Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Fiqih di SMP IT Baitusshofaa Ciparay

Siti Syarifah Nurfauziyah, Ayi Sobarna, Dinar Nur Inten

Abstract


Abstract. The background of this research is the low learning achievement of students in Fiqh class VIII at SMP IT Baitusshofaa Ciparay and teachers do not provide a variety of attractive models. Thereforce we need a teaching model that can improve learning outcomes and student activeness, namely the time token cooperative learning model where all students have the same time to be able to participate when learning activities take place.

this research aims to determine student learning outcomes before and after the time token type cooperative learning and implementation of the time token type cooperative learning model.

The approach in this research is a quantitative approach and a quasi experimental research method. for data collection through, test and non-test results of learning outcomes and documentation. The conclusions found in this study are there was an influence of the type of time token cooperative learning model to improve student learning outcomes in fiqh subjectsin the experimental class, namely shodaqoh material, grants and prizes.

Keywords :  Learning Model, Time Tokens, Fiqh Learning Outcomes


Abstrak. Latar belakang penelitian ini yaitu  pencapaian belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di SMP IT Baitusshofaa Ciparay dan guru kurang memberikan macam-macam model yang menarik. Oleh karena itu diperlukannya model ajar yang bisa meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa yaitu model pembelajaran kooperatif tipe time token, dimana semua siswa memiliki waktu yang sama untuk dapat berpartisipasi ketika berlangsungnya kegiatan belajar.

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukannya pembelajaran kooperatif tipe time token dan pelaksanaan penerapan model kooperatif tipe time token.

Pendekatan dalam penelitian ini berupa pendekatan kuantitatif dan metode penelitian eksperimen quasi. Untuk pengumpulan data melalui angket, tes dan non-tes hasil belajar dan dokumentasi. Kesimpulan yang didapati pada penelitian ini yaitu ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas eksperimen yaitu materi shodaqoh, hibah dan hadiah

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Time Token, Hasil Belajar Fiqih


Keywords


Model Pembelajaran, Time Token, Hasil Belajar Fiqih

Full Text:

PDF

References


Andaru, W. (2008). Pengaruh Kompetensi Guru dalam Proses Belajar mengajar di Kelas dan Failitas Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendiidkan Ekonomi. 3. (1).

Maryance. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Pai dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di SMA Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Islam. 6. (2).

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Bandung : PT Remaja Roesdakarya.

Muslich, A. (2015). Fiqh Muamalat. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustajab, R. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Purwati, P. (2010). Pengaruh Penerapan Metode Drill atau Latihan terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 4. (1).

Rosalina, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Time Token terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 9. (3).

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar . Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24006