Implementasi Peran, Fungsi dan Tanggung Jawab Ibu sebagai Madrasah Ula

Ai Nur Aini Zahara, Adliyah Ali M.D, A. Mujahid Rasyid

Abstract


Abstract. In the world of education, it is famous for the sentence Al Umm Madrasatul Ula which means Mother is the main educator. Therefore, a mother's background will affect the character and education of her child. It is undeniable that when you work you will add to the work that you have to do. The link between Al Umm Madrasatul Ula and working mothers is, what is the implementation of their roles, functions and responsibilities as the main educator? Therefore, the researcher raised the formulation of the problem as follows (1) What is the role, function and responsibilities of your mother as Madrasatul Ula? (2) How is the implementation of the roles, functions and responsibilities of a mother as Madrasatul Ula in Jatigede Hamlet RT 11 Sumedang Regency So as to produce the following research objectives (1) Description of the roles, functions and responsibilities of a mother as Madrasatul Ula (2) Description of implementation from the role, functions and responsibilities of a mother as Madrasatul Ula in Jatigede Hamlet RT 11 Sumedang Regency. This study uses a qualitative method. Data can be obtained from observations, interviews and documentation located in RT 11/04 Cijeungjing Village, Sumedang Regency. The results of this study are that there are four different cases in the implementation of the roles, functions and responsibilities of the mother. The conclusion of this research is that a child is very important to be educated since they are still in the womb and that education must be carried out well by the mother through the implementation of the roles, functions and responsibilities as Umm Madrasatul Ula. In addition, the task of a mother is very influential on the personality and future of children.

Keywords: Mother's Role, Function, Responsibility

Abstrak. Dalam dunia pendidikan terkenal dengan kalimat  Al Umm Madrasatul Ula yang artinya adalah Ibu sebagai pendidik utama. Oleh sebab itu, latar belakang serorang Ibu akan mempengaruhi karakter dan pendidikan anaknya. Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika Ibu bekerja akan menambah tugas yang harus dijalankan. Yang menjadi keterkaitan antara Al Umm Madrasatul Ula dan Ibu yang bekerja adalah, seperti apakah pelaksanaan peran, fungsi dan tanggung jawabnya sebagai pendidik utama? Oleh sebab itu, peneliti mengangkat rumusan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana peran, fungsi dan tanggung jawab Ibu sebagai Madrasatul Ula? (2) Bagaimana implementasi dari peran, fungsi dan tanggung jawab seorang Ibu sebagai Madrasatul Ula di Dusun Jatigede RT 11 Kabupaten Sumedang Sehingga menghasilkan tujuan penelitian sebagai berikut (1) Deskripsi dari peran, fungsi dan tanggung jawab Ibu sebagai Madrasatul Ula (2) Deskripsi implementasi dari peran, fungsi dan tanggung jawab seorang Ibu sebagai Madrasatul Ula di Dusun Jatigede RT 11 Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode kualilatif. Data di dapat diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang berlokasi di RT 11/04 Desa Cijeungjing Kabupaten Sumedang. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa terdapat empat kasus yang berbeda dalam pelaksanaan peran, fungsi dan tanggung jawab Ibu. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa seorang anak sangatlah penting  untuk di didik sejak masih dalam kandungan dan didikan itu haruslah dijalankan dengan baik oleh Ibu melalui implementasi peran, fungsi dan tanggung jawabnya sebagai Umm Madrasatul Ula. Selain itu, tugas dari seorang Ibu sangat berpengaruh pada kepribadian dan masa depan anak.

Kata Kunci: Peran, Fungsi, Tanggung Jawab Ibu


Keywords


Peran, Fungsi, Tanggung Jawab Ibu

Full Text:

PDF

References


Jalaluddin. 2014. Ibu Madrasah Umat Fungsi & Peran Kaum Ibu Sebagai Pendidik Kodrati. Jakarta: Mulia.

Abdullah Nasih Ulwan, 2007 Tarbiyatul Aulad Fiil Islam. Jakarta : Pustaka Amani.

Nurhayati Ar. & Syahrizal. Teori Belajar Al-Mawardi Studi Analisis Tujuan Dan Indikator Kebrhasilan Belajar. Jurusan Tarbiyah Stain Malikussaleh Lhokseumawe. Ulumuna Jurnal Studi Keislaman, Volume 18 Nomor 1 (Juni) 2014. Tersedia Download.Portalgaruda.Org/Article.Php?...Teori%. Diakses Pada 25 Juni 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18915