Efektivitas Penggunaan Metode Make A Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Al-Quran Hadits (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 1 SMPIT Alfassalam kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur)

Firman Noor Iswanto, Sobar Al-Gozal, Ayi Sobarna

Abstract


Penggunaan metode yang menarik dan tepat, sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai dan peserta didik akan mendapatkan hasil belajar yang baik. Salah satu faktor yang terjadi pada siswa adalah kurang adanya motivasi dalam mengikuti pembelajaran, kurang nya pengetahuan dan keterampilan memahami Hadits. Dengan demikian terlihat dari permasalahan yang dialami bahwa peneliti ingin memanfaatkan salah satu metode pembelajaran yaitu metode make a match yang dapat dirasakan tepat dalam upaya meningkatkan keterampilan dan kemampuan siswa dan memberikan hasil yang baik pada siswa untuk materi Memahami Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah. untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Al-Quran Hadits dengan menggunakan metode make a match melalui (1) proses pembelajaran Al-Quran Hadits pada materi Memahami Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allahdikelas 1 SMPIT Alfassalam (2) mengetaui penggunaan dan pelaksanaan metode make a match dalam meningkatkan belajar siswa pada materi Memahami Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah (3) mengetahui hasil dari penggunaan metode make a match dalam meningkatkan mutu belajar siswa pada materi Memahami Hadist tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah pada siswa kelas 1 SMPIT Alfassalam Ciranjang Cianjur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, tes (test) dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa data yang diperoleh antara lain; (1) kondisi siswa sebelum adanya penggunaan metode make a match pada materi menghafal Hadits dengan kategori kemampuan siswa yang rendah dan hasil belajarnya. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa pada tes awal (pre test) yaitu 60 dan siswa yang memahami materi hanya 5 siswa (15,6%) saja dari 32 siswa pada satu kelasnya. (2) pelaksanaan metode make a match pada materi menghafal Hadits dilaksanakan sebanyak 3 Siklus dan mengacu kepada RPP yang telah disusun peneliti yang menghasilkan peningkatan kemampuan dan hasil belajar siswa pada setiap Siklusnya. (3) hasil belajar siswa setelah adanya penggunaan metode make a match pada materi menghafal Hadits mengalami peningkatan dari sebelum adanya penggunaan metode make a match. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa pada tes akhir (post test) yaitu 93,3 dan jumlah siswa yang memahami materi mencapai 30 siswa (93,7%) dari 32 siswa dalam satu kelasnya.

 

The use of interesting and appropriate methods, so that the learning objectives will be achieved and learners will get a good learning outcomes. One of the factors that occur in students is the lack of motivation in the following study, his lack of knowledge and skills to understand the Hadith.Thus seen from the problems experienced that the researcher wants to use one of the methods of learning which methods make a match that can be felt just in an effort to improve the skills and abilities of students and gives good results in the students for the material Understanding the Hadith about the nature of faith and worship that is acceptable to God. To investigate the implementation of learning Al-Quran Hadith by using methods make a match through (1) the process of learning Al-Quran Hadith on materials Understanding the Hadith about the nature of faith and worship that is acceptable to God in class 1 SMPIT Alfassalam (2) mengetaui use and implementation methods make a match in improving student learning in the material Understanding the Hadith about the nature of faith and worship that is acceptable to God (3) find out the results of the use of methods make a match in improving the quality of student learning in the material Understanding the Hadith about the nature of faith and worship that is acceptable to God in class 1 SMPIT Alfassalam Ciranjang Cianjur.The method used in this research is descriptive analysis with qualitative approach. Data collection techniques used were interviews, observation, testing (test) and documentation study. Based on this research, that the data obtained, among others; (1) the condition of the student prior to their use in methods make a match Hadith memorizing material with a low category of student ability and learning outcomes. This is evidenced by the average value of the students at the beginning of the test (pre-test) is 60 and students who understand the material just 5 students (15.6%) only 32 students in one class.(2) the implementation of the method make a match on Hadith memorizing material held 3 cycle and refers to the RPP have been compiled research that resulted in increased capacity and student learning outcomes in each cycle.(3) The student learning outcomes following the use of methods make a match on Hadith memorizing material increased from before the use of the method make a match. This is evidenced by the average value of the students at the end of the test (post-test) is 93.3 and the number of students who understand the material reaches 30 students (93.7%) of 32 students in a class.


Keywords


Methods Make a Match, Al Qur'an Hadith

References


Anastari. (1982 ). Teknik Tes .hal 22.

Baharuddin dan Wahyui, Nur, Esa. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta. AR-RUZZ MEDIA

Bahri, Syaiful. Djamarah dan Zain, Aswan. Strategi Belajar Mengajar, cet. ke-4, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.

Departemen Agama,Standar Kompetensi, ( Jakarta: 2004), hal: 4

Departemen Agama,Standar Kompetensi, hal : 5

Indianto, Aji. Kiat-kiat mempertajam daya ingat Hafalan Pelajaran. Yogyakarta. 2015. DIVA Press

Jauzi, Ibnul. Hafalan Buyar Tanda Tak Pintar.Solo. 2016. KUTTAB PUBLISHING

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung.

Kurniasih,Imas. S.Pd & Sani, Berli. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.

Maufur, Fauzi, Hasan, Sejuta Jurus Mengajar Mengasyikkan (Semarang: Sindur Press, 2009)

Muhaimin, Et. el, Paradigma Pendidikan Islam, ( Bandung :PT. Remaja Rosdakarya, 2002), hal: 75-76

Nurhadi. 2016. Strategi Meningkatka Daya Baca. Jakarta. Bumi Aksara

Nurhadi. 2016. Teknik Membaca. Jakarta. Bumi Aksara

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta:Pustaka Belajar, 2010), 42.

S, Syifu. (2003). Konsep dan makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. strategi Pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2008).

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D : Alfabeta

Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rosda. Halaman 72.

Suprijon, Agus. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011).

Sutrisno, Hadi. 1989. Metodologi Research Jilid I & II. Yogyakarta : Andi Offset.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif : Masmedia Buana Pustaka.

Thobroni. M. 2015. Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik. AR-RUZZ MEDIA

Trianto.2010,Mendesain Model Pembelajaran Inofatif-Progresif, Jakarta Kencana Media Grup.

Usman, Basyiruddin, M. Metodologi Pembelajaran Agama Islam ( Ciputat: Ciputat Press, 2002), h. 33

Wahab, Aziz, Abdul. 2007. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Widodo, Erna. 2000. Konstruksi Kearah Penelitian Deskriptif. Avyrouz. Yogyakarta. Halaman 87.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6171