Penanaman Sikap Kemandirian Melalui Kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa Eksternal Home Stay terhadap Siswa Kelas Delapan Di SMPIT Luqmanul Hakim Bandung

Ikmal Maulana Zafar Siddik, Enoh Nuroni, M. Imam Pamungkas

Abstract


Abstract. External MABIT (home stay) activity is an additional activity carried out by SMPIT Luqmanul Hakim Bandung. this activity is different from MABIT activities in general. The external MABIT (home stay) activities were carried out in rural areas for three days so that they resembled community service activities at the tertiary level. This study aims to obtain data on the objectives, implementation, and evaluation of external MABIT (home stay) activities. To find out the results of planting independence through external MABIT (home stay) activities at SMPIT Luqmanul Hakim Bandung. This study uses a descriptive analytical method with a qualitative approach. Data collection techniques using interview techniques, questionnaires and documentation studies. The results of this study can be presented as follows: (a) the purpose of carrying out external MABIT activities (home stay) is to form students who have an independent attitude, social spirit and accompanied by a spiritual attitude. (b) The implementation of night activities in the form of faith and external piety (home stay) does not only focus on independence. But in this activity students are trained to always always be grateful in every situation and trained to be able to adapt to the new environment. (c) The evaluation was carried out through reports from students' parents and monitoring from the mentors and teachers at SMPIT Luqmanul Hakim Bandung.

Keywords: Attitude, Independence, Night nurturing faith and Taqwa

Abstrak. Kegiatan MABIT eksternal (home stay) merupakan suatu kegiatan tambahan yang dilaksanakan oleh SMPIT Luqmanul Hakim Bandung. kegiatan ini berbeda dengan kegiatan MABIT pada umumnya. Yaitu kegiatan MABIT eksternal (home stay) dilaksanakan di wilayah pedesaan selama tiga hari sehingga menyerupai kegiatan KKN di tinggat perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tujuan, pelaksanaan, dan evaluasi dari kegiatan MABIT eksternal (home stay). Untuk mengetahui hasil dari penanaman sikap kemandirian melalui kegiatan MABIT eksternal (home stay) di SMPIT Luqmanul Hakim Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan  pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara, angket dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disajikan sebagai berikut : (a) tujuan dilaksanakannya kegiatan MABIT eksternal (home stay) adalah membentuk siswa yang memiliki sikap mandiri, berjiwa sosial dan disertai sikap spiritual. (b) Pelaksanaan kegiatan malam bina iman dan taqwa eksternal (home stay) tidak hanya menitikberatkan kepada kemandirian saja. Tetapi dalam kegiatan ini siswa dilatih untuk senantiasa selalu bersyukur di setiap keadaan dan dilatih untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. (c) Evaluasi dilaksanakan melalui laporan dari orang tua siswa dan pemantauan dari pementor dan para guru di SMPIT Luqmanul Hakim Bandung.

Kata kunci: Sikap, Kemandirian, Malam bina iman dan Taqwa

Keywords


Sikap, Kemandirian, Malam bina iman dan Taqwa

Full Text:

PDF

References


Abu, Ahmadi. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: Rieka Cipta

Abdurrahman, Mulyono. (2006). Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar.

Rineka Cipta. Jakarta.

Amri, Sofan. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum

Prestasi Pustakarya. Jakarta.

Basri, Hasan. (2000). Remaja Berkualitas (Problematika Remaja dan Solusinya).

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Elmubarok, Zaim. (2008) Membumikan Pendidikan Nilai . Bandung: Alfabeta

Hasanah, A. (2013). Pendidikan Karakter Berperspektif Islam. Bandung: Insan

Komunika.

Imam Pamungkas dan Adliyah. (2018). Pendidikan dalam Keluarga. Bandung:

Aghif Publishing.

Shaffer, D.R. (2002). Developmental Psychology: Childhood & Adolescence.

Edisi 6 USA: Wadsworth

Nasution S. (2011) Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Undang-undang Dasar Republik Indonesia. (2003). Tentang Sistem Pendidikan

Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17858