Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa yang Efektif dengan Metode Pembelajaran Jarak Jauh

Herru Triyono, Adang Muhammad Tsaury

Abstract


Abstract. Education is a cognizant exertion made by people to foster the capability of different people or add esteems they need to others through the way toward educating and preparing. Strengthening and inculcating learning motivation in students is in the hands of teachers because the most important element in learning activities is the educator. The reason for this investigation was to decide instructor arranging in completing educating and learning exercises utilizing distance learning techniques, teaching and learning activities using distance learning methods and how teachers evaluate students' learning motivation using distance learning methods at MI Babussalam class III A. Methods The method used in this research is descriptive qualitative method. The reason for using this method is that it is based on actual problems and needs solutions for the present. From the results of the analysis, teachers are still trying to play an active role even during a pandemic. In planning learning apart from referring to the policy of the Ministry of Education and Culture in 2019 regarding independent learning, teachers also strive to maintain communication with students and parents to be effective in learning even during the pandemic. In addition, the teacher also provides motivation during distance learning. This motivation can work effectively because the teacher builds communication first with students and their parents.

Keywords: Teacher, Learning Motivation, Distance Learning.

Abstrak. Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh orang untuk menumbuhkan kemampuan orang yang berbeda atau menambah penghargaan yang mereka butuhkan kepada orang lain melalui cara mendidik dan mempersiapkan. Penguatan dan penanaman motivasi belajar pada siswa ada di tangan guru karena unsur terpenting dalam kegiatan pembelajaran adalah pendidik. Alasan penelitian ini adalah untuk memutuskan pengaturan instruktur dalam menyelesaikan latihan belajar mengajar dengan menggunakan teknik pembelajaran jarak jauh, kegiatan belajar mengajar menggunakan metode pembelajaran jarak jauh dan bagaimana guru mengevaluasi motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran jarak jauh di MI Babussalam kelas III A. Metode Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Alasan menggunakan metode ini karena didasarkan pada permasalahan aktual dan membutuhkan solusi untuk masa kini. Dari hasil analisis, guru tetap berusaha berperan aktif meski di masa pandemi. Dalam merencanakan pembelajaran selain mengacu pada kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2019 tentang pembelajaran mandiri, guru juga berupaya menjaga komunikasi dengan siswa dan orang tua agar pembelajaran tetap efektif meski di masa pandemi. Selain itu, guru juga memberikan motivasi selama pembelajaran jarak jauh. Motivasi ini dapat berjalan efektif karena guru membangun komunikasi terlebih dahulu dengan siswa dan orang tuanya.

Kata Kunci: Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh.


Keywords


Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh.

Full Text:

PDF

References


Effendi, E. & Zhuang, H., 2005. e-learning, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Nawawi, H. & Martini, H., 1992. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rohmawati, A., 2015. Efektifitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), pp. 15-32.

Slameto, 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. 1 ed. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudirman, A., 2002. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Grafindo Persada.

Moleong, L. J. (1991). Metode Penelitian Kuaitatif. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Mutia, I. L. (2013). Kajian Penerapan E-Learning Dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta.

Tiara, Surbiantoro, E. & Pamungkas, I., 2018. Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Mengikuti Program Muhadharah terhadap Motivasi dalam mempelajari Islam di SMAN 1 Margaasih Kabupaten Bandung. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 4(1), pp. 15-20.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30209