Analisis Manajemen Kegiatan Mentoring Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Cimahi

Hani Sutina, Adang M Tsaury, Helmi Aziz

Abstract


Abstrack. Religion is an instrument to meet human needs, one way to meet these needs is through coaching activities. Spiritual development activities can be carried out within the scope of formal and non-formal institutions. One place that can support the implementation of religious guidance, namely schools through Islamic religious mentoring activities. Mentoring is an Islamic fostering activity to instill religious character in students. The management activities in the training include planning, implementation, and evaluation. The purpose of this study was to identify the management of the Islamic religious mentoring program in SMK 1 Cimahi in the form of planning documents, data implementation, and evaluation. This research use a qualitative approach with a case study method that aims to understand the object of research to be further analyzed and reported. Data collection techniques are used in the form of interviews, field observations, and documentation studies. The results of the study show: (a) Planning for mentoring activities consists of forming a committee, preparing curriculum, forming and preparing a mentor team, preparing the administration of mentoring activities, and grouping mentoring groups. (b) The implementation of mentoring activities is carried out in three series of activities, namely super mentoring, mentoring in groups, and trandy. (c) Evaluation of mentoring activities includes program evaluation and evaluation of students.

Keywords: Management, Mentoring, Religious.


Abstrak. Agama merupakan  instrumen  untuk memenuhi kebutuhan manusia, Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah melalui kegiatan pembinaan. Aktivitas pembinaan spiritual bisa dilakukan dalam lingkup lembaga formal maupun non formal. Salah satu tempat yang bisa mendukung terselenggaranya pembinaan agama adalah  sekolah melalui kegiatan mentoring agama Islam.  Mentoring merupakan  kegiatan  pembinaan agama Islam untuk menanamkan karakter religius dalam diri peserta didik. Adapun kegiatan manajemen dalam pembinaan tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengelolaan program kegiatan mentoring agama Islam di SMKN 1 Cimahi dalam bentuk dokumen perencanaan, data pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode case study (studi kasus) yang  bertujuan untuk memahami objek penelitian untuk selanjutnya dianalisis dan dilaporkan.Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi lapangan, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan : (a) Perencanaan kegiatan mentoring terdiri dari pembentukan kepanitiaan, penyusunan kurikulum, membentuk dan persiapan tim mentor, mempersiapkan administrasi kegiatan mentoring, dan grouping kelompok mentoring. (b) Pelaksanaan kegiatan mentoring dilaksanakan dalam tiga rangkaian kegiatan yaitu super mentoring, mentoring in group, dan trandy. (c) Evaluasi kegiatan  mentoring meliputi evaluasi program dan evaluasi terhadap peserta didik.

Kata kunci: Manajemen, Mentoring, Religius.


Keywords


Manajemen, Mentoring, Religius

Full Text:

PDF

References


Dahlan. 2014. Pendidikan Kedewasaan dalam Perspektif Psikologi Islami. Yogyakarta: Deepublish.

Ismail dan Fahmi. (2017). Internalisasi Sikap Keberagamaan Sejak Anak Usia Dini. Palembang: UIN Raden Fatah.

Mufid, Ahmad Syafi’i. (2006). Tanglukan, Abangan, dan Tarekat: Kebangkitan Islam di Jawa. Jakarta : Obor Indonesia.

Mahfud, dkk. (2012). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiteknik. Yogyakarta: Deepublish.

Nata, Abuddin. 2011. Studi Islam Komprehensif. Jakarta: kencana

Rahminawati, Nan. 2016. Bahan Ajar Manajemen Pendidikan. Bandung:UNISBA

Rianawati. (2014). Implementasi Nilai-Nilai Karakter pada Mata Pelajaran PAI. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Rusmiyati. 2004. Panduan Mentoring Agama Islam. Jakarta: Iqra Club.

Ruswandi. (2007). Manajemen Mentoring. Bandung: Syaamil.

Sajirun. 2011. Manajemen Halaqoh Efektif. Solo: Era Adicitra Intermedia.

Sulistiyowati. (2009). Analisis Pelaksanaan Mentoring dalam Pembentukan Konsep Diri Pelajar SMA pada Lembaga ILNA Youth Centre Bogor. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah : tidak diterbitkan.

Sunaengsih. (2017). Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Semara. 2018. Perencanaan dan Perancangan. Yogyakarta: Deepublish.

Solikhin. 2011. Ritual & Tradisi Islam. Yogyakarta: Narasi

Tim ICT. (2018). Data SMKN 1 Cimahi. [Online]. STMhttp://www.smkn1-cmi.sch.id/?page_id=88. (akses 12 Januari 2019)

Tobari .2015. Evaluasi Soal Penerimaan Pegawai Baru. Deepublish : Yogyakarta.

Wijaya. (2016). Wawasan dan Ide dalam Proses Pengajaran. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16736