Efektivitas Penggunaan Media Google Form sebagai Evaluasi Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Tema Membayar Zakat di SDN 173 Neglasari Bandung

Saakina Assalaamy, Helmi Aziz, Khambali Khambali

Abstract


Abstract. During the Covid-19 pandemic, all institutions including educational institutions must transform learning media as a form of adaptation that can solve the problem of face-to-face learning, which is at high risk of virus transmission. Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) or Belajar di Rumah (BDR) make teachers have to be good at using certain digital platforms primarily in evaluating student learning outcomes. The research, titled "Effectiveness of Using Media Google Form as a Learning Evaluation to Improve Learning Outcomes on Theme  Pay Zakat at SDN 173 Neglasari Bandung", has a problem formulation of how students' learning outcomes before and after the Google Form media is applied in the evaluation of learning. The purpose of this research is to find out its effectiveness towards improving learning outcomes of The Theme Pay Zakat so that it can help improve the learning of Islamic Education (PAI) comprehensively. This study used primary and secondary data sources that data will be analyzed by quantitative data analysis with quasi experimental methods based on valid data calculations. The basis of the theory in this research reveals digital native generation. Based on the analysis, it can be concluded that the results of a large test of the effectiveness application learning evaluation of experimental class media by 51.54% means that the increase in learning outcomes has a big effect. It is expected that through the results of this research becomes a reference for PAI teachers to apply Google Form media in the evaluation of other material learning.

Keywords: Google Form, learning evaluation, effectiveness, learning outcomes.

Abstrak. Selama pandemi Covid-19, semua institusi termasuk institusi pendidikan harus melakukan transformasi media pembelajaran sebagai bentuk adaptasi yang bisa memecahkan persoalan pembelajaran tatap muka yang beresiko tinggi terhadap penularan virus. Pembelajaran jarak Jauh (PJJ) atau Belajar di Rumah (BDR) membuat guru harus pandai menggunakan platform digital tertentu utamanya dalam mengevaluasi hasil belajar siswa. Penelitian dengan judul “Efektivitas Penggunaan Media Google Form sebagai Evaluasi Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Tema  Membayar Zakat di SDN 173 Neglasari Bandungâ€, memiliki rumusan masalah bagaimana hasil belajar siswa saat sebelum dan sesudah diterapkan media Google Form dalam evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitasnya terhadap peningkatan hasil belajar Tema Membayar Zakat hingga bisa membantu peningkatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) secara komprehensif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder yang akan dianalisa dengan analisis data kuantitatif metode eksperimen kuasi yang dilandasi perhitungan data yang valid. Landasan teori yang tercantum pada pada penelitian ini mengungkap generasi digital native. Berdasarkan analisa yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil uji besar efektivitas penerapan media evaluasi pembelajaran pada kelas eksperimen sebesar 51,54% artinya mengalami peningkatan hasil belajar berefek besar. Diharapkan melalui hasil penelitian ini menjadi acuan bagi guru PAI untuk menerapkan media Google Form dalam evaluasi pembelajaran materi lainnya.

Kata Kunci: Google Form, evaluasi pembelajaran, efektivitas, hasil belajar.

 

Keywords


Google Form, evaluasi pembelajaran, efektivitas, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M., et al. 2020. Merancang Tes Daring Berbasis Google Form untuk Meningkatkan Kefektifan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan. Diakses pada hari/tgl; Jumat, 22 Januari 2021, jam; 09:17 WIB.

Asnaini. 2008. Zakat Produktif dalam Prespektif Hukum Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Batubara, H. H. 2016. Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen Di Prodi Pgmi Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Volume 8 Nomor 1. Diakses pada hari/tgl; Jumat, 11 Desember 2020, jam; 10:45 WIB.

Cahyani, N., et al. 2019. Evaluasi Metode Pembelajaran Mubahatsah sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Islam. Volume 5 Nomor 1. Diakses pada hari/tgl; Kamis, 21 Januari 2021, jam; 12:33 WIB.

Daryanto. 2014. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. 2020. Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Islam. Volume 1 Nomor 1, Diakses pada hari/tgl; Kamis, 10 Desember 2020, jam; 14:36 WIB.

Iqbal, M., Rosramadhana, R., Amal, B. K., & Rumapea, M. E. 2018. Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pemberian Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. Volume 10 Nomor 1. Diakses pada hari/tgl; Selasa, 22 Desember 2020, jam; 07:11 WIB.

Mardiana, T., & Purwanto, A. W. 2017. Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. Jurnal Pendidikan. Diakses pada hari/tgl; Selasa, 22 Desember 2020, jam; 09:03 WIB.

Mu’is, F. 2011. Zakat A-Z: Panduan Mudah, Lengkap dan Praktis tentang Zakat. Solo: Tiga Serangkai Pustaka.

Mudjiono, D. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugraheny, A. R. 2020. Peran Teknologi, Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi: Suatu Kajian Tentang Efektifitas Pembelajaran Daring di Era New Normal Kasus Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Sosial. Diakses pada hari/tgl; Kamis, 10 Desember 2020, jam; 12:51 WIB.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, N. 2000. Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Ramdhaniatinur, H. 2019. Analisis Manajemen Program Taqwa Character Building dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMP Darul Hikam Bandung. Jurnal Pendidikan Islam. Volume 5 Nomor 2. Diakses pada hari/tgl; Kamis, 21 Januari 2021, jam; 13:07 WIB.

Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supratman, L. 2018. Penggunaan Media Sosial oleh Generasi Digital Native. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 15 Nomor 1. Diakses pada hari/tgl; Jumat, 8 Desember 2020, jam; 08:44 WIB.

Sutrisno, E. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group Kencana.

Syah, M. 2003. Psikologi Pendidikan: dengan Pendekatan Baru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26152