Pelaksanaan Pendidikan Karakter Islami melalui Konsep ''Adab Sebelum Ilmu'' di Kuttab Al-Fatih Cimenyan Bandung

Marlita Surya Lina, Muhamad Imam Pamungkas, Ikin Asikin

Abstract


Abstract. This research is motivated by the problem of character education which is getting eroded day by day because academic achievement is prioritized. The problem of character education can be seen from the increasing prevalence of negative behavior by students such as poor communication ethics towards teachers, declining manners, daring to challenge teachers, even imitating violent scenes. Lack of attention from educational institutions to the importance of character education is one of the factors causing character deviation. This study aims to determine the planning, actualization and evaluation of character education carried out in Kuttab.

This research was conducted at Kuttab Al-Fatih Cimenyan Bandung, using a descriptive method, a qualitative approach. The research technique used is observation, interview, and documentation. The research subjects were some of the Kuttab parties. Based on the processing of data obtained from the research results show that Kuttab Al-Fatih Cimenyan Bandung carries out character education through the concept of "Adab Before Science" by: 1) Planning for Islamic character education through this concept is carried out by following the Prophet in educating. 2) The implementation of the concept of "Adab before Science" in the Kuttab Awal 1 class is carried out in several stages. 3) The evaluation is: daily reflection, weekly to evaluate the implementation periodically, daily tests, UTS and UAS to evaluate the Kuttab Awal 1 students.

Keywords: Islamic Character Education, The Concept Of ''Adab Before Science'', Kuttab Al-Fatih

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pendidikan karakter yang semakin hari semakin terkikis karena pencapaian akademis yang lebih diutamakan. Permasalahan pendidikan karakter ini terlihat dari semakin maraknya perilaku negatif yang dilakukan peserta didik seperti etika komunikasi yang kurang baik terhadap guru, adab sopan santun yang semakin menurun, berani menantang guru, bahkan meniru adegan kekerasan. Kurangnya perhatian lembaga pendidikan terhadap pentingnya pendidikan karakter menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya penyimpangan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait perencanaan, aktualisasi dan evaluasi dalam pendidikan karakter yang dilakukan di Kuttab.

Penelitian ini dilakukan di Kuttab Al-Fatih Cimenyan Bandung, menggunakan metode deskriptif, pendekatan kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ialah beberapa pihak Kuttab. Berdasarkan pengolahan data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Kuttab Al-Fatih Cimenyan Bandung melaksanakan pendidikan karakter melalui konsep ‘’Adab Sebelum Ilmu’’ dengan: 1) Perencanaan pendidikan karakter Islami melalui konsep ini dilakukan dengan mengikuti sebagaimana Rasulullah dalam mendidik. 2) Pelaksanaan konsep ‘’Adab Sebelum Ilmu’’ di kelas Kuttab Awal 1 dilakukan melalui beberapa tahapan. 3) Evaluasi yang dilakukan yaitu: refleksi harian, pekanan untuk mengevaluasi pelaksanaan secara berkala, ulangan harian, UTS dan UAS untuk mengevaluasi peserta didik Kuttab Awal 1.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter Islami, Konsep ‘’Adab Sebelum Ilmu’’, Kuttab Al-Fatih 


 


Keywords


Pendidikan Karakter Islami, Konsep ‘’Adab Sebelum Ilmu’’, Kuttab Al-Fatih

Full Text:

PDF

References


Anwar, F. (2019, February 21). Detikhealth. Retrieved Oktober 13 2019, From Detik.Com:Https://Health.Detik.Com/Berita-Detikhealth/D-4438455/Alasan-Kenapa-Siswa-Yang-Berani-Aniaya-Guru-Harus-Dihukum-Rehabilitatif?_Ga=2.55115371.1923360811.1570967445-771578825.1570967445

Ghuddah, A. F. (2018). Muhammad Sang Guru; Menyibak Rahasia Cara Mengajar Rasulullah. Jakarta: Akses.

Masykur. (2018). Berguru Adab Kepada Imam Malik. Sukabumi: CV Jejak.

Muhammad Firdaus, E. S. (2019). Pendidikan Anti Korupsi Dalam Qs. Ali-Imran Ayat 161. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 5, 191.

Pamungkas, M. I. Akhlak Muslim: Membangun Karakter Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 08, 2014 38.

Rahila. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Islami Melalui Program ''Pembiasaan Pagi'' Di Smp Pgii 1 Bandung. Skripsi. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Sagala, S. (2013). Etika Dan Moralitas Pendidikan. Jakarta:

Kencana Prenadamedia Group.

Sahlan, A. (2012). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam (Kajian Penerapan Pendidikan Karakter Di Lembaga Pendidikan Islam). Jurnal El-Hikmah Fakultas Tarbiyah Uin Malang, Ix, 144.

Suryadi, R. A. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Thahhan, D. M. (2019). Muhammad Sang Guru. Jakarta: Ranking.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24055