Implementasi Pembelajaran Membaca Kitab Kuning melalui Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata

Maulana Yusuf, Dedih Surana, Nan Rahminawati

Abstract


Abstract. Kitab Kuning or turats is one of the sources of learning in boarding schools after the Al-Qur'an and Hadith. At the Mambaul Ulum Bata-Bata Islamic boarding school, there is an accelerated program to read the yellow book with the method that adapts to the times, namely the Active, Creative, Effective and Fun Learning (PAKEM) method. PAKEM is used as a learning method instead of the methods commonly used in Islamic boarding schools in general. This is the basis for knowing how to implement yellow book learning through PAKEM at the Mambaul Ulum Bata-Bata Islamic boarding school. This research aims to: 1) find a philosophical foundation in learning the kitab kuning through Pakem, 2) identify learning activities that are included in the preliminary activities on the kitab kuning learning through PAKEM, 3) group learning activities that are included in the core activities, 4) identify the closing activities in learning the kitab kuning  through PAKEM. This type of research uses a descriptive analytic method with a qualitative approach. The data collection technique is done by interview / interview, observation, and documentation. The result of this research is that the philosophical foundation of the Kitab kuning learning through PAKEM is to maintain good values and be able to explore better values as a form of idealism educational philosophy. In all activities from the beginning, the core, and the closing, PAKEM has been implemented effectively and has been able to provide a positive influence in the form of increasing students' interest in learning and reading the yellow book effectively and efficiently.

Keywords: Philosophical, Kitab Kuning Learning & PAKEM Method

 

Abstrak. Kitab kuning atau turats termasuk salah satu sumber pembelajaran di pondok pesantren setelah Al-Qur’an dan Hadits. Di pondok pesantren Mambaul Ulum Bata-bata, ada sebuah program akselerasi membaca kitab kuning yang metodenya menyesuaikan dengan zaman, yakni metode Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM). PAKEM dijadikan metode pembelajaran sebagai ganti dari metode-metode yang biasa dilakukan di pondok pesantren pada umunya. Hal ini menjadi dasar untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran kitab kuning melalui PAKEM di pondok pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menemukan landasan filosofis dalam pembelajaran kitab kuning melalui Pakem, 2) mengidentifikasi kegiatan pembelajaran yang masuk dalam kegiatan pendahuluan pada pembelajaran kitab kuning melalui PAKEM, 3) mengelompokkan kegiatan pembelajaran yang masuk dalam kegiatan inti, 4) mengidentifikasi kegiatan penutup dalam pembelajaran kitab kuning melalui PAKEM. Jenis Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik  dengan pendekatan  kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara/interview, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu landasan filosofis pembelajaran kitab kuning melalui PAKEM adalah tetap mempertahankan nilai baik serta mampu menggali nilai yang lebih baik sebagai wujud dari filsafat pendidikan idealisme. Dalam semua kegiatan mulai awal, inti, dan penutup, PAKEM sudah efektif diimplementasikan dan mampu memberikan pengaruh positif berupa peningkatan minat belajar santri serta kemampuan baca kitab kuning secara efektif dan efisien.

Kata Kunci: Filosofis, Pembelajaran Kitab Kuning, dan Metode PAKEM 


Keywords


Filosofis, Pembelajaran Kitab Kuning, dan Metode PAKEM

Full Text:

PDF

References


Dhofier. (2011). TRADISI PESANTREN. Jakarta: LP3ES.

Nizar. (2013). SEJARAH SOSIAL DAN DINAMIKA INTELEKTUAL PENDIDIKAN ISLAM DI NUSANTARA. Jakarta: Kencana.

Nurdin. (2019). GENERASI EMAS SANTRI ZAMAN NOW. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Pane,Darwis. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman.

Rusman. (2012). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sain. (2014). KONSEP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Lentera Pendidikan, 74.

Respitawulan, dkk. (2017). KONTRSI ORIGAMI SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK ANAK USIA DINI. SOSIAL, EKONOMI DAN HUMANIORA,120.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23817