Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kisah Nabi Yusuf dan Implikasi dalam Pendidikan Keluarga (Penelitian Q.S Yusuf ayat 8-10)
Abstract
Abstract. Prophet Yusuf is one of the prophets who has good advantages from his character and received revelations to interpret someone's dream which consequently made his brothers have the intention to get rid of Yusuf The envy of his brothers was caused by their bad prejudice against his father who had been unfair in giving affection. so that his brothers did things out of jealousy and envy to keep the prophet Yusuf away from his father.The purpose of this study was to find out the opinion of the commentators regarding QS Yusuf verses 8-10, find out the value of moral education from QS Yusuf verses 8-10, find out the opinions of experts regarding education in the family and what are the educational values and implications for family education. . The method used in this study uses descriptive analysis method, namely by collecting data, analyzing data and interpreting it and using the tahlily technique method, namely one by sorting based on the verses in the Qur'an seen from various aspects which include mufaradÄt verse, munasabah verse, and the reason for the revelation of the verse. The results of the research from QS Yusuf verses 8-10 are: (1) should give different treatment according to the characteristics of the child, (2) avoid prejudice that begins with a wrong or wrong understanding, and (3) prohibit every Muslim to maintain the character of the child. envy and envy who will do wrongdoing.
Keywords: Educational Value of Q.S Yusuf verses 8-10, Prophet Yusuf, Education and Family.Â
Abstrak. Nabi Yusuf salah satu Nabi yang memiliki kelebihan baik itu dari akhlaknya dan mendapatkan wahyu untuk menafsirkan mimpi seseorang yang akibatnya menjadikan saudara-saudaranya mempunyai niat untuk menyingkirkan Yusuf. Kedengkian saudara-saudara nya disebabkan karena prasangka buruk mereka terhadap ayahnya yaitu nabi Yakub yang telah bersikap tidak adil dalam memberikan kasih sayang. sehingga sadudara-saudranya melakukan perbuatan disebabkan rasa iri serta dengki agar menjauhi nabi Yusuf dari ayahnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat para mufassir mengenai Q.S Yusuf ayat 8-10, mengetahui nilai pendidikan akhlak dari Q.S Yusuf ayat 8-10, mengetahui pendapat para ahli mengenai pendidikan dalam keluarga dan apa saja nilai-nilai pendidikan serta implikasi terhadap pendidikan keluarga. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu dengan mengumpulkan data, menganalisis data dan menginterprestasikannya serta menggunakan metode tehnik tahlily yaitu salah satu dengan mengurutkan berdasarkan ayat-ayat di dalam Al-Qur’an yang dilihat dari berbagai aspek yang meliputi mufaradÄt ayat, munasabah ayat, dan sebab turun ayat. Hasil penelitian dari Q.S Yusuf ayat 8-10 adalah : (1) hendaknya memberikan perlakuan yang berbeda seuai dengan karakteristik anak, (2) menghindari sifat berburuk sangka yang diawali dari pemahaman yang salah atau keliru, dan (3) larangan setiap muslim untuk memelihara sifat iri dan dengki yang akan melakukan perbuatan dzalim.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan dari Q.S Yusuf ayat 8-10, Nabi Yusuf, Pendidikan dan Keluarga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anisah, S. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an Surat Yusuf Aayat 8-18.
Taubah, M. (2016). PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF ISLAM Mufatihatut Taubah (Dosen STAIN Kudus Prodi PAI). JUrnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 109–136.
Rahmah, S. (2016). Peran Keluarga dalam Pendidikan Akhlak. Jurnal Ilmu Teknik Dakwah, Vol.4 No.1.
Shihab, Q. (2000). Wawasan Al-Qur’an : Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai Persoalan Umat (ke 10). Penerbit Mizan.
Suwaid, M. (2010). Propethic Parenting Nabi SAW Mendidik Anak (Ke-4). Pro-U Media 8.
Astyani Riska, Halimi Agus, Saepudin Aep. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan dari Q.S. Fushshilat Ayat 30-32 tentang Iman dan Istiqomah terhadap Pendidikan Akidah. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(1), 21-26
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.28899