Efektivitas Penerapan Metode Al-Bana untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di Smp Al-Falah Bandung

Adinda Hanifah, A Mujahid Rasyid

Abstract


Abstract. The ability to read the Qur'an fluently and correctly is the basis for all Muslims to read the Qur'an. The low ability of students to read the Qur'an in using the methods and methods of teaching teachers and students' low motivation. Therefore, the application of the Al-Bana method is expected to improve the ability to read the Qur'an. This study aims to determine the ability of students who are less fluent in reading the Qur'an. This research was conducted at SMP Al-Falah Bandung. This type of research uses a quantitative approach with a Quasi-experimental method. Data collection techniques using documentation study, observation, interviews, tests. Data analysis using independent sample t-test. The results showed that there was a differenceâ€between the students' ability to read the Koran who applied learning using the al-bana method using conventional methods. The average value of the experimental class was 18.78. The results showed that the students' ability to read the Koran in the experimental class was better than the control class.The conclusion of this researcher is the al-bana method which means building, in the sense that it can build the spirit and intellectual intelligence of a Muslim Al-Qur'an. The application of the Al-bana method is to launch and compose words, mastering the law of recitation with a color code. The al-bana method shows an increase in the ability to read the Qur'an properly according to the expected goals.

Keywords: Al-Qur'an, Al-Bana Method, and Ability    

Abstrak: Kemampuan membaca Al-Qur’an secara fasih dan benar merupakan hal yang mendasarkan kepada semua muslim untuk membaca Al-Qur’an. Rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di menggunakan metode dan cara mengajar guru dan motivasi siswa yang rendah. Oleh karena itu, melalui penerapapan metode Al-Bana diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa yang kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an penelitian ini dilakukan di SMP Al-Falah Bandung. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metodeQuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, observasi, wawancara, tes. Analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode al-bana dengan menggunakan metode konvensional. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebanyak 18,78  hasil tersebutmenunjukan bahwa kemampuan  membaca Al-Qur’an siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.Kesimpulan dari peneliti ini adalah metode al-bana yang artinya membangun, dalam arti dapat membangun semangat dan kecerdasan intelektual Al-Qur’an seorang muslim. Penerapan metode Al-bana adalah melancarkan dan merangkai kata, menguasai hukum tajwid dengan kode warna. Metode al-bana menunjukan peningkatan dalam kemampuan  membaca Al-Qur’an dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan

 Kata kunci: Al-Qur’an, Metode Al-Bana, dan Kemampuan


Keywords


Al-Qur’an, Metode Al-Bana, dan Kemampuan

Full Text:

PDF

References


Alhamuddin. (2016). Penerapan Mutiple Intelligences Approach Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam DI Sekolah Dasar. Progressiva.

Alhamuddin, A., & Bukhori, B. (2016). The Effect of Multiple Intelligence-Based Instruction on Critical Thinking of Full Day Islamic Elementary Schools Students. Ta'dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 21(1), 31-40.

Alhamuddin, A. (2018). Abd Shamad al-Palimbani’s Concept of Islamic Education: Analysis on Kitab Hidayah al-SÄlikin fi Suluk MÄsÄlÄk lil MuttÄqin. QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies), 6(1), 89-102.

Alhamuddin, A. (2016). Kurikulum pendidikan tinggi keagamaan Islam: Mutu dan relevansi. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 3(1), 1-15.

Al-Qhuthubi, "A. (2013)". The Secret Qur'an . Yogyakarta : Mitra Pustaka .

Aquami. (2017 ). Korelasi antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Keterampilan Menulis Huruf Arab pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah IbtidaiyahQuraniah 8 Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI Vol. 3, 80 .

Chaer, A. (2014: 205). Perkenalan Awal Dengan Al-Qur’an. jakarta: Rineka Cipta.

Ramayulis. (205: 37). Metodologi Pendidikan Agama Islam, cet. Ket-IV. "Jakarta: Kalam Mulia."

Sabri, A. (2005: 52). Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23481