Implikasi Pendidikan Qs. Al-Fath Ayat 29 tentang Sifat-Sifat Nabi Terhadap Karakteristik Peserta Didik yang Ideal

Chyntia Vanessa, Agus Halimi, Ayi Sobarna

Abstract


Dalam Al-Qur’an surat Al-Fath ayat 29 menjelaskan tentang sifat-sifat yang dimiliki  para umat nabi Muhammad saw, sehingga mereka memiliki sifat yang melekat dalam diri mereka yang menakjubkan. Dengan sifat yang menakjubkan tersebut sehingga menjadikan orang-orang kafir panas hati melihatnya. Oleh karena itu sifat mereka membawa implikasi bagi kehidupan peserta didik untuk menjadi suri teladan sebagaimana gambaran sifat nabi Muhammad saw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Tafsir dari QS. Al-Fath ayat 29 menurut para mufasir. 2) Esensi yang terkandung dalam QS. Al-Fath ayat 29.  3) Pendapat para ahli pendidikan tentang karakteristik peserta didik yang ideal. 4) Implikasi pendidikan dari QS. Al-Fath ayat 29 terhadap karakteristik peserta didik yang ideal. Esensi dari QS. Al-Fath ayat 29 adalah: 1) Umat nabi Muhammad bersikap tegas terhadap orang kafir. 2) Umat nabi Muhammad bersifat lemah lembut terhadap sesamanya. 3) Umat nabi Muhammad rajin beribadah dan berikhlas kepada Allah. 4) Umat nabi Muhammad mencari pahala dan ridha Allah SWT. 5) Umat nabi Muhammad membuat bangga nabi. 6) Umat nabi Muhammad membuat panas hati orang kafir, karena berkembang pesat sehingga menjadi takjub. Implikasi pendidikan yang terkandung dari QS. Al-Fath ayat 29 terhadap karakteristik peserta didik yang ideal adalah: 1) Guru harus membimbing peserta didik dalam bersikap tegas. 2) Peserta didik harus neniliki sifat seperti yang telah dicontohkan guru. 3) Peserta didik harus gemar beribadah. 4) Peserta didik harus menghormati orang tua dan guru. 5) Peserta didik harus memiliki akhlak yang baik berdasarkan suatu proses pembelajaran. 6) Peserta didik harus memiliki landasan yang kuat berdasarkan usaha dan kerja keras


Keywords


Kata kunci: Sifat-sifat nabi, Karakteristik, dan Peserta didik

References


Az-Zuhaili, Wahbah. 2016. Tafsir Al-Munir. Jakarta: Gema Insani

Al-Fatah, Yasin. 2008. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam, Malang: UIN-Malang Press

Al-Maraghi, Ahmad Mustofa. 1993. Terjemahan Tafsir Al-Maraghi, Semarang: CV Toha Putra

Ar-Rifa’i, Muhammad Nasib. 2000. Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, Jakarta: Gema Insani

Az-Zuhaili, Wahbah. 2016. Tafsir Al-Munir, Jakarta: Gema Insani

Nata, Abuddin, 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: PT Kencana

Quthb, Sayyid. 2004. Tafsir Fi Zhilalil Qur’an, Jakarta: Gema Insani




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7621