Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Materi Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Yuppi

Refina Silka Kholipia, Ayi Sobarna, Helmi Aziz

Abstract


Abstract. The problem that occurs at Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Yuppi in the subject of akidah akhlak is that the learning outcomes of many students do not meet the minimum completeness criteria set by the school. Basically, there are several factors that can influence learning success, including teachers, goals, learning process and teacher performance in learning, for example, teachers apply variations in learning models. This study aims to determine the effectiveness of the make a match cooperative learning model in improving student learning outcomes in the subject of akidah akhlak, which was conducted at Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Yuppi in February-March 2020. The method in this study used a quasi-experimental study, conducted 3 times, there were 2 groups, namely the experimental group and the control group. The results of data analysis of student learning outcomes indicate that the cooperative learning model make a match type is able to improve student learning outcomes in akidah akhlak subjects, indicated by the average value of post-test learning outcomes in the experimental class 73.69 while the control class is 66.42. The average effective learning outcomes of the experimental class starting from 66.662 increased to 77.37, while the average learning outcomes in the psychomotor domain using the make a match cooperative learning model started from 63.5 to 73.75 with an average value of N-gain. 51.54% in the experimental class while the control class is 27.01%.

Keyword: Learning outcomes, Cooperative Learning Model, make a match

Abstrak. Permasalahan yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Yuppi dalam mata pelajaran akidah akhlak adalah hasil belajar siswa banyak yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan oleh sekolah. Pada dasarnya terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar diantaranya guru, tujuan, proses pembelajaran dan perpomance guru dalam belajar contohnya, guru menerapkan variasi model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak, yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Yuppi pada bulan februari-maret 2020. Metode dalam penelitian ini menggunakan  quasi eksperimental dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan, terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak meningkat, ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar post test kelas eksperimen 73,69 sedangkan kelas kontrol 66,42. Rata-rata hasil belajar ranah efektif kelas eksperimen mulai dari 66,662 meningkat menjadi 77,37 sedangkan rata-rata hasil belajar ranah psikomotor menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match mulai dari  63,5 menjadi 73,75 dengan  Nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen 51,54% sedangkan kelas kontrol adalah 27,01%.

Keyword: Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, make a match


Keywords


Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, make a match

Full Text:

PDF

References


Erhamwilda. 2016. Psikologi Belajar Islami. Bandung: PG-PAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UNISBA

Fathurrohan, Pupuh. 2011. Strategi Belajar Mengajar: Startegi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum dan Islami. Bandung: 20111.

Huda. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Majid, Abdul. 2006. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudlofir. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nadhiroh. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Make A Match Dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Alat Peraga Sudut Pusat dan Sudut Keliling Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pokok Bahasan Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran Kelas VIII Mts Nurul Ulum Miranggen. Semarang: Skripsi.

Prihadi, Edi.2019. Pembelajaran Abad 21. Bandung: Hasela Pratama.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sirait, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal INPAFI. Volume 1

Sudjana, nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Shoiman. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Undang-Undang Republik Indonesia (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Presiden Republik Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24171