Penggunaan Pembelajaran Poster Comment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas X di SMK PGRI 2 Cimahi
Abstract
Abstract. This research is based on the lack of maximum learning methods implemented by teachers of SMK PGRI 2 Cimahi in PAI subjects, so that students' ability to understand is quite low and student involvement during learning is quite passive. One of the objectives that the researcher wants to do is to determine the effect of using poster comments on student learning outcomes in PAI subjects. This method can be done to increase students' understanding and involvement in the learning process. This study is to analyze the success of using comment posters and analyzed using quasi-experiments to students directly in the form of pre-test and post-test. This result is shown from the comparison of pre-test and post-test scores with the percentage of the complete category being 26 students (79%) while the incomplete category is 7 students (21%). This research was conducted using descriptive quantitative type, data management was tested using SPSS and the results were explained in a narrative manner. The results of this study are poster comments can improve students' understanding, as evidenced by the results of the post test scores which are higher than the pre test. Then, students who were given treatment also had a score that was superior to the class that was not given treatment, namely, the abilities achieved by students in the experimental class were greatly improved in terms of the material taught by the researcher.
Keywords: Learning Use, Student Understanding, Poster Comment.Parents Of Students
Abstrak. Penelitian ini didasari atas  kurangmaksimalnya metode pembelajaran yang diimplementasikan oleh guru SMK PGRI 2 Cimahi pada mata pelajaran PAI, sehingga kemampuan siswa dalam memahami cukup rendah dan keterlibatan siswa selama pembelajaran cukup pasif. Salah satu tujuan yang ingin peneliti lakukan adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan poster comment terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI . Cara ini dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini untuk menganalisa keberhasilan penggunaan poster comment dan dianalisa dengan menggunakan quasi eksperimen kepada siswa langsung berupa pre test dan post test. Hasil ini ditunjukkan dari perbandingan nilai pre-test dan post-test dengan hasil presentase kategori tuntas sebanyak 26 siswa (79%) sedangkan kategori belum tuntas sebanyak 7 siswa (21%). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis kuantitatif deskriptif, pengelolaan data di uji dengan menggunakan SPSS dan hasilnya dijelaskan secara naratif. Hasil dari penelitian ini yaitu poster comment dapat meningkatkan pemahaman siswa, dibuktikan dengan hasil skor post test yang lebih tinggi dibanding pre test. Kemudian, siswa yang diberi treatment pun memiliki skor yang lebih unggul dibanding kelas yang tidak diberikan treatment yaitu, kemampuan yang diraih siswa di kelas eksperimen sangat meningkat dalam segi materi yang diajarkan oleh peneliti.
Kata Kunci: Penggunaan Pembelajaran, Pemahaman Siswa, Poster Comment.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Edi, Fandi Rosi Sarwo. (2016). Teori Wawancara Psikodiagnostik. Yogyakarta: LeutikaPrio.
Nurkholis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model dan Aplikasinya. Jakarta: Grasindo
Nurlatifah, P. (2013). “Penggunaan Metode Poster Comment Dalam Pemebejaran Menulis Tegak Bersambung Siswa Kelas I MI Pasirangin I Sukabumi,†UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. h.
Ridwan, Abdullah Sani. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Saputri, S. D. (2016) “pengaruh model pembelajaran example non example berbantuan poster comment terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas vii mts al-hidayah sri kuncoro tanggamus tahun ajaran 2016/2017,†Skripsi UIN Raden Intan Lampung, hal. 20.
Sidik, S. L. (2020) “keterhubungan supervisi kepala sekolah dan manajemen pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa,†Edum Journal.
Sudjana, Nana. 2012. “penilaian hasil proses belajar mengajar,†Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.Sukirman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taha “Pengaruh Metode Poster Comment Dengan Menggunakan Media Kartu Bergambar Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Fisika Di Smpn 1 Tanete Riaja,†Jurnal Pendidikan Fisika, hal. 41.
Wing, W. (2009). Panduan Penggunaan Gadget. 8–29.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29238