Efektivitas Metode Mask Party dalam Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam (Studi Quasi Eksperimental terhadap Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Bandung Tahun Akademik 2016-2017)

Khilda Fauziyah, Aep Saepudin, Eko Surbiantoro

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi suatu permasalahan yang berkenaan dengan hasil dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), sehingga memerlukan adanya metode oleh pendidik untuk mengurangi rasa bosan dalam belajar. Dari latar belakang tersebut peneliti mencoba menggunakan metode Mask Party  dalam pembelajaran PAI pada materi Sejarah Kebudayaan Islam tentang “Bangun dan Bangkitlah Wahai Pembaharu Islamâ€. Fokus masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Efektivitas metode Mask Party dalam meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa?â€. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental. Teknik analisis data melalui software SPSS versi 22. Dari hasil pengolahan data diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Mask Party meningkat sebesar 3,46 dan 8,89 pada kelas kontrol setelah melakukan tes akhir. Sedangkan, untuk motivasi belajar siswa pada materi Sejarah Kebudayaan Islam dengan metode Mask Party memiliki nilai rata-rata sebesar 96,62 dan metode Konvensional sebesar 70,18. Hasil pengujian data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil dan motivasi belajar siswa yang menggunakan metode Mask Party dibandingkan dengan yang menggunakan metode Konvensional. Maka, dapat disimpulkan bahwa metode Mask Party efektif dalam meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Bandung Tahun Akademik 2016-2017.


Keywords


Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Efektivitas, Metode Mask party

References


Asmana, J. M. (2009). Jurus-jurus belajar efektif untuk SMP dan SMA. Jogjakarta: DIVA Press

Baharuddin & Wahyuni, E. N. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Djamarah, S. (2005). Guru dan anak didik dalam interaktif edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Prayitno, E. (1989). Motivasi dalam Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Sudijono, A. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6854