Adang M. Tsaury

Abstract


Abstract. Indonesia is known to have a vast territorial waters. This fact enables the emergence of life patterns that are directly related to the waters. One of them is the Nadran Sea Party tradition. This tradition contains character values that reflect the identity of both individuals and communities. Even the value of the character is used as a guide in behaving in everyday life. The method used in this research using descriptive-analytical method with qualitative approach. The results of this study revealed that the Nadran Sea Party is a tradition that has lasted for a long time, since the time of the ancestors. The long-established tradition in society, already ingrained, even its inheritance is entrenched itself from generation to generation. In the tradition of Nadran Sea Feasts inherited the values of character, such as the value of religious character, honest, tolerance, discipline, hard work, creative, independent, democratic, spirit of nationality, love of the homeland, friendship / communicative, peace loving, caring environment, social, and responsibility, in which the values are already characteristic of society and are implemented in everyday life. And also includes character education based on local wisdom such as; a) Fostering attitudes and religious life; b) Fostering positive personality development; c) fosters social education; d) and fostering the education of nationalism and love of the homeland. As for contradictory tendencies such as shirk and taking practice from other religious and cultural traditions (syncretism), it would be wise if we still preserve the inherent culture among them alone, which is inconsistent with the Islamic Shari'a we make the corrections and alignments that in accordance with Islamic shari'ah in a wise manner (bil hikmah wal mau'idhatil hasanah).
Keywords: Character Education, Local Wisdom, Sea Party Nadran

 

Abstrak. Indonesia dikenal memiliki wilayah perairan yang sangat luas. Kenyataan ini memungkinkan munculnya corak kehidupan yang berhubungan secara langsung dengan perairan. Salah satunya adalah tradisi Pesta Laut Nadran. Tradisi ini memuat nilai-nilai karakter yang mencerminkan identitas baik individu maupun masyarakat. Bahkan nilai karakter tersebut dijadikan pedoman dalam berperilaku dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengggunakan metode deskriptif-analitis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini terungkap bahwa Pesta Laut Nadran merupakan tradisi yang telah berlangsung sejak lama, sejak zaman nenek moyang. Tradisi yang sudah lama berkembang di masyarakat, sudah mendarah daging, bahkan pewarisannya pun mengakar kuat dengan sendirinya dari generasi ke generasi. Dalam tradisi Pesta Laut Nadran mewariskan nilai-nilai karakter, diantaranya adalah nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat / komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab, yang mana nilai-nilai tersebut sudah menjadi ciri khas masyarakat dan sudah terimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dan juga memuat pendidikan karakter berbasis kearifan lokal diantaranya yaitu; a) Memupuk sikap dan kehidupan beragama; b) Memupuk pengembangan kepribadian yang positif; c) Memupuk pendidikan sosial; d) dan memupuk pendidikan nasionalisme dan cinta tanah air. Adapun tendensi-tendensi yang bertentangan seperti syirik dan mengambil praktik dari tradisi agama dan budaya lain (sinkretisme), alangkah bijaksananya jika kita tetap lestarikan budaya yang sudah melekat di antara mereka saja, yang tidak sejalan dengan syari’at Islam kita lakukan perbaikan dan pelurusan yang sesuai dengan syari’at Islam dengan cara yang bijaksana (bil hikmati wal mau’idhatil hasanah).

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, Pesta Laut Nadran


Keywords


Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, Pesta Laut Nadran

Full Text:

PDF

References


Alfan, H. G. (2013). Studi Budaya Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Bestari, P. (2013). Teori Dan Pendidikan Karakter & Kewirausahaan. Bandung:

MughniSejahtera.

Erhamwilda. (2014). Psikologi Belajar (Perspektif Psikologi dan Islam). Bandung : Pusat

Percetakan UNISBA.

Fadly, A. (2013). Kajian Nilai Budaya Pesta Laut Nadran Di Masyarakat Pesisir Sebagai

Smber Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Gunawan, H. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung :

Alfabeta

Ma'mun, T. N. (2011). Nadranan Ritual : Cultural Values of The Agricultural and Fisherman

Communities in Cirebon, West Java, Indonesia. International Journal for Historical Studies.

Notowidagdo, R. (1997). Ilmu Budaya Dasar Berdasarkan Al-Qur'an dan Hadits. Jakarta:

Raja Grafindo Persada.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.

Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9750