Implementasi Program Mentoring dalam Membangun Karakter Religius Siswa di SMP PGII 1 Bandung

Malla Hardiyanti Fitri, Umi Adliyah Ali, Arif Hakim Arif

Abstract


Abstract. Looking at the current state of Muslims in Indonesia, which as the majority of adherents in this country, and the only people who have a straight way and guidelines of life are the Qur'an and sunnah. But in reality he is the most shaky of people. The onscing of morals / characters and thoughts whose values are far from Islamic sharia, then which can then damage morale and civilization for the future of the nation. There is a need for general formation and character education that is implemented by various schools. Specifically in Islamic religious education material which is assisted with other school components in character building especially religious character, which with the development of religious characters this students are able to apply religious values, such as obedient and obedient according to the teachings of the Qur'an and Sunnah in daily life. This research aims to dig deeper into the implementation of religious character education through mentoring program to learners in SMP PGII 1. From the start of planning, implementation, evaluation, supporting factors and inhibiting factor implementation of mentoring program in building student religious character.

The approach used in this research is the qualitative research approach this type of research is descriptive. Because in conducting this research, do not use statistical figures, but rather research that departs from the facts and events that are congestate, which is where researchers describe or describe the phenomenon related to the problems that will be researched.

In this study showed that mentoring program is able to build religious character of students with various processes that have been done through Btaq material, memorization of 30 juz, order of worship, and moral study every week. In addition, the activities of the daily mengover of scripture recitation of the Qur'an, Asmaul Husna, obligatory prayer of Zuhur, Asar and Duha congregation. The evaluation is conducted one semester twice. Therefore, it can be noted that through this mentoring program, SMP PGII 1 Bandung managed to build the students ' religious character that includes the students to be able to read the Qur'an eloquently, memorize the 30 juz, practice the reading and movement of prayer well, and apply Akhlakul karimah in daily life.

Keywords: Implementation, Religious character, Mentoring Program

 

Abstrak. Melihat keadaan kaum muslim di Indonesia saat ini yang dimana sebagai mayoritas penganutnya di tanah air ini, serta umat yang satu-satunya memiliki jalan dan pedoman hidup yang lurus yaitu al-Qur’an dan sunnah. Namun kenyataannya dialah umat yang paling goyah. Terjadinya pengikisan akhlak/ karakter dan pemikiran yang nilainya jauh dari syariat Islam, maka yang kemudian dapat merusak akhlak dan peradaban bagi masa depan bangsa. Maka perlu adanya pembentukan dan pendidikan karakter secara umum yang dilaksanakan oleh berbagai sekolah. Khusususnya dalam materi Pendidikan Agama Islam yang dibantu dengan komponen sekolah lainnya dalam membangun karakter khususnya karakter religius, yang dimana dengan terbangunnya karakter religius ini peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai religius, seperti taat dan patuh sesuai ajaran al-Qur’an dan sunnah dalam kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini bertujuan menggali lebih dalam terkait implementasi pendidikan karakter religius melalui program mentoring kepada peserta didik di SMP PGII 1. Dari mulai perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi program mentoring dalam membangun karakter religius siswa.

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Karena dalam melakukan penelitian ini, tidak menggunakan angka-angka statistik, melainkan penelitian yang berangkat dari fakta-fakta dan peristiwa yang kongkret, yang dimana peneliti disini mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena terkait masalah yang akan diteliti. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa program mentoring mampu membangun karakter religius peserta didik dengan berbagai proses yang telah dilakukan melalui materi btaq, hafalan juz 30, tertib ibadah, dan kajian akhlak setiap minggunya. Selain itu juga kegiatan mengover pembiasaan harian pembacaan ayat suci al-Qur’an, asmaul husna, solat wajib zuhur, asar dan duha berjamaah. Adapun evaluasi yang dilaksanakan satu semester dua kali. Oleh karena itu, dapat diketahui bahwa melalui program mentoring ini, SMP PGII 1 Bandung berhasil membangun karakter religius siswa yang mencakup didalam nya menjadikan siswa mampu membaca al-Qur’an secara fasih, menghafal juz 30, mempraktikkan bacaan dan gerakan solat dengan baik, serta menerapkan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci : Implementasi, Karakter Religius, Program Mentoring


Keywords


Implementasi, Karakter Religius, Program Mentoring

Full Text:

PDF

References


Adeyasa, M. R. (2007). Manajemen Mentoring . Bandung: Syaamil.

Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter untuk Mahasiswa PGSD. Bandung: UPI PRESS.

Fathurrohman, P. (2017). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Rafika Aditama.

Handoko, H. (2001). Manajemen Cet ke-17. Yogyakarta: BPFE.

Khan, Y. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Lubis, S. h. (2006). Rahasia Kesuksesan Halaqah. Tanggerang: Fatahillah Bina Alfikri.

Nyimas Lisa, R. (2017). Manajemen Program Life Skill Di Rumah Singgah Al-Hafidz Kota Bengkulu. Jurnal Pengembangan Masyarakat, 7.

Rianawati. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Karakter pada Mata Pelajaran PAI. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Taja, N. I. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Qur`An. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 71.

Tobari. (2015). Evaluasi Soal Penerimaan Pegawai Baru. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23297