Analisis Deskriptif Manajemen Penyelenggaraan Program Dauroh Qolbiyah di Pesantren Daarut Tauhiid Bandung

Abdul Rofik, Adliyah Ali, Adang M. Tsaury

Abstract


Abstract. The program qolbiyah is the flagship program of dauroh pesantren daarut tauhiid. This program was implemented for one month. Designed with an approach which combines the various training methods learned andragogy (adult learning), so with a short learning time but still effective. Students benefit of learning both in adding to the knowledge, character development and an increase in certain skills (as the theme of the program). These programs are based on material with thematic kepesantrenan as subject matter as well as extracurricular. An advancement program, supported by good management, therefore, needs to do a study. The purpose of this research is to know the conduct of the program at pesantren daarut dauroh qolbiyah tauhiid that include planning, organizing, implementing and monitoring programs. The method used is descriptive analytic method by using a qualitative approach. The technique of collecting data through observation, interview and documentation study. As it known, that the management in implementing the programme aims qolbiyah dauroh good and effective science payload. Then the results of this research are conducting planning programs planning qolbiyah dauroh by specifying some activities. Preparation activities for one month, the material will be taught as well as the facilities and infrastructure that will be used. Organizing organizing dauroh qolbiyah program conducted by forming organizational structures with clarity the task, position, authority, and responsibility of each unit in the Organization. The implementation of the program, only qolbiyah dauroh for one month, with activities on the first day of registration for each registration, the second day of gathering the input profile by means of interview psychology, tests of the qur'an, health tests and the next day, dress measurements there are orientation classes and orientation of the field for three days rest KBM (teaching and learning activities) which includes activities in classes and activities outside the classroom as well as other preparations such as graduation. As for the surveillance program, namely in the form of qolbiyah dauroh monitoring, reporting and implementation of the evaluation. The scrutiny of his own interen performed by renbang part that is overseeing the scheduling of activities, related to the presenters and so on. Then the real supervision carried out by the operational team that is overseeing related activities carried out during the process of organizing the program.

Keywords: Management, Program, organizing

Abstrak. Program Dauroh Qolbiyah merupakan program unggulan Pesantren Daarut Tauhiid. Program ini dilaksanakan selama satu bulan. Dirancang dengan pendekatan pelatihan yang mengkombinasikan berbagai metode belajar andragogi (pembelajaran orang dewasa), sehingga dengan waktu belajar yang singkat namun tetap efektif. Santri mendapat manfaat pembelajaran baik dalam menambah pengetahuan, pengembangan karakter, dan peningkatan keterampilan tertentu (sesuai tema program). Program ini bersifat tematik dengan berpijak pada materi kepesantrenan sebagai bahan materi pokok maupun ekstrakurikuler. Suatu kemajuan program ditunjang oleh pengelolaan yang bagus, oleh karena itu perlu dilakukan sebuah penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelenggaraan program Dauroh Qolbiyah di Pesantren Daarut Tauhiid yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan program. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sebagaimana diketahui, bahwa pengelolaan dalam penyelenggaraan Program Daurah Qolbiyah mempunyai tujuan yang bagus dan muatan ilmu yang efektif. Maka hasil dari penelitian ini adalah perencanaan penyelenggaraan program dauroh qolbiyah melakukan perencanaan dengan menentukan beberapa kegiatan. Penyusunan kegiatan selama satu bulan, materi yang akan diajarkan serta sarana dan prasarana yang akan digunakan. Pengorganisasian penyelenggaraan program dauroh qolbiyah dilakukan dengan membentuk struktur keorganisasian dengan kejelasan tugas, posisi, wewenang dan tanggung jawab setiap unit dalam organisasi. Pelaksanaan penyelenggaraan program dauroh qolbiyah, hanya dilaksanakan selama satu bulan, dengan kegiatan di hari pertama registrasi ulang untuk setiap pendaftaran dihari kedua pengumpulan profil input dengan cara wawancara psikologi, tes al-qur’an, tes kesehatan dan pengukuran baju, di hari selanjutnya itu ada orientasi kelas dan orientasi medan selama 3 hari selebihnya KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) yang mencakup kegiatan dalam kelas (indoor) dan kegiatan luar kelas (out door) serta persiapan-persiapan lainnya seperti wisuda dan aktifitas lainnya. Adapun pengawasan dari penyelenggaraan program dauroh qolbiyah yaitu dalam bentuk bentuk pemantauan, pelaporan pelaksanaan dan evaluasi. Pengawasan dari interen sendiri itu dilakukan oleh bagian renbang yaitu mengawasi terkait dengan penjadwalan kegiatan, pemateri dan sebagainya. Kemudian pengawasan dilapangan itu dilakukan oleh tim operasional yaitu mengawasi terkait kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama proses penyelenggaraan program.

Kata kunci: Manajemen, Porgram, Penyelenggaraan


Keywords


Manajemen, Porgram, Penyelenggaraan

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakaraya.

Adi, Rukminto, Isbandi. (2001). Pemberdayaan Masyarakat Dan Investasi Komunitas. Jakarta: Fak. Ekonomi UI.

Arikunto, Suharismi. (1998). Penilaian Program Pendidikan. Yogyakarta: Bima Askara.

Didin hafiduddin. (2003). Manajemen Syari’ah dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani

Effendy, Ek. Mochtar. (1986) Manajemen; Suatau Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam.Jakarta:Bharata Karya Aksara.

Firman Alimuddin. (2013). Pengaruh Pemahaman Islam Terhadap Tingkah Laku. Skripsi. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sabili: tidak diterbitkan

Hasbuan, S,P. Malayu.(2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Askara.

Handoko, T. (2012). Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Jultriarsa, Djati dan Suprihanto, Jhon. (1998). Manajemen Umum Sebuah Pengantar. Yogyakarta: BPFE.

Kurniawan, Muhammad. (2014, Maret 18). Membangun Generasi Bangsa Melalui Pendidikan Moral Dan Etika. Dipetik 25 Mei 2017 dari Muhammad Kurniawan:http://www.kompasiana.com/www.kernianingsih.com/membangun-generasi-bangsa-melalui-pendidikan-moral-dan-etika_54f869eca3331170038b457f

Munir, M dan Ilahi, Wahyu. (2009). Manajemen Dakwah. Jakarta: Drenada Media Grouf.

Manulang, M. (1996). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Muhaimin, Suti’ah, dan Prabowo, Listiyo, Sugeng. (2009). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Mudasir. (2012). Desain Pembelajaran Berbasis Karakter. Indra Giri: STAI Nurul Falah.

Nurkacana, Wayan. (1997) Evaluasi Pendidikan. Surabaya:Usaha Nasional.

Ruslan, Rosyadi. (2007). Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Shaleh, Rosad, Abdullah. (1993). Manajemen Dakwah Islam. Jakarta: PT Bulan Bintang.

Smith, J. (1992) Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Askara.

Sarwoto. (1991). Dasar-dasar Organisasi Dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Siswanto. (2009). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Askara.

Sudjana. (2004). Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production

Sudjana, Djuju. (2008). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, Akhmad. (2010, Desember 4). Definisi Pendidikan. Dipetik 20 Mei 2017 dari Akhmad Sudrajat: https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/12/04/definisi-pendidikan-definisi-pendidikan-menurut-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sisdiknas/

Terry, R. George. (1993). Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Askar.

Terry, R. George. (2009). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Askar.

Zainarti. (2014). Manajemen Islami Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Iqra’ Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN: tidak diterbitkan




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9725