Efektivitas Penggunaan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X-A di SMA Sumatra 40 Bandung

Waeyahya Emaeloding, Erham Wilda, Fitroh Hayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode sosiodrama untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Sumatra 40 Bandung. Pertanya utama yang ingin dijawab pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas X-A di SMA Sumatra 40 Bandung dalam pembelajaran Akidah Akhlak sebelum menggunakan metode sosiodrama? (2) Bagaimana penggunaan metode sosiodrama untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas X-A di SMA Sumatra 40 Bandung? (3) Apakah Efektivitas penggunaan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Akidah Aklak pada kelas X-A di SMA Sumatra40 Bandung? (4) Apakah faktor penghambat dan faktor pendukung dalam penggunaan metode sosiodrama dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada kelas X-A di SMA Sumatra 40 Bandung?. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent control grop design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposie Sampling. Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Dalam penelitian ini peneliti menemukan berbagai faktor pendukung dan penghambat ketika melakukan proses belajar mengajar dengan menggunakan metode sosiodrama. Faktor pendukungnya yaitu fasilitas cukup lengkap. Adapun mengenai faktor penghambat yaitu kebanyakan dari siswa itu sendiri karena masing-masing siswa memiliki karakter yang berdeda. Adapun analisis data proses kedua kelompok menggunakan uji-t diperoleh hasil t-hitung 5.725  dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2.035, maka t- hitung > t-tabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Metode Sosiodrama terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelalajaran Akidah Akhlak di mana hasil kelompok Eksperimen lebih bagus dari kelompok Kontrol.


Keywords


Efektivitas Belajar, Metode Sosiodrama, Hasil Belajar.

References


Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dunne, Richard. (1996). Pembelajaran Efektif (Terjemahan). Jakarta: Garasindo.

Muhibbin Syah. (2008). Psikologi dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja

Popham, W. James. (2003). Teknik Mengajar Secara Sistematis (Terjemahan). Jakarta: Rinekancipta.

Sudjana, Nana. (2009).Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA, CV.

Suharismi Arikunto. (1993). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wina Sanjaya. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7198