Analisis Implementasi terhadap Program Pendidikan Adab di Kuttab Bandung Barat

Ridwan Sidiq, Nan Rahminawati, khambali khambali

Abstract


Abstrak. This research is backed by a phenomenon that occurs in today's society due to the failure of Adab education in children. The failure of Adab education will cause one to grow and develop into a person who has no manners. The loss of Adab is the root of this people. Therefore, embedding Adab in children must be done through family and school education. The current Adab crisis is very perceived nation-life and state of the phenomenon and social symptoms such as the practice of manners. Based on The history that the Prophet Muhammad SAW has successfully changed and built a new society one of the most important content of historical records in transforming and nurturing in a society is the education of Adab. The research is a research with a qualitative and descriptive approach done in Kuttab. The purposeof this research is to describe: first, the initial activity in the Adab education program in Kuttab, Secondly, the core activity in the implementation of Adab education in Kuttab, third, the final activity in implementation Adab Education in West Bandung Kuttab. The qualitative data collection techniques of the study are observations, interviews and documentation. The results showed that the implementation of education held in   West Bandung Kuttab already fulfilled educational system components that include educational objectives, students, structures and schedules, content of the material, educators in the  creation of the   adab  subject  syllabus  and the making of RPP  still  meet the standards. The results of ADAB education are students have manners in manners, discipline in using time, honesty speak, self-hygiene students and the environment of West Bandung School, social intraction of fellow friends, educators and community environment and respect for each other.

Keyword: education Adab

Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena  yang terjadi di masyarakat saat ini akibat dari gagalnya Pendidikan adab pada anak . Gagalnya Pendidikan  adab akan berakibat seseorang tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang tidak memiliki adab. Hilangnya adab merupakan pangkal permasalahan umat ini. Oleh sebab itu, menanamkan adab pada anak harus dilakukan melalui pendidikan keluarga dan sekolah. Krisis adab saat ini sangat dirasakan kehidupan berbangsa dan bernegara Fenomena dan gejala sosial seperti praktek sopan santun. Berdasarkan dari sejarah bahwa Nabi Muhammad SAW telah berhasil merubah dan membina suatu masyarakat baru salah satu muatan terpenting catatan sejarah dalam merubah dan membina dalam suatu masyarakat adalah Pendidikan adab. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di Kuttab . Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang : pertama, kegiatan awal dalam program pendidikan adab di Kuttab, kedua, kegiatan inti dalam  implementasi pendidikan adab di Kuttab, Ketiga, kegiatan akhir dalam   implementasi pendidikan  adab di Kuttab  Bandung Barat. Teknik pengumpulan data kualitatif dari penelitian ini dalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan diselenggarakan di Kuttab bandung barat sudah memenuhi komponen sistem Pendidikan yang meliputi tujuan pendidikan,peserta didik,struktur dan jadwal,isi materi,pendidik dalam pembuatan silabus mata pelajaran adab dan pembuatan rpp masih memenuhi standar. Hasil pendidikan adab yaitu peserta didik memiliki adab dalam sopan santun,disiplin dalam menggunakan waktu,kejujuran berbicara,kebersihan diri peserta didik dan lingkungan kuttab bandung barat,intraksi sosial sesama teman,pendidik dan lingkungan masyarakat dan saling menghargai.

 Kata Kunci :  Pendidikan Adab

Analisis Implementasi Terhadap Program Pendidikan Adab Di Kuttab Bandung Barat


Keywords


Pendidikan adab

Full Text:

PDF

References


Adetary, A. H. (2016). Ta’dib Sebagai Konsep Pendidikan: Telaah Atas Pemikiran Naquib Al-Attas. At-Turas.

Busthami, S. H. (2018). PENDIDIKAN BERBASIS ADAB MENURUT A. HASSAN. Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.151-01

Daryanto, & Tasrial. (2012). Konsep pembelajaran kreatif. Psikologi Pendidikan.

Mahulae, P. S., Sirait, M., & Sirait, M. (2017). The Effect of Inquiry Training Learning Model Using PhET Media and Scientific Attitude on Students’ Science Process Skills. IOSR Journal of Research & Method in Education. https://doi.org/10.9790/7388-0705012429

Pusat Bahasa Kemdikbud. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ). Kementerian Pendidikan Dan Budaya.

Sadirman. (2011). Keguruan dan Ilmu Kependidikan. Interakasi Dan Motivasi Belajar-Mengajar.

Setiani, R. (2011). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Buku Tasawuf Modern Buya Hamka. Skripsi.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24115