Penerapan “Lima Nilai†terhadap Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Luqmanul Hakim Bandung

Fatin Nauroh Nazhifah, Ayi Sobarna, Khambali Khambali

Abstract


Abstract. Developing the character of students through education is efforts to develop human and divine values in schools that are carried out continuously. Character education in schools requires collaboration with parents to jointly create a valuable and in line learning environment. That is, the values introduced and internalized in schools are the same as those introduced and internalized at home. One of the junior high schools that applies values to shape the character of children is in the Luqmanul Hakim Bandung school. But, the problem is how the implementation of the five values applied  in student character education in SMPIT Luqmanul Hakim Bandung. The method used in this study is descriptive analytical method with a qualitative approach. How to obtain data is done using interview techniques, observation and documentation studies. Based on the research, the following conclusions are obtained, namely: 1) The concept of the five values in this school is based on Luqman's letter. From the start of education about the value of monotheism, the value of worship, the value of devotion to parents, the value of etiquette, the value of goals and life skills. 2) The five values applied at SMPIT Luqmanul Hakim are packaged with a variety of programs implemented until the values of character education are achieved for students. 3) Evaluation of the application of five values to the character of students in SMPIT Luqmanul Hakim is done through analysis of satisfaction with students and parents. 4) The supporting factors in the application include, support from the parents, support from HR and financial factors. While the inhibiting factor in the application of these five values is the time of program implementation.

Keywords: Application, Value, Character Education

Abstrak. Mengembangkan karakter siswa melalui pendidikan adalah upaya untuk mengembangkan nilai-nilai kemanusiaan dan ilahi di sekolah yang dilakukan secara terus menerus. Pendidikan karakter di sekolah memerlukan kerjasama dengan orang tua untuk bersama-sama menciptakan lingkungan belajar yang bernilai dan sejalan. Artinya, nilai-nilai yang diperkenalkan dan diinternalisasikan di sekolah sama dengan yang diperkenalkan dan diinternalisasikan di rumah. Sekolah SMPIT Luqmanul Hakim Bandung merupakan salah satu sekolah yang berupaya untuk menerapkan karakter pada peserta diri peserta didik melalui pengaplikasian lima nilai. Namun, masalahnya adalah bagaimana penerapan lima nilai yang diterapkan dalam pendidikan karakter siswa di SMPIT Luqmanul Hakim Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Cara memperoleh data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan penelitian, berikut kesimpulan yang didapatkan, yaitu: 1) Konsep lima nilai yang ada di sekolah ini di dasari oleh surat Luqman. Dari mulai pendidikan mengenai nilai tauhid, nilai ibadah, nilai bakti orang tua, nilai adab, nilai tujuan dan keterampilan hidup. 2) Lima nilai yang diterapkan di SMPIT Luqmanul Hakim dikemas dengan berbagai program yang dilaksanakan hingga tercapai nilai pendidikan karakter pada peserta didik. 3) Evaluasi penerapan lima nilai terhadap karakter siswa di SMPIT Luqmanul Hakim ini dilakukan melalui analisis kepuasan terhadap peserta didik maupun kepada orang tua dan 4) Adapun faktor pendukung dalam penerapan diantaranya, dukungan dari pihak orang tua, dukungan dari SDM dan faktor keuangan. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan lima nilai ini adalah waktu pelaksanaan program.

Kata Kunci: Penerapan, Nilai, Pendidikan Karakter

Keywords


Penerapan, Nilai, Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Pendidikan Karakter Teori & Aplikasi, Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional.

Fazriah, Fitria Nurul. (2019). Analisis Manajemen Terhadap Program Leadership and Entrepreneurship Dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Alam Bandung. Skripsi Fakultas Tarbiyah: Tidak Diterbitkan

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zubaedi. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18694