Konsep Ilmu menurut Imam Al-Ghazali dan Implikasinya terhadap Etika dalam Menuntut Ilmu
Abstract
Abstrak. Al-Ghazali sebagai cendikiawan muslim yang perjalanan intelektualnya berujung pada pengkajian tasawuf setelah sekian lama ia berjuang untuk mendapatkan kebenaran yang hakiki. Hasil dari perjuangannya tersebut, akhirnya ia merancang sebuah konsep ilmu berdasarkan pemahaman tasawufnya yang dibangun atas dasar wahyu. Sebab pada masa itu kebanyakan ragam pemikiran ilmu yang berkembang dikaji berdasarkan rasio. Dari rekam jejaknya selama menempuh pendidikan ia selalu memperhatikan nilai-nilai akhlak sehingga pada ujung perjalanan intelektualnya ia telah mendapatkan berbagai pelajarannya pada masa uzlahnya. Dari perilaku uzlahnya banyak sekali nilai etika yang ditanamkan dalam menempuh pembelajaran dan perenungan hingga akhirnya ia mencapai pada titik terang kebenaran. Berdasarkan rekam jejak dan pemikiranya, telah mendukung adanya penelitian dengan masalah “Bagaimana Implikasi Konsep Ilmu Imam Al-Ghazali terhadap Etika Menuntut Ilmu? Peneliti menggunakan metode studi kepustakaan dengan menggunakan teknik penelitian book survey. Analisis yang digunakan menggunakan analysis content. Konklusi penelitiannya adalah konsep ilmu al-Ghazali mempunyai implikasi terhadap etika dalam menuntut ilmu, yaitu: (1) Etika murid terhadap dirinya, dimana seorang murid harus bisa menempatkan dan memantaskan dirinya untuk menuntut ilmu; (2) Etika murid terhadap gurunya, merupakan suatu penghormatan seorang murid terhadap guru sebagai orang yang dipilih untuk membimbing dalam menuntut ilmu; (3) Etika murid terhadap ilmunya, yang mana seorang murid harus bisa memanfaatkan ilmunya dan mengamalkannya dengan cara tidak merendahkan ilmu yang dia miliki maupun ilmu yang belum dia miliki.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, Yatimin, (2007)., Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an., Jakarta: Amzah
Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad, (1999), Adab Beruzlah, terj. Muhammad Al-Baqir, Bandung: Karisma
Al-Ghazali, Imam Abu Hamid, t.t., Minhaj Al-‘Abidin, ed. Mamud Musthafa Al-Halawi, Beirut: Dar Al-Kutub
Al-Ghazali, Imam, (1964)., Mi’yar Al-‘Ilm, ed. Sulaiman Dunya, Mesir: Dar Al-Ma’arif
__________, (1964)., Mizan Al-‘Amal, ed. Sulaiman Dunya, Mesir: Darul Ma’arif
__________, (1964)., Misykah Al-Anwar, ed. Abu Al-‘Ali ‘Afifi, Tursina: Maktabah Al- ‘Arabiyyah
__________, t.t., Ihya’ ‘Ulum Ad-Din, Jilid I, Semarang: Thaha Putera
__________, (2012), Minhajul ‘Abidin, ed. Abul Hiyadh Surabaya: Mutiara Ilmu
__________, (2008), Rasa’il Al-Ghazali, Jilid I, terj. Kamran A. Irsyad, Jakarta: Diadit Media
__________, (2008), Rasa’il Al-Ghazali, Jilid II, terj. Kamran A. Irsyad, Jakarta: Diadit Media
__________, (1963), Ihya’ ‘Ulumuddin, Jilid I ed. Malik Karim Amrullah, Jakarta
__________, (2011), Ihya’ ‘Ulumuddin, Jilid I, terj. Purwanto, Bandung: Marja
__________, (2011), Ihya’ ‘Ulumuddin, Jilid III, terj. Purwanto, Bandung: Marja
Anwar, Saeful, (2007), Filsafat Ilmu Al-Ghazali, Bandung: Pustaka Setia
Asy’ari, Hasyim, 1415 H, Adab Al-‘Alim wa Al-Muta’allim, Jombang: Maktabah Al-Turtsi Al- Islami
Az-Zarnuji, Syeikh, (2009), Ta’lim Al-Muta’allim, terj. Abdul Kadir Al-Jufri, Surabaya: Mutiara Ilmu
Bakhtiar, Amsal, (2016), Filsafat Ilmu, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Departemen Agama, (2009), Terjemah Al-Qur’an Al-Karim, Bandung: Sygma
Effendi, Rahmat, (2013)., Memperbaiki Gonjang-Ganjing Akhlak Bangsa., Bandung: Pustaka Al-Fikriis
Husaini, Adian, (2013), Filsafat Ilmu Perspektif Barat Dan Islam, Jakarta: Gema Insani
Iqbal, Abu Muhammad, (2013), Konsep Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, Madiun: Jaya Star Nine
Kandu, Amirullah, (2010), Ensiklopedi Dunia Islam, Bandung: Pustaka Setia
Muhammad, Abu Hamid, (2002)., Ar-Risalah Al-Laduniyyah, Yogyakarta: Pustaka Sufi
Muhdlar, Ahmad Juhdi, t.t., Kamus Al-‘Ashr, Cet VIII, Yogyakarta: Multi Karya Grafika
Qodratillah, Meity Taqdir, (2011)., Kamus Bahasa Indonesia untuk Pelajar., Jakarta: BadanPengembangan Dan Pembinaan Bahasa
Sahar, Ahmad, (2003), Pandangan Al-Ghazali Dan Emile Durkheim Tentang Pendidikan Moral Dalam Masyarakat Modern, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga
Sarwono, (2006), Metodepenelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Kombinasi, Bandung: Alfabeta
Sukur, (2011), Ilmu Ladunni dalam Perspektif Al-Ghazali, Riau: UIN Sultan Syarif Kasim
Syafi’i, Imam, (2000), Konsep Ilmu Pengetahuan dalam Al-Qur’an, Yogyakarta: UII Press
Tafsir, Ahmad, (2004), Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6981