Pengaruh Metode Role Playing dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTS Al-Amanah Kota Bandung

Agung Muhamad Ramadhan, Nurul Afrianti, Ayi Sobaarna

Abstract


Abstract. One of the factors that causes the low learning outcomes is the lack of mastery of learning methods, so that it impacts on students who are lacking in responding to the information conveyed by a teacher. To address these problems a variety of learning methods is needed so that the problem can be overcome by the existence of various methods controlled by an educator, so the problem is the writer interested in using the Role Playing method to the learning outcomes of Class VII MTS Al-Amanah SKI Bandung.
The approach in this study uses a quantitative approach, while the method used is the Experimental Method with the Nonequaivalent Control Group Design. The variables in this study consisted of babas variables namely the Rolle Playing method, and the dependent variable was the student learning outcomes of Islamic Cultural History subjects. The subjects in this study were students of class VII MTS Al-Amanah Kota Bandung, the population numbered 81 students, with a sample used by 56 students of class VII A as an Experimean Class and class VII B as a Control class. The instruments used in this study were in the form of test questions, data analysis techniques for learning outcomes of SKI subjects using several stages, namely validity test, velability test, level of affinity, different test questions, normality test, homogeneity test and hypothesis test, all data analyzes using assistive devices SPSS version 25 computer program.
Based on the results of data analysis with the calculation of sample tests on the SPSS version 25 computer program, it showed a post-test score in the form of test questions on the t-test obtained a sig (2-taled) value of 0,000 <0.05, then Ha was accepted and Ho was rejected. So it can be stated that there is an influence of Role Playing learning in learning the History of Islamic Culture to improve student learning outcomes in class VII MTS Al-Amanah, Bandung.
Keywords : Role Playing Method, Learning Outcomes, History of islam

Abstrak. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnyanya hasil belajar adalah minimnya penguasaan metode pembelajaran, sehingga berdampak kepada siswa yang kurang dalam menangap informasi yang disampaikan seorang guru. Untuk menyikapi permasalahan tersebut dibutuhkan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga permasalahan tersebut dapat diatasi dengan adanya berbagai metode yang dikuasai seorang tenaga pendidik, maka dari permasalahan tersebut penulis tertarik untuk mengunakan metode Role Playing terhadap hasil belajar SKI kelas VII MTS Al-Amanah kota Bandung.

Pendekatan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan Metode yang digunakan Metode Experimen dengan desain Nonequaivalent Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini terdari dari variabel babas yaitu metode Role Playing, serta variabel terikat yaitu hasil belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTS Al-Amanah Kota Bandung, Populasi berjumlah 81 siswa, dengan sample yang digunakan 56 siswa kelas VII A sebagai Kelas Experimean dan kelas VII B sebagai kelas Kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes, teknik analisis data hasil belajar mata pelajaran SKI mengunakaan beberapa tahap yaitu uji validitas, uji realibilitas, taraf kesukatan, daya beda soal, uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis, semua analisis data mengunakan alat bantu program kumputer SPSS versi 25.

Berdasarkan hasil analisi data dengan perhitungan sample test pada program komputer SPSS versi 25 menunjukan skor post test yang berupa soal tes pada uji-t diperoleh nilai sig (2-taled) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh pembelajaran Role Playing dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas VII MTS Al-Amanah Kota Bandung.

Kata kunci : Metode Role Playing, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam


Keywords


Metode Role Playing, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Full Text:

PDF

References


Afandi, dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaan di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Budiyanto, Kurniawan. (2017). Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: ProgramStudi Menajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Sunan kalijaga.

Dien, Wahyuni. (2014). Ilmu Sejarah. Jakarta: Kencana.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Respitawulan, dkk. (2017). Konstruksi Origami Sebagai Strategi Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini. Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 120

Suyono, Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23888