Persepsi Orang Tua yang Bekerja terhadap Pendidikan Akhlak Anak Usia 6-12 Tahun

Ana Roudhatul Jannah, Erhamwilda Erhamwilda, Aep Saepudin

Abstract


Abstract. Moral education is education that teaches about the basic principles of morals and the virtues of attitude and characteristics that  must be possessed and made into habits by children if both parents are busy with working the child is lack of attention from the parent and child when hanging out in his environment issued words that are not necessarily issued to children of that age. The purpose of this study was to find out how parents in RW 11 KPAD PINDAD Southteach moral education to their children aged 6-12 years with both parents work. This study uses descriptive analytical methods, while in this study using quantitative research to be able to meet the data regarding the implementation of moral education for children aged 6-12 years with both parents work. Data collection techniques in this study used questionnaires, interviews, observation and documentation studies. Based on the research result it can be concluded that : (1) the purpose of child moral education for families, so that children understand the importance of manners, good ways of worship, how to respect others, teachers, and parents (2) implementation of moral education in the second home his parents work. Parents teach children from small things, manners, manners to friends, teachers, eating and drinking, how to worship, reading the qur’an. (3) obstacles and efforts of people old in moral education for children aged 6-12 years in the family.

Keywords : working parents perception, Moral Education, Children aged 6-12 years

Abstrak. Pendidikan akhlak merupakan pendidikan yang mengajarkan tentang prinsip dasar Akhlak dan keutamaan sikap serta watak  yang harus dimiliki serta di jadikan kebiasaan oleh anak sejak kecil hingga ia menjadi dewasa. Kebanyakan kasus anak jika kedua orang tuanya sibuk dengan bekerja anak tersebut kurangnya perhatian dari orang tua dan anak tersebut ketika bergaul di lingkungannya mengeluarkan kata-kata yang tidak semestisnya di keluarkan pada anak usia segitu. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengatahui bagaimana cara orang tua di RW 11 KPAD PINDAD Selatan dalam mengajarkan pendidikan akhlak pada anaknya yang berusia 6-12 tahun dimana kedua orang tuanya bekerja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analatik, adapun dalam penelitian  ini menggunakan penelitian kuantitatif supaya dapat memenuhi data mengenai implementasi pendidikan akhlak anak usia 6-12 tahun yang kedua orang tuanya bekerja. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Berdasakan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Tujuan pendidikan akhlak anak bagi keluarga, supaya anak paham akan pentingnya tata krama, cara beribadah yang baik, cara menghormati orang lain, guru, serta orang tua (2)  pelaksanaan pendidikan akhlak di rumah yang kedua orang tuanya bekerja. orang tua mengajarkan anak dari hal-hal kecil, seperti adab berbicara kepada orang tua, adab sopan santun, adab kepada teman, guru, adab makan dan minum, cara beribadah, membaca al-qur’an.(3) Kendala dan upaya dari orang tua dalam pendidikan akhlak anak  usia 6-12 tahun di dalam keluarga.

Kata Kunci : Persepsi orang tua yang bekerja, Pendidikan akhlak, Anak usia 6-12 tahun.


Keywords


Persepsi orang tua yang bekerja, Pendidikan akhlak, Anak usia 6-12 tahun

Full Text:

PDF

References


Muri’ah, Siti. 2004. Wanita Karier Dalam Bingkai Islam. Bandung: Angkasa

Suwaid, Muhammad. 2006. Mendidik Anak Bersama Nabi. Cet 5. Solo: Pustaka Arafah

Ulwan, Abdullah Nashih. 2002. Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta:Pustaka Amani

Ulwan, Abdullah Nashih. 2013. Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Khatulistiwa Press

Darmuin. 1999. Pemikiran Pendidikan Islam. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Ibrasyi, M. Athaiyah. 1993. Dasar-dasar Pendidikan Islam, Terj.Bustain al Ghani, dkk., Jakarta: Bulan Bintang

Yusuf, Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Cet 13. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19083