Analisis Manajemen Kurikulum Lokal Kepesantrenan dalam Upaya Penguasaan Materi Keagamaan Di MI Anwarussalam Padalarang

Wilda Aulia Nurfitriani, Nan Rahminawati, A Mujahid Rasyid

Abstract


Abstract. The local curriculum is a curriculum compiled by the school as an additional program given to students, so that schools can increase the skills of students through the local curriculum applied in schools. Madrasah Ibtidaiyyah AnwarussalaM (MI) has a local curriculum for education related to Islamic religious education in an effort to add diversity insight to students.  This study aims to obtain data related to local curriculum planning management, data on the implementation of local curriculum documents and evaluation data on the local curriculum mechanism for MI Anwarussalam tourism. The method used in this study is descriptive analytical method with a qualitative approach to obtaining data using interview techniques, observation and documentation studies. Data analysis used is qualitative data analysis carried out interactively and continuously so that the data is saturated. The results of this study can be presented as follows: (a) The local curriculum planning for hospitality is carried out by compiling the curriculum, formulating the target material for the boarding school, arranging the source book, establishing an evaluation mechanism and preparing educators who will deliver the boarding program. (b) The implementation of the local curriculum of the university does not only focus on the ability to memorize students but also emphasizes the understanding of students in accepting every material of the islamic boarding school, the purpose of which students can truly understand and be able to carry out worship practices and use the knowledge they have acquired. This was supported by the familiarity of the Sunnah practice carried out in MI Anwarussalam. (c) Evaluation was carried out to determine the success of students in participating in the local curriculum; evaluation was carried out by verbal tests conducted directly by the leadership of the foundation and the MI Anwarussalam school principal.

Keywords: Local curriculum, Management, Islamic boarding school.

Abstrak. Kurikulum lokal merupakan kurikulum yang disusun oleh sekolah sebagai program tambahan yang diberikan kepada para peserta didik, sehingga sekolah dapat menambah keterampilah para peserta didik melalui kurikulum lokal yang diterapkan di sekolah. Madrasah Ibtidaiyyah Anwarussalah (MI)  memiliki kurikulum lokal kepesantrenan yang berkaitan dengan pendidikan agama Islam sebagai upaya dalam menambah wawasan keagaman bagi para peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data terkait manajemen perencanaan kurikulum lokal kepesantrenan, data dokumen pelaksanaan kurikulum lokal kepesantrenan dan data evaluasi mekanisme kurikulum lokal kepesantrenan MI Anwarussalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analitik dengan  pendekatan kualitatif cara memperoleh data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan terus menerus sehingga datanya jenuh. Hasil dari penelitian ini dapat disajikan sebagai berikut: (a) Perencanaan kurikulum lokal kepesantrenan dilaksanakan dengan cara menyusun kurikulum, merumuskan target materi kepesantrenan, menyususun buku sumber, menetapkan mekanisme evaluasi  dan mempersiapkan pendidik yang akan menyampaikan program kepesantrenan. (b) Pelaksanaan kurikulum lokal kepesantrenan tidak hanya menitikberatkan pada kemampuan menghafal peserta didik akan tetapi juga menekankan pada pemahaman peserta didik dalam menerima setiap materi kepesantrenan, tujuannya agar peserta didik dapat benar benar paham dan mampu melaksanakan amalan ibadah maupun ahlak dengan menggunakan ilmu yang telah didapatkannya hal tersebut didukung dengan pembiasaan amalan sunnah yang dilakukan di MI Anwarussalam.(c) Evaluasi dilaksanakan guna mengetahui keberhasilan peserta didik dalam mengikuti kurikulum lokal kepesantrenan, evaluasi dilaksanakan dengan cara test lisan yang dilakukan langsung oleh pimpinan yayasan dan kepala sekolah MI Anwarussalam.

Kata Kunci: Kurikulum lokal, Manajemen, Kepesantrenan.


Keywords


Kurikulum lokal, Manajemen, Kepesantrenan

Full Text:

PDF

References


Ali Daud, Muhammad. 2002. Pendidikan Agama Islam. Raja Grafindo

Persada: Jakarta.

Ansyar, Mohamad. 2015. Kurikulum Hakikat, Pondasi, Desain dan Pengembangan. Perdana Media grup: Jakarta

Hisbanarto,Yakub Vico. 2014. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Rahminawati, Nan. 2018. Pengelolaan Kurikulum. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Unisba.

Rahminawati, Nan. Hendarsyah, N dkk. 2006. Kemampuan Manajerial pengurus Organisasi dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Organisasi Islam perempuan di di Jawa Barat.Jurnal Sosial dan Pembangunan,143-163.

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

R, Terry, W Rue. 2013. Dasar dasar Manajemen. PT Bumi Aksara:Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18529