Persepsi Mahasiswi Universitas Islam Bandung terhadap Peraturan Rektor No 161/A.18/Sk/Rek/Viii/2016 tentang Etika Berpakaian Berbusana Muslimah
Abstract
Abstract. Researchers took the above title because of research done it can be known that there are students in the faculty of communication sciences a lack of recal awareness and a lack of awareness of dressing in costume. The goal of researchers is to find out students' perception of the rules of Muslim fashion. To know the fashion level of consciousness to find out the relationship the students' perception of unisba the faculty of communications with the consciousness of Muslim fashion. This study USES a quantitative strategy of researchers using a descriptive data source taken from 80-year year school of communication sciences of 2016 and 2017.The data-collection method USES an instrument board about a figure of 50 valid questions of 48 grains. Data on collected techniques to analyze by looking for a percentage of studies that students' perception of the principal's regulation of the dress code of Muslim dress. It was the study that students' perception of rector's rules about dressing up as Muslim. Students in dress duty to rector regulations have already understood that the percentage of 54.4% of the student's awareness of the rektor's rule with the percentage of 39.1% can be deduced that the student's perception of the rektor ordinance in the respondents' dress code in good category 10 student 12,7% of category respondents were pretty good 18 girls 22.7% and half respondents underrated 40 Student 50.2 % of 8.8% and category both 5 student 6.3%
Keywords: Perseption, Regulation of Awareness, The consciousness of the Muslimah Apparel
Abstrak. Peneliti mengambil judul diatas karena dari penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa ada mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi kurangnya kesadaran peraturan rektor dan kurangnya kesadaran berpakaian berbusana muslimah. Tujuan peneliti ingin mengetahui Persepsi Mahasiswi tentang peraturan berbusana muslimah, Untuk mengetahui tingkat kesadaran berbusana muslimah, Untuk Mengetahui hubungan persepsi Mahasiswi Unisba Fakultas Ilmu Komunikasi dengan kesadaran berbusana muslimah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Strategi penelitian dengan menggunakan deskriptif. Sumber data diambil dari Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi angkatan 2016 dan 2017 yang berjumlah 80 Mahasiswi. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen soal angket dari 50 soal yang valid yaitu 48 butir. Data yang terkumpul teknik untuk menganalisis dengan mencari persentasenya. Hasil penelitian bahwa Persepsi Mahasiswi Terhadap Peraturan Rektor Tentang Etika Berpakaian Berbusana Muslimah. Mahasiswi dalam kewajiban berbusana terhadap peraturan rektor mereka sudah memahami nya yaitu dengan persentase (54.4%), Tingkat kesadaran mahasiswi terhadap peraturan rektor yaitu dengan persentase (39.1%). Dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswi terhadap peraturan rektor dalam etika berpakaian, responden pada kategori baik 10 Mahasiswi (12.7%) , responden kategori cukup baik 18 Mahasiswi (22.7%), setengah responden kategori kurang baik 40 Mahasiswi (50.2%), sebagian kecil responden kategori sangat baik 7 Mahasiswi (8.8 %) dan kategori tidak baik 5 Mahasiswi (6.3 %).
Kata Kunci: Persepsi, Kesadaran Peraturan, Kesadaran Berbusana Muslimah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Azizi, Abdul Syukur. 2017. Kitab Lengkap Dan Praktis Fiqh Wanita. Yogyakarta : Noktah
Corey, Gerald. 1995. Teori Dan Praktek
Konseling Dan Psikoterapi. Bandung : Pt Refika Aditama.
Ghoffar, Abdul. 2000. Fiqh Wanita (Edisi Lengkap). Jakarta : Pustaka Al-Kautsar
Marliany, Rosleny. 2010. Psikologi Umum. Bandung : Pt Pustaka Setia
Mulyasa, E . 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Musfah, Jejen. 2015. Pendidikan Guru (Dalam Penerapan Teori Dan Praktik). Jakarta : Prenada Media Group.
Nasif , Fatima Umar . 2003. Hak Dan Kewajiban Perempuan Dalam
Islam. Jakarta : Cendekia Sentra Muslim.
Partic, Li. 2009. Jilbab Bukan Jilboob. Jakarta : Pt Gramedia Pustaka Utama.
Rasdi, Ekosiswoyo & Maman Rachman. (2002). Manajemen Kelas Sesuai Kurikulum D-II PGSD. Semarang: CV IKIP Semarang Press.
Shaleh, Abdul Rahman dan Wahab, Muhbib Abdul. 2004. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta : Kencana
Sutoyo, Anwar. 2013. Bimbingan Dan Konseling Islami (Teori Dan Praktik), (Two Ed, Cet-2). Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Sya’rawi, Muhammad Mutawalli 2004. Fiqih Wanita. Jakarta : Al- Maktabah At-Taifiqiyah
https://scholar.google.co.id/citations?user=i6jC1EsAAAAJ&hl=en#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Den%26user%3Di6jC1EsAAAAJ%26citation_for_view%3Di6jC1EsAAAAJ%3A7T2F9Uy0os0C%26tzom%3D-420
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17690