Implementasi Metode Talaqqi di Pkbm Sekolah Dasar Tahfidzul Qur'an (SDTQ) Baitul Muttaqin Bandung

Nur Ayu Yulianti, Helmi Aziz, Arif Hakim

Abstract


Abstract. SDTQ Baitul Muttaqin merupakan sekolah semi non-formal dengan pendidikan berbasis PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) yang setara dengan Paket A atau SD, meskipun bukan lembaga formal namun sekolah Baitul Muttaqin berusaha memberikan pengajaran terbaiknya, salah satunya melalui pembelajaran Tahfidzul Qur’an yang menjadikan sekolah diminati bagi kalangan para orangtua. Dengan menerapkan metode talaqqi di dalam pembelajarannya sehingga menjadi jalan bagi pihak sekolah untuk bisa meraih prestasi-prestasi di ajang perlombaan Tahfidz, serta sebagian besar para lulusannya bisa berhasil memasuki pesantren terbaik.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif untuk meneliti pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Quran dengan metode talaqqi, hasil pembelajaran Tahfidzul Quran dengan metode talaqqi dan faktor pendukung serta penghambat dari metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian berdasarkan dari aspek pelaksanaan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Sekolah SDTQ Baitul Muttaqin dalam tahap perencanaan sudah melaksanakan sesuai dengan rancangan yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Dari aspek pelaksanaan sudah sesuai dengan hakikat dari metode talaqqi, tahap evaluasi dengan melakukan penilaian formatif dan sumatif. Sehingga hasil yang di dapat menujukkan bahwa dengan menggunakan metode talaqqi dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SDTQ Baitul Muttaqin menunjukkan adanya peningkatan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Adapun faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam keberlangsungan pembelajaran dengan menggunakan metode talaqqi adanya dukungan dari orang tua, motivasi dari guru dan tempat menghafal. Faktor penghambatnya ketika munculnya rasa malas pada diri siswa serta kurangnya di dalam memanajemen waktu.

Kata Kunci: Implementasi, Tahfidzul Qur’an, Metode Talaqqi

Abstract. SDTQ Baitul Muttaqin is a semi-non-formal school with PKBM (based educationCommunity Learning Activity Center) which is equivalent to Package A or SD, although it is not a formal institution, but Baitul Muttaqin school tries to provide the best teaching, one of them is through learning Tahfidzul Qur'an which makes schools are in great demand among parents. By applying talaqqi method in learning so that it becomes a way for the school to be able to achieve achievements in the Tahfidz competition, and most of its graduates can successfully enter the best pesantren. This research is a qualitative research using descriptive methods to examine the implementation of Tahfidzul Quran learning with talaqqi method, the results of learning Tahfidzul Quran with talaqqi method and the supporting and inhibiting factors of talaqqi method in memorizing the Qur'an. The data collection technique is done by interview, observation and documentation. The research results are based on the implementation aspect which includes planning, implementation and evaluation. Baitul Muttaqin SDTQ school is in the planning stage and has implemented it according to the design set by the school. From the implementation aspect, it is in accordance with the nature of talaqqi method, the evaluation stage is by conducting formative and summative assessments. So that the results can show that using talaqqi method in learning Tahfidzul Qur'an at SDTQ Baitul Muttaqin shows an increase in accordance with the expected goals. As for the factors that are supporting and inhibiting the continuity of learning using, talaqqi method there is support from parents, motivation from teachers and a place to memorize. The inhibiting factor is when students feel lazy and lack of time management.

Keywords: Implementation, Tahfidzul Qur'an, Talaqqi Method


Keywords


Implementasi, Tahfidzul Qur’an, Metode Talaqqi Keywords: Implementation, Tahfidzul Qur'an, Talaqqi Method

Full Text:

PDF

References


Anang dan Mahardhika. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Aristanto, E. et.al. TAUD TABUNGAN AKHIRAT: Perspektif “Kuttab Rumah Qur’anâ€. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.

Astuti, An Ras. Manajemen Organisasi (Teori dan Kasus). Sulawesi Selatan: IAIN Parepare Nusantara Press, 2019.

Badriyahia. Grow Faster With Quran. Jawa Barat: CV Jejak (Jejak Publisher), 2018. Qawi, Abdul. "Peningkatan Prestasi Belajar Hafalan Al-Qur'an Melalui Metode Talaqqi Di MTsN Gampong Teungoh Aceh Utara", Jurnal Islam Futura Vol 16 No. 2, 2017, 270-271.

Fatimah, Siti. Teori Perencanaan. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia, 2020.

Firdianti, Arindra. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Yogyakarta: CV. Gre Publishing, 2018.

Ismail, Ilyas dan Syarifuddin. Assesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Cendekia Publisher, 2020.

Ismail, Ilyas. Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Cendekia Publisher, 2019.

Kurniati, E. Oxygen To Live. Yogyakarta: Deepublish, 2019.

Mashud, Imam. “Meningkatkan Kemampuan Setoran Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas VI Bâ€, Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan dan Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 2, 2019, 352.

Muhaemin. Al-Qur'an dan Hadis. Bandung: PT Grafindo Media Pratama, 2008.

Rachman. “Manajemen Organisasi Dan Pengorganisasian Dalam Perspektif Al-Qur'an San Hadithâ€. Jurnal Studi Keislaman Vol 1 No.2, 2015, 292.

Rifa'i, Muhammad dan Muhammad Fadhli. Manajemen Organisasi. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2013.

Sapar, Asmari. Proceedings International Conference on Guidance and Counseling 2017 (ICGC‟17): Multicultural Guidance & Counseling Pontianak: Elmans' Institute bekerjasama dengn Jurusan BKI FUAD IAIN, Pontianak, 2017. 300.

Susianti,Cucu."Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Anak Usia Dini", Jurnal Tunas Siliwangi Vol 2 No 1, 2016, 3 dan 12-13.

Syarifuddin, Ahmad. Mendidik anak: membaca, menulis dan mencintai Al-Quran. Bandung: Gema Insani, 2004.

Taja, N., Inten, D. N., dan Hakim, A. Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Qur`an. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3 No.1, 2019, 69.

Trianto. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23931