Pengaruh Kantin Kejujuran sebagai Sarana Prasarana Pembelajaran dalam Membina Sikap Jujur Peserta Didik di Smpn 5 Kota Bandung

Jaenal Aripin, Enoh Nuroni

Abstract


Abtrack. Honest attitude is the most important attitude in human life on this earth. So that honesty is ingrained in humans, it takes a coaching process from an early age. To help in fostering an honest attitude, infrastructure is needed as a support. In this study, researchers took the location of the study site of SMPN 5 Bandung using infrastructure which is honesty canteen as a support for learning in fostering the honest attitude of their students.The purpose of this research is to find out how much the influence of honesty canteen as a means of learning infrastructure in fostering the honest attitude of students in SMPN 5 Bandung. This research is expected to be used as input to find better infrastructure for schools so that the better the infrastructure used to foster students' honesty, the better the students will have an honest attitude. This research is a field research using a quantitative descriptive approach. The subjects of this study were students of class VIII C of SMPN 5 Bandung. Determination of the informants or subjects of this study was done by purposive sampling. Data collection techniques using observation, interviews, documentation and questionnaires. The results of this study are that the honesty canteen as a means of learning targets in fostering the honest attitude of students has an influence of 0.560 or 56% then from these results it can be concluded that the honesty canteen as a learning infrastructure provides a significant influence in fostering the honest attitude of students at SMPN 5 City of Bandung.

Keywords:Honest Attitude, Infrastructure Facilities, Honesty Canteen


Abstrak. Jujur adalah sikap yang paling utama dalam kehidupan manusia di bumi ini. Maka agar sikap jujur tersebut tertanam dalam diri manusia dibutuhkan proses pembinaan dari semenjak dini. Untuk membantu dalam membina sikap jujur tersebut maka dibutuhkan sarana prasarana sebagai penunjangnya. Pada penelitian ini peneliti mengambil lokasi penelitian SMPN 5 Kota Bandung yang menggunakan sarana prasarana yaitu kantin kejujuran sebagai penunjang pembelajaran dalam membina sikap jujur peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dari pengaruh kantin kejujuran sebagai sarana prasarana pembelajaran dalam membina sikap jujur peserta didik di SMPN 5 Kota Bandung. Dengan demikin Penelitian ini agar bisa dapat dimanfaatkan sebagai masukan dalam menemukan sarana prasarana untuk lebih baik lagi bagi sekolah sehingga apabila semakin baik sarana prasarana yang digunakan dalam membina sikap jujur peserta didik maka akan semakin baik juga peserta didik memiliki sikap jujur. Penelitian ini merupakan penilitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII C SMPN 5 Kota Bandung.  Penentuan informan atau subjek penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Adapun hasil penelitian ini yaitu bahwa kantin kejujuran sebagai sarana prasaran pembelajaran dalam membina sikap jujur peserta didik mempunyai pengaruh sebesar 0,560 atau 56% maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kantin kejujuran sebagai sarana prasarana pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan dalam membina sikap jujur peserta didik di SMPN 5 Kota Bandung.

Kata Kunci: Sikap Jujur, Sarana Prasarana, Kantin Kejujuran.


Keywords


Sikap Jujur, Sarana Prasarana, Kantin Kejujuran.

Full Text:

PDF

References


Al Ghazali, M. (1986). Akhlaq Seorang Muslim. semarang: wicaksono.

Aziz, H. (2009). Persepsi Guru PAI Tentang Pelaksanaan Supervisi Oleh Kepala Sekolah dengan Kreativitas Guru dalam Mengajar (Penelitian Guru PAI di SMP Se-Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 185.

Azra, A. (1999). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru.Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Bafadal, ibrahim. (2004.). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dinas Pendidikan Jawa tengah. (2010). Pedoman Penyelenggaraan Kantin Kejujuran Provinsi Jawa Tengah. semarang: Dinas pendidikan jawa tengah.

Efendi,Dharma.(2012).Hubungan Intensitas Bimbingan Anti Korupsi dengan Kejujuran Siswa SMK N 1 Salatiga Tahun 2012. Skripsi tidak diterbitkan.Salatiga: Jurusan Tarbiyah STAIN Salatiga.

Fahreza, Z. A. (2011). Menginstal Jujur. klaten: Etoz Publishing.

Tresnawati. (2012). Menjadi Pribadi yang Jujur. Bandung: CV. Amalia Book.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24280