Pengaruh Media Pembelajaran Time Line Chart terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV di MI Bojong

Ai Nurlatifah, Ayi Sobarna, Nurul Afrianti

Abstract


Abstract. This study aims to determine whether there is an influence of time line chart learning media on student learning outcomes in the subjects of fourth grade  history of Islamic culture   at Bojong Islamic Elementery School. The research method used pre-experimental design type one group pretest postest design. The sampling technique are using non-probability sampling type saturated sampling. It is the sampling technique by taking all members of the population as a sample because the population is relatively small, less than 30 people. This design involves one group by comparing the average value between two groups of samples that are related / paired, the value of pretest learning outcomes as a preliminary test and the posttest learning outcomes as a second test, the test taken after students treated using the time line chart learning media. The research instrument that was being used was a test of learning outcomes in the form of multiple choice.

            Research shows that (1) Students learning result before using the time line chart medium gained a average value 39,18 showing students grade are not good because the students grade are extremely low,  whereas the median value is 43,74 and the value of modus is 47,66. (2) The time line chart medium operation is coducted three times the meeting according too the research plain, which refer s to the step theory of learning using the time line chart medium. (3) Students learning results after using a time line chart medium of learning gaied an average cognitive value of students grades already increasing from before with good criteria, whereas the median value is 78,3 and the value of modus is 73,5. (4) There is an influence of time line chart learning  medium on students study by using the t test. As for a major test impact on the treatment of time line chat learning medium on students learning results  is a 0,95 mark with a treatment effect presentation of 90% of the category of large effects.

Keywords: Time Line Chart, The study results.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran time line chart terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas IV di MI Bojong. Meode penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental design type one group pretest postest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probebility sampling type sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel dengan mengambil semua anggota populasi sebagai sampel dikarenakan jumlah populasi relatif kecil yaitu kurang dari 30 orang. Dalam rancangan ini melibatkan satu kelompok dengan membandingkan rata-rata nilai antara dua kelompok sampel yang berkaitan/ berpasangan yaitu  nilai hasil belajar pretest sebagai tes awal dan nilai hasil belajar postest sebagai tes kedua setelah siswa diberikan perlakuan dengan menggunaka media pembelajaran time line chart.  Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan bentuk pilihan ganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran time line chart diperoleh nilai rata-rata kognitif siswa ialah 39,8 menunjukkan nilai siswa belum baik karena nilai siswa sangat rendah sekali, sedangkan nilai median adalah 43,74 dan nilai modus adalah 47,66. (2) Penerapan  media pembelajaran time line chart dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dibuat oleh peneliti, yang merujuk kepada teori langkah-langkah belajar dengan mengguakan media pembelajaran time line chart. (3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran time line chart diperoleh nilai rata-rata kognitif siswa ialah 79,18 menunjukkan nilai siswa sudah meningkat dari sebelumnya dengan kriteria baik, sedangkan nilai median adalah 78,3 dan nilai modus adalah 73,5. (4) Terdapat pengaruh media pembelajaran time line chart terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan uji t. Adapun hasil uji besar pengaruh perlakuan media pembelajaran time line chart terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai 0,95 yaitu dengan presentasi efek perlakuan sebesar 90% yang termasuk pada kategori efek besar.

Kata Kunci: Time Line Chart, Hasil Belajar

Keywords


Time Line Chart, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Afrianti, N. (2015) Profil Kecerdasan Sosial Siswa SMA di Kota Bandung sebagai Studi Awal Penyelenggaraan Layannan Bimbingan Konseling. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan Vol. 05 No. 01, 43-47.

Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Erhamwilda. (2016) Psikologi Belajar Islam. Bandung: PG PAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Unisba.

Korisundari. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Metode Timeline (Garis Waktu) pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Al-Wathoniyah Bekasi Timur. Pedagogik Vol. VI No I, 7.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan Vol.1 No.2, 98.

Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Rahmi, A. d. (2017). Korelasi Motivasi Belajar Menggunakan Media Berbasis Video dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Gejala Alam di Kelas V di SD Negeri Peusangan. Jurnal pendidikan Almuslim Vol. 5 No. 1, 3.

Sadiman, A. S., & dkk. (2006). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Solihin, U., & dkk. (2013). Pengaruh Pemberian Pretestdan Resitasi terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas X. 1.

Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan Vol. 2 No.2, 32.

Syaifudin, M. (2015). Skripsi Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Menurut Kurikulum 2013 di Kelas X MAN Selatiga. Malang: UIN Malik Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23000