Implementasi Kurikulum Iman dan Al-Qur’an bagi Anak 5-12 Tahun di Kuttab Al-Fatih Cileunyi Bandung

Agi Wildan Firmansyah, Aep Saepudin, Eko Subiantoro

Abstract


Abstract. It is motivated by educational problems regarding the lack of curriculum management which is increasingly threatened. The planting of faith and character education that has been threatened can be seen from the increasing number of students who behave negatively towards a teacher. The lack of curriculum management, as well as the role of teachers in fostering students' faith are the causes of character deviations. This study aims to determine the background of the process of implementing, planning, implementing, and evaluating the faith curriculum and the Qur'an for children aged 5-12 years at Kuttab Al-Fatih Cileunyi Bandung. This research was conducted using a descriptive qualitative approach and descriptive analytical method. This research technique uses observation techniques, interview techniques, and documentation techniques. The resource persons for this research are directly to the head of the Kuttab, the curriculum field, the coordinator for the faith field, and the coordinator for the Koran field. The results obtained in field management show that Kuttab Al-Fatih Cileunyi Bandung applies the faith curriculum and the Qur'an, namely: 1.) The background of the faith and al-Qur'an curriculum follows the Prophet's education which educates generations in stages. 2.) Implementation of the curriculum of faith and the Koran through several stages, namely: exemplary, learning with parents, teaching the Shari'a in stages, educating gently, enforcing rules, habituation. 3.) Evaluation, has several stages, namely: daily, weekly reflection involving all parties of Kuttab Al-Fatih Cileunyi.

Keywords: Implementation, Faith Curriculum, Al-Qur'an Curriculum.

Abstrak. Dilatar belakangi dari permasalahan pendidikan mengenai minimnya pengelolaan kurikulum yang semakin terancam. Penanaman pendidikan iman dan karakter yang sudah terancam terlihat dari semakin banyaknya siswa yang berperilaku negatif terhadap seorang guru. Kurangnya pengelolaan kurikulum, serta peran guru dalam membina keimanan siswa menjadi penyebab terjadinya penyimpangan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang proses penerapan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum iman dan Al-Qur'an untuk anak usia 5-12 tahun di Kuttab Al-Fatih Cileunyi Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode deskriptif analitik. Teknik penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Narasumber penelitian ini langsung kepada ketua Kuttab, bidang kurikulum, koordinator bidang iman, dan koordinator bidang Alquran. Hasil yang diperoleh dalam pengelolaan lapangan menunjukkan bahwa Kuttab Al-Fatih Cileunyi Bandung menerapkan kurikulum iman dan al-Qur’an, yaitu: 1.) Latar belakang kurikulum iman dan al-Qur’an mengikuti pendidikan Nabi yang mendidik generasi secara bertahap. 2.) Implementasi kurikulum iman dan al-Qur’an melalui beberapa tahapan, yaitu: keteladanan, pembelajaran dengan orang tua, mengajarkan syariat secara bertahap, mendidik dengan lembut, menegakkan aturan, pembiasaan. 3.) Evaluasi, memiliki beberapa tahapan, yaitu: harian, refleksi mingguan yang melibatkan seluruh pihak Kuttab Al-Fatih Cileunyi.

Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Iman, Kurikulum Al-Qur'an.


Keywords


Implementasi, Kurikulum Iman, Kurikulum Al-Qur'an.

Full Text:

PDF

References


Al-Hilali, Abu Usamah Salim bin 'Ied. Syarah Riyadush Shalihin. Jakarta: Pustaka Imam Syafi'i, 2005.

Dr. Abdurrahman Misno Bp, MEI. Rahasia Ucapan Salam dalam Islam. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.

Dr. Musthafa Diib al-Bugha, dkk. Syarah Riyadush Shalihin 2. Jakarta: Gema Insani, 2012.

Fitriah, C., Rahmawati, N., & Aziz, H. (2018). Pengelolaan Program Penguatan Pendidikan Karakter Religius di. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 169-175.

Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada, 2005.

Hidayatulloh, Furqon Syarief. "Salam Dalam Perspektif Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam (2011): 89.

Ramli, M. "Hakikat Pendidik dan Peserta didik." Tarbiyah Islamiyah (2015): 62-78.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah Pesan kesan dan keseharian Al-Qur'an. Jakarta: Lentera Hati, 2008




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30587