Studi Deskriptif tentang Upaya Sekolah dalam Membentuk Pribadi Taqwa Di SMA Darul Hikam Bandung
Abstract
Abstract. The phenomenon of promiscuity is increasingly prevalent in the minds and behavior of teenagers or high school students. Then devotion becomes the key to fortifying oneself from deviant nehavior, the school becomes an important component in forming individuals. School effort becomes on of the factors to shape he personal piety of students. This study used a qualitative approach with descriptive qualitative method. Â Data collection is conducted by the method of observation, interview, and documentation. Data analysis is conducted by data reduction, data display, also conclusion and verification drawing.The result of the study showed: (a) Program that is created by Darul Hikam High School is an effort to prevent the radicalism. (b) The program purposes carried out by Darul Hikam High School in preventing radicalism. (c) developing method of faith potential implementation is conducted with several educational programs. (d) Evaluating the result of the program's implementation by observing at the result that received by students in each program conducted by Darul Hikam High School. From the results of the above research, the researcher observed and interviewed to get a definite result regarding to the program conducting that is initiated by Darul Hikam High School.
Keywords: Descriptive Studies, School Efforts, Private Taqwa
Abstrak. Fenomena pergaulan bebas semakin marak masuk dalam pikiran serta perilaku remaja atau siswa sekolah menengah atas (SMA). Maka ketaqwaan menjadi kunci untuk membentengi diri dari perilaku yang menyimpang, pihak sekolah menjadi komponen penting dalam membentuk pribadi.  Upaya sekolah menjadi salah satu faktor untuk membentuk pribadi taqwa pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, data display, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan: (a) Program yang dibuat oleh SMA Darul Hikam dalam upaya membentuk pribadi taqwa. (b) Tujuan program yang dilakukan oleh SMA Darul Hikam dalam membentuk pribadi taqwa. (c) Pelaksanaan metode pengembangan potensi iman yang dilakukan dengan beberapa program pendidikan. (d) Evaluasi hasil pelaksanaan program dengan melihat hasil yang diterima oleh para siswa dalam setiap program yang dilakukan oleh SMA Darul Hikam. Hasil penelitian di atas, peneliti mengamati, mengobservasi, dan mewawancarai untuk mendapatkan hasil yang pasti, sejauh ini mengenai keberjalanan program yang digagas oleh SMA Darul Hikam.
Kata Kunci: Studi Deskriptif, Upaya Sekolah, Pribadi TaqwaKeywords
Full Text:
PDFReferences
E.B., Hurlock. (1993). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan,. Jakarta: Erlangga.
Erhamwilda. (2016). Psikologi Belajar Islami. Bandung. Hal 128
Fitri, Z.A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Russ Media.
Gustian. Ary, Ginanjar. (2008). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual. Jakarta: PT. Arga.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta.
S , Wirawan.(2002). Psikologi Remaja. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Zufri, Hamid. (1985). Bertaqwa menurut syariat Islam. Yogyakarta: Dua Dimensi.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18528