Analisis Nilai Pendidikan Akhlak dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi

Muhammad Fairuz Bukhori, Fitroh Hayati, Dinar Nur Inten

Abstract


Abstract. Nowadays, moral education is very important for peoples life, especially in the understanding and application of islamic religious values that he embraced. Morality is the main key for a person to live in harmony. Moral education can be obtained from anywhere, not only fixated on textbooks, but also literary works, is novels. The novel, the reader can indirectly learn and can take the wisdom presented by the author. One of them is about the moral of education. This research targeting to explore and analyze the moral of education and character typology included in the Novel Negeri 5 Menara so that readers can understand and learn from the wisdom conveyed by the author. And also so that the reader can know and can apply the good moral values contained in the novel, to be practiced in daily life. This novel discusses 6 friends as main characters who live life in Pondok Pesantren Madani, which is a lot of wisdom and lessons they get during their positive activities can be example for viewers, one of which is Dulmajid who has an honest nature and Atang who obeys the rules in Pondok Pesantren Madani.

Keywords: Education, Values of Moral, Novel

Abstrak. Dewasa ini, pendidikan akhlak sangat penting dalam kehidupan manusia, terutama dalam pemahaman serta penerapan nilai akhlak yang dianut oleh manusia. Akhlak merupakan kunci bagi manusia untuk mendapatkan kebahagiaan agar terciptanya harmoni dalam kehidupan. Pendidikan akhlak dapat diperoleh darimana saja, tidak hanya terpaku kepada buku pelajaran, namun juga dapat diperoleh dari karya sastra, salah satunya adalah novel. Di dalam novel, pembaca secara tidak langsung dapat belajar dan dapat mengambil hikmah yang disajikan oleh pengarang. Salah satunya yaitu pendidikan akhlak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi serta menganalisis hikmah yang disampaikan oleh pengarang. Dan juga agar pembaca dapat mengetahui dan bisa mengamalkan nilai akhlak yang baik yang terdapat pada novel, untuk bisa diterapkan. Novel ini membahas tentang 6 sahabat sebagai tokoh utama yang menjalankan kehidupan di Pondok Pesantren Madani, yang banyak sekali hikmah dan pelajaran yang mereka dapat selama mereka menjalani berbagai aktivitas positif di pondok pesantren tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu pendekatan deskriptif analisis, dan menggunakan metode penelitian kepustakaan (literatur). Hasil penelitian ini berupa akhlak.yang.dapat menjadi teladan dan contoh bagi pembaca, salah satunya adalah Dulmajid yang memiliki sifat jujur dan Atang yang patuh kepada peraturan yang ada di Pondok Pesantren Madani.

Kata Kunci: Pendidikan, Akhlak, Novel.

 

Keywords


Pendidikan, Akhlak, Novel

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad D. 2011. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Rajawali Press.

Aziz, F dan Hasim, A. 2012. Analisis Fiksi. Jakarta: Mulitikreasi Satudelapan.

Bryman, A. 2012. Social Research Method: Fourth Edition. New York, USA: Oxford University Press.

Cresswell, J.W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches 4th. London: Sage Publications Ltd.

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT. Rajawali Press.

Indrawan, Rully dan Yaniawati, Poppy. 2014. Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, Dan Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Barokah Fitri, Rahminawati Nan, Mulyani Dewi. (2021). Analisis terhadap Partisipasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 2 Garut. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(1), 15-20




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.28845