Hubungan Antara Pengelolaan Pembelajaran oleh Guru PAI melalui Media Daring dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas 9

Bintang Sri Madewa, Aep Saepudin, Erhamwilda Erhamwilda

Abstract


Abstract. This study aims to: 1) find out the description of learning management by PAI teachers through online media at. 2)knowing the description of learning motivation through online media for 9th grade students. 3)knowing the relationship between learning management by PAI teachers through online media and the learning motivation.This study uses a quantitative approach with survey research methods. The data collection technique used is a questionnaire (questionnaire) using google form. Analysis of the data used is the Spearman rank method.The results of this study indicate that the management of PAI learning through online is carried out by PAI teachers,despite experiencing some difficulties, especially in terms of administration, however, teachers are able to understand and make this online learning atmosphere interesting. Then in the section on learning motivation for grade 9 students, almost all students did not experience a large decrease in learning motivation, but with the teacher's efforts in creating an interesting learning environment through online, student learning motivation is still quite high for almost all students.In the correlation results section, based on the results of the analysis using IBM SPSS Statistics 25, it can be seen that the significance value or Sig (2-tailed) is 0.402. Because the value of Sig (2-tailed) is more than 0.05, it can be seen that there is no significant relationship between variable X (PAI teachers) and variable Y (grade 9 students) or there is no significant relationship regarding the management of PAI learning through online media with the learning motivation of grade 9 studentsi. Therefore, because the significance value or Sig (2-tailed) is 0.402, then Ha is accepted and Ho is rejected.

Keywords: Management, Learning, Student Motivation

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Memahami gambaran tentang pengelolaan pembelajaran oleh guru PAI melalui media daring. 2) Memahami gambaran tentang motivasi belajar melalui media daring bagi siswa kelas 9. 3) Memahami hubungan antara pengelolaan pembelajaran oleh guru PAI melalui media daring dengan motivasi belajar siswakelas 9. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner (angket) yang menggunakan google form. Analisis data yang digunakan ialah dengan metode rank spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan pengelolaan pembelajaran PAI melalui daring yang dilakukan oleh guru PAI, meskipun mengalami beberapa kesulitan terutama dalam hal administrasi akan tetapi, guru sudah bisa paham dan membuat suasana pembelajaran daring ini menarik. Lalu pada bagian motivasi belajar siswa kelas 9, hampir seluruh siswa tidak mengalami penurunan motivasi belajar yang begitu besar, akan tetapi dengan adanya usaha guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang menarik melalui daring menjadikan motivasi belajar siswa masih cukup tinggi untuk hampir seluruh siswa.  Pada bagian hasil korelasi, berdasarkan hasil analisis menggunakan IBM SPSS Statistics 25, dapat diketahui nilai signifikansi atau Sig (2-tailed) adalah 0,402. Karena nilai Sig (2-tailed) lebih besar dari 0,05 maka dapat diketahui tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel X (Guru PAI) dan variabel Y (Siswa kelas 9) atau tidak ada hubungan signifikan mengenai pengelolaan pembelajaran PAI melalui media daring dengan motivasi belajar siswa kelas 9. Maka dari itu, karena nilai signifikansi atau Sig (2-tailed) sebesar 0,402, maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Kata Kunci: Pengelolaan, Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa.


Keywords


Pengelolaan, Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Astawa, I. B., & Adnyana, I. G. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Halik, A. (2019). Manajemen Pembelajaran Berbasis Islam. Gowa: Global Research and Consulting Institute (Global-RCI).

Pade, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman Vol. 03 No. 2, 333-352.

Rohidin, R. Z., Aulia, R. N., & Fadhil, A. (2015). Model Pembelajaran PAI Berbasis E-Learning. Jurnal Studi Al-Qur'an; Membangun Tradisi Berfikir Qur'ani, Vol. 11, No. 2, 114-128.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: K E N C A N A.

Susanti, L. (2019). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi Menyajikan Pentingnya Motivasi dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, Vol. 1 No. 1, 51-65.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29348