Pengelolaan Kurikulum Sekolah Full Day dalam Membiasakan Al-Akhlaq Al-Karimah di Sekolah Dasar Bandung Islamic School

Vida Adlia Kurniasari, Erham Wilda, Ikin Asikin

Abstract


Abstrak. educating children. As a parent, the effort to obtain a child has a good character by entering into a school that can form the Al-Akhlaq  al-Karimah. Likewise for parents who do not have a lot of time to educate children but want his child to have good morality, then Full Day School can be a solution. Of course, elementary school level is very suitable to form Al-Akhlaq Al-Karimah in children. 

              Elementary School Bandung Islamic School is one of the private Islamic educational institutions that use the Full day system and apply Islamic values throughout the aspects of its activities. The fundamental thing of the application is integrating the national curriculum with the educational values contained in the Quran and As-Sunnah. The effort is that students have Al-Akhlaq Al-Karimah, among others, as an example of school and habituation.

The purpose of this research is to know: Curriculum planning Full Day at Elementary School  Bandung Islamic School in familiarizing Al-Akhlaq Al-Karimah Students (2) implementation of Full Day curriculum in elementary school Bandung Islamic School  in familiarizing Al-Akhlaq Al-Karimah Students (3) How to evaluate the curriculum Full Day in elementary School elementary school Bandung Islamic School in familiarize Al-Akhlaq Al-Karimah students (4) advantages and disadvantages of the curriculum Full Day in  elementary school Bandung Islamic School in familiarizing Al-Akhlaq Al-Karimah Students.

The method of research used is a descriptive method with a qualitative approach. The research techniques used are interviews, observations, and documentation.

Results obtained from the research on the management of the curriculum Full Day in elementary school Bandung Islamic School in familiarizing Al-Akhlaq Al-Karimah students. In terms of planning can be seen in the school policy, including: (1) separate facilities for sincere and they (2) creating a Summary book (3) Doing Morning activity (4) Sunnah Sport (5) Learn art. The curriculum can be seen from some school activities as an effort to familiarize Al-Akhlaq Al-Karimah, namely: (a) wear clothing closes the aurat. (b) Pray in congregation on time, (c) read the prayer before and after the activity (d) Pray in congregation on time, (e) Read the prayer before and after the activity. Curriculum evaluation, performed weekly, monthly, semiannual and yearly. As for the advantages of Full day curriculum namely, the activities of children every day can be controlled da shortcomings, children do not have much time at home.

Keywords: Curriculum management, Full Day School, Al-Akhlaq Al-Karimah

Abstrak. Pendidikan akhlak merupakan hal yang utama dalam mendidik anak. Sebagai orang tua upaya yang dilakukan untuk mendapatkan anak memiliki akhlak baik yaitu dengan memasukan ke sekolah yang dapat membentuk al-akhlak al-karimah. Begitupula untuk orang tua yang tidak memiliki banyak waktu untuk mendidik anak tetapi menginginkan anaknya memiliki akhlak baik, maka sekolah Full day dapat menjadi solusi. Tentunya jenjang sekolah dasar sangat pas untuk membentuk Al-Akhlaq Al-Karimah pada anak

              Sekolah Dasar  Bandung Islamic School adalah salah satu lembaga pendidikan Islam swasta yang menggunakan sistem Full day dan menerapkan nilai-nilai Islam diseluruh aspek kegiatannya. Hal yang mendasar dari penerapan tersebut yaitu  mengintegrasikan kurikulum Nasional dengan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Al-Quran dan As-sunnah. Upaya agar siswa memiliki Al-Akhlaq Al-Karimah antara lain keteladanan dan pembiasaan di sekolah.

              Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Perencanaan kurikulum Full day di Sekolah Dasar  Bandung Islamic School dalam membiasakan Al-Akhlaq Al-Karimah siswa (2) Pelaksanaan kurikulum Full day di Sekolah Dasar  Bandung Islamic School dalam membiasakan Al-Akhlaq Al-Karimah siswa (3) Cara  mengevaluasi kurikulum Full day di Sekolah Dasar  Bandung Islamic School dalam membiasakan Al-Akhlaq Al-Karimah siswa (4) Kelebihan dan kekurangan  kurikulum Full day di Sekolah Dasar  Bandung Islamic School dalam membiasakan Al-Akhlaq Al-Karimah siswa.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi.

              Hasil yang diperoleh dari penelitian tentang pengelolaan kurikulum Full day di Sekolah Dasar  Bandung Islamic School dalam membiasakan Al-Akhlaq Al-Karimah siswa. Dari segi perencanaan dapat terlihat pada kebijakan sekolah, diantaranya : (1) Fasilitas terpisah untuk ikhwan dan akhwat (2) Membuat Buku Summary (3) Melakukan Morning activity (4) Sunnah Sport (5) Mempelajari Seni. Pelaksanaa kurikulum dapat dilihat dari beberapa aktivitas  sekolah sebagai upaya dalam membiasakan Al-Akhlaq Al-Karimah, yaitu: (a) memakai pakaian menutup aurat. (b) melakukan sholat berjamaah tepat waktu, (c) membaca do’a sebelum dan sesudah berkegiatan (d) melakukan sholat berjamaah tepat waktu, (e) membaca do’a sebelum dan sesudah berkegiatan. Evaluasi kurikulum, dilakukan setiap pekan, bulan, semester dan tahun . Adapun kelebihan kurikulum Full day yaitu, kegiatan anak setiap harinya dapat terkontrol da kekurangannya, anak tidak memiliki banyak waktu saat di rumah.

Kata kunci : Pengelolaan kurikulum, sekolah Full day, Al-Akhlaq Al-Karimah

 

 


Keywords


Pengelolaan kurikulum, sekolah Full day, Al-Akhlaq Al-Karimah

Full Text:

PDF

References


Afriantoni. (2015). Prinsip-Prinsip Pendidikan Akhlak Generasi Muda. Yogyakarta: Deepublish.

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Imaniyah Khairunnisa, dkk. (2018). Kebijakan Pendidikan Dasar dan Islam dalam Berbagai Perspektif. Banyumas: Omera Pustaka.

Indrawan, I. ( 2015 ). Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekola. Yogyakarta: Deepublish.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pananrangi, A. R. (2017). Manajemen Pendidikan. Makassar: CELEBES MEDIA PERKASA.

Saehudin, A. (2016). Hadis Pendidikan: Konsep Pendidikan Berbasis Hadis. Bandung: Humaniora.

Suyyinah. (2019). Full Day Education: Konsep dan Implementasi. Malang: LIterasi Nusantara.

Wicaksono, A. G. (2017). Fenomena Full Day School Dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 10-18.

Wijaya, H. H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24225