Implikasi Pendidikan Surat Al-Jumuah Ayat 5 tentang Kewajiban Mengamalkan Ilmu
Abstract
Abstract. The research pupose to get of the thoughts og the wayfarer opinion the Qur’an surah Al jumuah verse 5. To find value contained in the Qur’an Surah Al Jumuah verse 5. Identify theories about duty practice science, and to find educational implication surah Al Jumuah verse 5 abaout duty of practice science. The research use qualitative methods and tahlili methods with a literature study approach.the result of this research will show education implication in the quran surah Al-Jumuah verse 5 which is 1) the teacher must responsibility to educate the student and to practice science for many people, 2) the students must develop and deepen ability of knowledge and practice it, 3) in educational world on of important factor to determining quality of a generation is faith and science, and practicing it in aspects of daily life.
Keywords: Q.S.Al-Jumuah, Obligations, Practicing, Knowledge
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil pemikiran para pendapat mufasir mengenai Qs.Al-Jumuah ayat 5, menemukan essensi yang terkandung pada Qs. Al-jumuah ayat 5, mengidentifikasi teori-teori tentang kewajiban mengamalkan ilmu, dan menemukan implikasi pendidikan surat Al-Jumuah ayat 5 tentang kewajiban mengamalkan ilmu. Penelitian ini menggunakan medode kualitatif dan metode tahlili, dengan pendekatan studi pustaka. Hasil penelitian ini akan menunjukkan implikasi pendidikan didalam Qs.Al-jumuah ayat 5 yaitu : 1)Seorang guru harus bertanggung jawab untuk mendidik muridnya dan mengamalkan ilmunya untuk banyak orang, 2)Seorang murid harus mengembangkan dan memperdalam ilmu pengetahuannya serta mengamalkannya 3)Dalam dunia pendidikan salah satu factor penting untuk menentukan kualitas generasi adalah keimanan dan keilmuannya serta mengamalkannya dalam aspek kehidupan sehari-hari.
 Kata Kunci: Q.S. Al-Jumuah, Kewajiban, Mengamalkan, Ilmu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
. Dimasyqi, I. b.-Q.-B. (2005). Tafsir Ibnu Katsir. Retrieved from Risalahmuslim.id: https://risalahmuslim.id/quran/al-jumuah/62-5/
. ASM, H. (2020). Percikan Mutiara Al-Quran jilid 2. Bandung: Mudzakarah.
. As'ad, A. (1987). Terjemaham Ta'lim Muta'a;im Thariqal Ta'alimm. Kudus: Menara Kudus.
. Diani, R. (2019). Perumpamaan Keledai Dalam Al-Quran.
. Jumantoro, T., & Amin, S. (2005). Kamus Ilmu Ushul Fiqih. Jakarta: Amzah.
. Suwarjin. (2012). Ushul Fiqih. Yogyakarta: Teras.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30802