Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMK Ma'arif Nurul Huda Utsmaniyyah Lumbung Ciamis

Sri Windi Pebriani, Mujahid Rasyid, Fitroh Hayati

Abstract


Abstract. The background of this research is to increase students learning motivation in the X grade of Isalam religious education at SMK Ma'arif Nurul Huda Ustmaniyyah Lumbung through the Jigsaw Type Cooperative learning model. This research is a quasi-experimental research with 3 meetings divided into two class groups, namely, the experimental class group and the control class group. This research was conducted on student learning motivation, where many students have. Low learning motivation which can also affect student achievement and learning outcomes. Basically, there are several factors that can affect student learning motivation, including teachers, objectives, learning process, teacher performance in learning, for example teachers applying variations in learning models. This study aims to determine the effect of the Jigsaw Type Cooperative learning model in increasing student learning motivation in Islamic religious education subjects. The results of data analysis of student learning outcomes indicate an increase in student motivation. The results of this study can be concluded that the type of Jigsaw Cooperative learning model is able to increase student motivation in the subject of Islamic Religious Education. It is shown by the mean value of post-test learning outcomes in the experimental class 73.06 while the control class is 71.

Keywords: Learning Motivation, Jigsaw Type Cooperative Learning Model

 

Abstrak. Latar belakang penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pembelajran pendidikan  Agama Isalam kelas X di SMK Ma’arif Nurul Huda Ustmaniyyah Lumbung melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian Kuasi. Eksperimen dengan 3 kali pertemuan yang dibagi dalam dua kelompok kelas yaitu, kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Penelitian ini dialakukan untuk mengetahui motivasi belajar siswa, dimana sisiwa banyak yang memiliki. Motivasi belajar yang rendah yang juga dapat berpengaruh pada prestasi dan hasil belajar siswa.. Pada dasarnya terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi motivasi  belajar siswa, diantaranya guru, tujuan, proses pembelajaran , perpomance guru dalam belajar contohnya guru menerapkan variasi model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw ini mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar post test kelas eksperimen 73,06 sedangkan kelas kontrol 71.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.

 

Keywords


Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.

Full Text:

PDF

References


Dimyati & Mujdiono. 2010. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Mahmud. 2005. Psikologi Pendidikan Muktahir. Bandung: Sahifa

Miftahul, Huda. 2014. Cooperatif Learning Metode, Struktur dan Model Penerapan. . Yogyakarta: Pusaka Belajar

Miru. 2009. "Hubungan Antara Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Instalasi Listrik Siswa SMK Negeri 3 Makasar." Jurnal MEDTEK 1 ; 93-102.

M. Mamulang. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sulawesi Selatan: BPFE.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman. 2014. Model - Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Grapindo Persada..

Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group

Sudjana. 2013. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian Edisi Revisi. Bandung. Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Ppenelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia & PT. Remaja Rosdakarya.

Sundari, Hanna. 2015. "Model-Model Pembelajaran Dan Pemepolehan Bahasa Kedua Asing." Jurnal Pujangga 109.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperatif Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Syaiful Bahari Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaodih, N.S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bndung : Remaja Rosdakarya.

Taufiq Pasiak. 2007. Brain - Based Teaching. Jawa Timur: Kaif.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. (2009) Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Wacana Adhitya.

Yuliana, Yohanes Bahari, Izhar Saklim. 2010. "Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Sosiologi SMA Santo Fransiskus Asisi." SKRIPSI_Fix ;1-10.

Yulianingsih & Wibowo s. 2015. "Hubungan Motivasi Prestasi Olahraga Terhadap Prestasi Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan ; 96-100.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25868