Studi Deskriptif terhadap Program Satu Bulan Satu Buku dalam Meningkatkan Minat Menulis Santri (Di Pindok Pesantren Yatim Dhuafa Al-Kasyaf)

Muhammad Farhan Fauzan, Dedih Surana, Fitroh Hayati

Abstract


Abstrack. Writing is the activity of giving birth to ideas and packaging ideas into the form of graphic symbols in the form of writing that can be understood by others. because writing one of the jobs that is considered difficult, boring and scary. This is often experienced by some people when asked to write reports, scientific papers, fiction and non-fiction text stories because there is fear of getting criticism from others. Yatim and Dhu'afa Al-kasyaf boarding schools were established in 2013 in Bandung. This boarding school was founded by Ust.Giovani van Rega et al. This pesantren has the characteristics of being the best pesantren and is a pioneer pesantren in the fields of writing and public speaking (dakwah). The orphan and Dhuafa Islamic Boarding School (PPYD) al-Kasyaf has a vision to make orphans and underprivileged the Kufassir of the Koran. namely having the ability to interpret the Koran in various fields according to their competence. PPYD al-Kasyaf has competence in writing, public speaking, tahfidz, and language. The purpose of this study was to determine the one-month one-book program at the Dhuafa Al-Kasyaf orphanage boarding school in the form of planning, implementation, and evaluation. The method used is a descriptive study with a qualitative approach, the data collection used is observation, documentation and interviews. The results of this study indicate that; The planning carried out by the Al-Kasyaf orphan Islamic boarding school has been running effectively because the one-month program of one book has a person in charge led by the chairman of the foundation, the learning method uses the GSWM (Geovani System Writing Method) method and learning media. All units in the organizational structure have created a school culture based on writing. This implementation was the key to the success of the one-month book-one program at the Al-Kasyaf orphan Islamic boarding school. One month of the book implementation program has been running an evaluation every month to improve the implementation that is not in accordance with the plan.

Keywords: Writing, One Month One Book

Abstrak. Menulis adalah kegiatan melahirkan ide dan mengemas ide itu kedalam bentuk lambang-lambang grafis berupa tulisan yang bisa di pahami orang lain. karena menulis salah satu pekerjaan yang dianggap sulit, membosankan dan menakutkan. Hal ini sering dialami oleh sebagian orang ketika diminta menulis laporan, karya ilmiah, teks cerita fiksi dan non fiksi di sebabkan ada rasa takut mendapatkan kritikan dari orang lain. Pesantren Yatim dan Dhu’afa Al-kasyaf berdiri tahun 2013 di Bandung. Pesantren ini didirikan oleh Ust.Giovani van Rega dkk. Pesantren ini mempunyai ciri khas sebagai pesantren terbaik dan merupakan pesantren pelopor dalam bidang menulis dan public speaking (dakwah). Pesantren Yatim dan Dhuafa (PPYD) al-Kasyaf  ini mempunyai visi untuk menjadikan anak yatim dan dhuafa sebagai mufassir Al-Quran. yaitu mempunyai kemampuan menafsirkan al-Quran dalam berbagai bidang sesuai dengan kompetensinya. PPYD al-Kasyaf ini mempunyai kompetensi dalam menulis, public speaking, tahfidz, dan bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program satu bulan satu buku di pondok pesantren yatim Dhuafa Al-Kasyaf dalam bentuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang di gunakan ialah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif maka pengumpulan data yang di gunakan ialah dengan observasi, dokumentasi serta wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa; Perencanaan yang dilakukan oleh pondok pesantren yatim dhuafa Al-Kasyaf sudah berjalan efektif karena program satu bulan satu buku sudah adanya penanggung jawab yang di pimpin oleh ketua yayasan, metode pembelajaran mengguakan metode GSWM (Geovani System Writing Method) dan media pembelajaran. Semua unit dalam struktur organisasi sudah menciptakan budaya sekolah berbasis menulis. Pelaksanaan ini menjadi kunci kesuksesan program satu bulan satu buku  di pondok pesantren yatim dhuafa Al-Kasyaf. Program pelaksanaan satu bulan satu buku sudah menjalankan evaluasi setiap bulan untuk memperbaiki pelaksanaan yang tidak sesuai dengan perencanaan.

Kata kunci: Menulis, Satu Bulan Satu Buku


Keywords


Menulis, Satu Bulan Satu Buku

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. 1995 Kapita Selekta Pendidikan(Islam dan Umum). Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2003.Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Nurhadi. 2017. Hand book of writing: panduan lengkap menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Suparno dan M. Yunus. 2003. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Nursisto. 1999. Penuntun Mengarang. Yogyakarta : Adi Cipta.

Kauffman Fattah, Nanang. (1999). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wiyani, Ardy. 2012. Save Our Children From School Bullying. Jogjakarta : Arruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17313