Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Praktek Mengkafani Jenazah Dengan Menerapkan Metode Simulasi Peer Teaching Di Kelas XI Jurusan Keperawatan SMK Bhakti Kencana Bandung Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

nur ayum sari badru, adliyah ali MD, ayi sobarna

Abstract


Pendidikan berkaitan dengan proses belajar dan pembelajaran, salah satu pertanda bahwa seseorang telah belajar sesuatu adalah adanya perubahan tingkah laku dalam dirinya. Perubahan tingkah laku tersebut menyangkut perubahan yang bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik) dan perubahan nilai ataupun sikap (afektif). Proses belajar dan pembelajaran yang dilakukan di sekolah Bhakti Kencana Bandung pada materi pengurusan jenazah itu baru memenuhi dua aspek yaitu perubahan kognitif dan afektif, karena dari tahun 2013 kebelakang materi pengurusan jenazah itu kurang memadai dikarenakan materi yang di sampaikan hanya sebatas penjelaskan, Data ini diperoleh dari hasil wawancara kepada siswa kelas XII dan Guru Pendidikan Agama Islam. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara bertahap yang di mulai dari Siklus I, Siklus II dan Siklus III. Penerapan metode simulasi peer teaching pada materi mengkafani jenazah berhasil dilaksanakan pada Siklus III. Hasil penelitian di Sekolah Menengan Kejuruan (SMK) Bhakti Kencana Bandung Jl Sindangsari No.100 Ujung Berung Kota Bandung. terhadap penerapan metode Simulasi Peer Teaching pada mata pelajaran PAI materi mengkafani jenazah di kelas XI telah dipaparkan sesuai dengan temuan peneliti di lapangan dengan hasil belajar siswa yang mencapai Keriteria Ketuntasan Minimal (KKM).


Keywords


mengkafani Jenazah, peer teaching.

References


Abdul Karim (2002), Petunjuk Shalat Jenazah dan Permasalahannya, Jakarta:

PT. Amzah

Arif Sadiman (2006), Media Pendidika, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Azhar Arsyad (2000), Media Pembelajaran, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Departemen Agama RI (1994), AL-Qur’an dan Terjemahan, Semarang : PT. Grafindo Persada

Eveline dan Hartini (2010), Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : PT Ghalia Indonesia

Hamid (2000), Media Pembelajaran, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Ibnu Khaldun (2012), Metode Pembelajaran, Bandung : PT. Remaja Rodakarya

Imran Ali (1996), Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : PT. Dunia Pustaka Jaya

Lexi J. Moleong (2009), Metodologi Penelitian Kulitatif. Bandung PT. Remaja Rodakarya

LSI UNISBA (2012), Bimbingan Ibadah Dalam Naungan Sunnah Rasul, Bandung : Lembaga Studi Islam UNISBA

Nashiruddin Al-Albani (1999), Tuntunan Lengkap Mengurus Jenazah, Jakarta : PT. Gema Insani

Moh. Rifa’i (1976), Panduan Solat Jenazah, Semarang : PT. Karya Toha Putra

Rusman (2012). Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sudjana Nana (1991), Strategi Pembelajaran . Jakarta: PT. Prenada Media

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persana

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantutatif, Kualitatif dan r&d . Bandung : PT. Alfabeta

Sukmara Dian (2005), Teori Belajar dan Hasil Belajar Siswa, Cetak Ulang Kedua

Bandung : PT. Tarsito

Syamsu Mafa (1978), Hasil Belajar Siswa. Bandung : PT. Rosda Karya

_____ (2003), Media Pembelajaran, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Syamsuddin Abin (1981), Pedoman Studi Psikologi Pendidikan Agama Islam, Bandung : PT. Remaja Rodakarya

Syamsyuri (2007), Pendidikan Agama Islam Untuk Kelas XI, Jakarta : PT. Erlangga

Wina Sanjaya (2006), Definisi Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana

Yusuf Mahmud (2006), Tafsir Al-Qur’an, Jakarta : PT. MY Wadzuryah




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2149