Implikasi Q.S Ali Imran Ayat 190-191 tentang Konsep Ulul Albab terhadap Pendidikan Karakter

Reynaldi Mahendra Putra, sobar Al-Ghazal, khambali khambali

Abstract


Abstract. This research is motivated by a number of phenomena occurring in the current era of rampant student behavior that is not in accordance with the norms for that character education is really needed to be taught to every student so that each student has a noble character or become a human being. This statement encourages the need to analyze Qs. Ali Imran verses 190-191. The purpose of this study is to find out; 1) To find out how the commentators think about the Qur'an Surat Ali Imran Verses 190-191, 2) To find out how the essence of the Qur'an Surat Ali Imran Verses 190-191, 3) To find out how the experts think about character education is related to Qur'an Surat Ali Imran Verses 190-191, 4) To find out how the implications of the objectives of Islamic Education in the Qur'an Surat Ali Imran Verses 190-191 to character education. Thus in this study it is expected to know how to form good character or ulul albab.

This study uses a qualitative approach and the method used in interpretive research is the interpretation method tahlili and literature study. This research explains about character education not only on the cognitive side, but also on the spiritual side so that students can live both in the world and the hereafter. For this reason, steps in character education are needed. Conclusion Qs. Ali Imran verses 190-191 that is about people who not only think but are accompanied by dhikr of Allah in all circumstances who can then realize the holiness of God and realize the weaknesses of himself as a creature. By dhikr also is one way to get closer to Allah, so that God can maintain all the behavior of his people. From the results of this research it can be seen that educating is not enough to only make students smarter, but must direct students to be human beings, to have an intelligent mind and a heart of faith. With that character education will be able to achieve the goals expected by everyone.

Keywords: : Ulul Albab, Character Education, Qs. Ali Imran verses 190-191

Abstract. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa fenomena yang terjadi di zaman sekarang maraknya prilaku pelajar yang tidak sesuai dengan norma-norma untuk itu diperlukanlah pendidikan karakter yang benar-benar harus diajarkan kepada setiap peserta didik agar setiap peserta didik mempunyai ahlak yang mulia atau menjadi insan kamil. Pernyataan ini mendorong kepada perlunya menganalisis Qs. Ali Imran ayat 190-191. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) Untuk  mengetahui bagaimana pendapat para mufasir tentang Qur’an Surat Ali Imran Ayat 190-191, 2) Untuk mengetahui bagaimana esensi Qur’an Surat Ali Imran Ayat 190-191, 3) Untuk mengetahui bagaimana pendapat para ahli tentang pendidikan karakter berkaitan dengan Qur’an Surat Ali Imran Ayat 190-191, 4) Untuk mengetahui bagaimana imlikasi tentang tujuan Pendidikan Islam pada Qur’an Surat Ali Imran Ayat 190-191 terhadap pendidikan karakter. Dengan demikian dalam penelitian ini diharapkan dapat mengetahui cara untuk membentuk karakter yang baik atau ulul albab.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian tafsirnya adalah metode tafsir tahlili dan studi kepustakaan. Penelitian ini menjelaskan tentang pendidikan karakter tidak hanya sisi kognitif saja namun harus dengan sisi spritualnya juga agar peserta didik dapat hidup baik di dunia dan akhirat. Untuk itu diperlukan langkah-langkah dalam pendidikan karakter tersebut. Kesimpulan Qs. Ali Imran ayat 190-191 yaitu tentang orang-orang yang tidak hanya berfikir namun dibarengi juga dengan berdzikir kepada allah dalam segala keadaan yang kemudian bisa menyadari kesucian Allah dan menyadari kelemahan dirinya sebagai mahluk. Dengan berdzikir juga adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah, sehingga Allah dapat menjaga segala tingkah laku umatnya. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa mendidik itu tidak cukup hanya membuat peserta didik menjadi cerdas, namun harus mengarahkan peserta didik menjadi insan kamil, memeiliki akal yang cerdas dan hati yang beriman. Dengan itu pendidikan karakter akan dapat mencapai tujuan yang diharapkan oleh semua orang.

Kata Kunci : Ulul Albab, Pendidikan Karakter, Qs. Ali Imran ayat 190-191


Keywords


Ulul Albab, Pendidikan Karakter, Qs. Ali Imran ayat 190-191

Full Text:

PDF

References


Az-Zahrani, M. (2005). Konseling Terapi. Jakarta: Gema Insani.

Daradjat, Z. (1996). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Djumransjah, & Abdullah Malik Karim Amrullah. (2007). Pendidikan Islam Menggali "Tradisi", Mengukuhkan Eksistensi. Malang : UIN Malang.

Hasni, A. A. (2019). Krisis Adab Guru dan Murid di Era Globalisasi. Makasar: www.simpulrakyat.co.id.

Mujib, A., & Jusuf Mudzakkir. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Mukni'ah. (2011). Materi Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Quthb, S. (2004). Tafsir Fi Zhilalil Qur’an di Bawah Naungan Al-Qur’an Jilid VII. Jakarta: Gema Insani Press.

Rahardjo, M. D. (1996). Ensiklopedi al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci. Jakarta: Paramadina.

Rivki. (2015). Heboh Pesta Bikini Anak SMA, Moral Siswa Harus Ditingkatkan. Jakarta: news.detik.com.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-Misbah; Pesan, Kesan, dan Keserasian Alquran Vol. 5. Jakarta: Lentera Hati.

Wassil, A. H. (2009). Tafsir Quran Ulul-Albab: Sebuah Penafsiran Al-Quran dengan Metode Tematis. Bandung: PT Salamadani Pustaka Semesta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23430