Analisi terhadap Pengelolaan Program Hafalan Al-Qur’an melalui Metode Kauny Quantum Memory di Komunitas Hafizh On The Street

Elsya Sastika Yamin, Nan Rahminawati, Dewi Mulyani

Abstract


 

Abstract—Al-Qur'an is the holy book that was sent down by Allah SWT to Prophet Muhammad SAW as a miracle for all mankind and Allah SWT promises various virtues, glory, and convenience for memorizers of the Qur'an. Unfortunately, however, only 0.0113% of Indonesians are interested in memorizing the Qur'an, out of a total of 266.91 million Indonesians. This lack of interest in memorizing the Qur'an can be overcome by applying the proper method of memorizing the Qur'an. Therefore, theCommunity Hafizh On The Street provides the Kauny Quantum Memory method for memorizing the Qur'an. The purpose of this study was to determine the management function which includes planning, implementing, monitoring and evaluating the Al-Qur'an memorization program through the Kauny Quantum Memory method in theCommunity Hafizh On The Street. The method used in this research is descriptive method with a qualitative approach. The results of this study indicate that 1. The planning of the Al-Qur'an memorization program through the Kauny Quantum Memory method consists of making videos, the presence of admins and reviewers, the presence of members and rote groups, and the selection of letters to be memorized. 2. The implementation of the Al-Qur'an memorization program using the Kauny Quantum Memory method is carried out in accordance with the rules and regulations that have been prepared. 3. Supervision of the memorization program of the Koran using the Kauny Quantum Memory method is carried out continuously and in stages. Monitoring results are reported every week, and the 15th, 29th of each month. 4. Evaluation of the memorization program of the Al-Qur'an using the Kauny Quantum Memory method is divided into two, namely evaluation of members and evaluation of administrators and programs.

Keywords : Management, Al-Qur'an Recitation Program, Kauny Quantum Memory.

Abstrak—Al-Qur’an merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat bagi seluruh umat manusia dan Allah SWT menjanjikan berbagai keutamaan, kemuliaan, dan kemudahan bagi para penghafal Al-Qur’an. Namun sayangnya minat warga Indonesia dalam menghafal Al-Qur’an hanya 0,0113 % yang berminat dari total 266,91 juta penduduk Indonesia. Kurangnya minat dalam menghafal Al-Qur’an ini mampu diatasi dengan menerapkan metode menghafal Al-Qur’an yang tepat. Oleh sebab itu Komunitas Hafizh On The Street menyediakan metode Kauny Quantum Memory dalam menghafal Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi pengelolaan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi program hafalan Al-Qur’an melalui metode Kauny Quantum Memory di Komunitas Hafizh On The Street. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1. Perencanaan program hafalan Al-Qur’an melalui metode Kauny Quantum Memory terdiri dari pembuatan vidio, adanya admin dan reviewer, adanya member dan grup hafalan, dan pemilihan surat yang akan dihafal. 2. Pelaksanaan program hafalan Al-Qur’an dengan metode Kauny Quantum Memory dilaksanakan sesuai dengan tata tertib dan peraturan yang telah  disusun. 3. Pengawasan program hafalan Al-Qur’an dengan metode Kauny Quantum Memory dilaksanakan terus menerus dan berjenjang. Laporan hasil pengawasan dilaporkan setiap pekan, dan tanggal 15, 29 setiap bulan. 4. Evaluasi program hafalan Al-Qur’an dengan metode Kauny Quantum Memory terbagi menjadi dua yaitu evaluasi member dan evaluasi pengurus serta program.

Kata Kunci : Pengelolaan, Program Hafalan Al-Qur’am, Kauny Quantum Memory.



Keywords


Pengelolaan, Program Hafalan Al-Qur’am, Kauny Quantum Memory.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Daryanto. (2013). Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Izzuddin, C. (2019, Desember Kamis). Menjadi Penghafal Qur'an Seumur Hidup. Dipetik Maret Minggu, 2020, dari Kompasiana: https://www.kompasiana.com/elchica/5df1cfe8d541df05e24f0496/menjadi-penghafal-al-qur-an-seumur-hidup.

Jumlah Penduduk Indonesia 2019 Mencapai 267 Juta Jiwa. (2019, Januari Jumat). Dipetik Maret Minggu, 2020, dari Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/01/04/jumlah-penduduk-indonesia-2019-mencapai-267-juta-jiwa.

Latief, M. L. (2018). Teori Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Mujahida, S. (2018). Pengantar Manajemen. Makassar: Sah Media.

Mulyadi. (2007). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: Salemba Empat.

Mulyani, D., & Dkk . (2018). Literasi Al-Quran untuk Anak Usia Dini dengan Teknik Mendongeng. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 2 (2), 204.

Mustari, M. (2015). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahminawati, N. (2016). Manajemen Pendidikan. Bandung: Diktat Kuliah Universitas Islam Bandung.

Rustiani, F. F. (2017). Pelaksanaan Metode Kauny Quantum Memoriy dan Murattal Irama Qur’an Dalam Pembelajaran Hafalan Qur’an di Lembaga B-Qur’an. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (hal. 14). Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Sa'dulloh. (2010). 9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur'an. Depok: Gema Insani Press

Safutra, I. (2017, Januari Kamis). Dari 240 Juta Warga Indonesia, Hanya 30 Ribu yang Hafal Alquran. Dipetik Februari Kamis, 2020, dari JawaPos.com: https://www.jawapos.com/jpg-today/26/01/2017/dari-240-juta-warga-indonesia-hanya-30-ribu-yang-hafal-alquran/.

Saifuddin. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish.

Slameto. (2019). Pembaruan Manajemen Pendidikan. Jawa Timur: Qiara Media

Sriyati, I. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sukwiaty, S. J. (2005). Ekonomi. Bandung: Yudhistira.

Suparlan. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah dari Teori sampai dengan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suryana, E. (2015). Administrasi Pendidikan dalam Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenada Media Group.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wijaya, E. K. (2015). Magic Memory Al-Qur'an (Metode Ajaib Menghafal dan Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an. Bandung: Pulpen Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23422